UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR DENGAN METODE TGT (TEAMS GAME TURNAMENT) PADA KELAS IV MI NW KARANG BARU TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Authors

  • Nita Sunarya Herawati STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang NTB

DOI:

https://doi.org/10.51700/alifbata.v1i1.90

Keywords:

Hasil Belajar, Metode Pembelajaran TGT (Teams Game Tournament).

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan memenuhi target pencapaian KKM 80% matematika mengenai materi bangun datar dengan menggunakan Metode Pembelajaran TGT (Teams Game Tournament) pada kelas IV MI NW Karang Baru, kecamatan Wanasaba, Kabupaten Lombok Timur, tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan langkah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi yang dilaksanakan dengan dua siklus. Siklus I dilaksanakan pada tanggal 15 Mei 2020, dan Siklus II dilaksanakan pada tanggal 22 juni 2020. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di MI NW Karang Baru Kecamatan Wanasaba Timur Kabupaten Lombok Timur tahun ajaran 2019/2020, dapat disimpulkan bahwa Metode Pembelajaran TGT (Teams Game Tournament) dapat meningkatkan hasil belajar dan dapat memenuhi target pencapaian KKM 80% matematika bangun datar pada siswa kelas IV. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan ketuntasan hasil belajar matematika pada setiap siklus dan adanya capaian presentase hasil belajar matematika yang secara klasikal sudah melampui batas capaian KKM. Peningkatan hasil belajar siswa dilihat dari peningkatan nilai rata-rata kelas dari Pra Siklus ke Siklus I yaitu 5,7 dengan nilai rata-rata Pra Siklus 69,9 dan Siklus I 75,6. Siklus I ke Siklus II terjadi peningkatan 4,9 dari nilai rata-rata 75,6 menjadi 80.5. Tercapaianya target pencapaian KKM terbukti pada hasil dari Siklus II dengan rincian; Siklus I siswa yang tuntas sebanyak 14 anak dengan presentase ketuntasan baru mencapai 66,7%, kemudian pada Siklus II siswa yang tuntas sebanyak 18 anak dengan presentase ketuntasan sudah melampui batas pencapaian secara klasikal yaitu 85.7%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara

. (2007). Menejemen Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Mulyasa. (2017). Praktik Penelitian Tindakan Kelas . Bandung: Rosda.

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta:Kencana.

Afroh L, Arnanda.2013. Peningkatan Hasil Belajar Matematika tentang Operasi Hitung Pembagian Melalui Metode Kooperatif Tipe Teams Game Tournament (TGT) Pada Siswa Kelas III Di SDN Candigaron 02 Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi. Salatiga: IAIN Salatiga Jurusan Tarbiyah PGMI.

Downloads

Published

2021-01-12

How to Cite

Herawati, N. S. (2021). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR DENGAN METODE TGT (TEAMS GAME TURNAMENT) PADA KELAS IV MI NW KARANG BARU TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Alifbata: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 55–63. https://doi.org/10.51700/alifbata.v1i1.90