PENGARUH MOTIVASI MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER PENDIDIKAN AL-QURAN (PAQ) DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) TERHADAP RELIGIUSITAS SISWA KELAS V SD MASJID SYUHADA YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.51700/alifbata.v1i2.253Kata Kunci:
Motivasi, ekstrakurikuler, Hasil belajar PAI, ReligiusitasAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi mengikuti ekstrakurikuler PAQ dan hasil belajar PAI terhadap religiusitas siswa SD Masjid Syuhada Yogyakarta.Adapun penelitian ini dilaksanakan pada kelas V SD Masjid Syuhada Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan tekhnik random sampling, metode penumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi, metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dan menggunakan uji asumsi klasik, yang meliputi uji normalitas, uji multikolinieritas dan uji linieritas. Pengujian hipotesis menggunakan regresi linier ganda yang meliputi uji simultan F, uji t dan koefisien determinasi.Pada penelitian ini terdapat dua variabel bebas yaitu motivasi mengikuti ekstrakurikuler PAQ (X1) dan hasil belajar PAI (X2) dan satu variabel terikat yaitu religiusitas siswa (Y). Hasil dari penelitian ini menunjukkan: 1). Tingkat motivasi mengikuti ekstrakurikuler PAQ kelas V SD Masjid Syuhada termasuk kategori sangat baik, hasil belajar PAI kelas V Sd Masjid Syuhada juga dalam kategori sangat baik, dan tingkat religiusitas siswa kelas V SD Masjid Syuhada juga termasuk dalam kategori sangat baik. 2). Motivasi mengikuti ekstrakurikuler PAQ mempunyai pengaruh sebesar 39% terhadap religiusitas siswa kelas V SD Masjid Syuhada Yogyakarta. 3). Hasil belajar PAI mempunyai pengaruh sebesar 4% terhadap religiusitas siswa kelas V SD Masjid Syuhada Yogyakarta. 4). Motivasi mengikuti ekstrakurikuler PAQ dan Hasil belajar PAI mempunyai pengaruh secara bersama-sama terhadap religiuaitas siswa kelas V SD Masjid Syuhada Yogyakarta sebesar 43%, jadi motivasi mengikuti ekstrakurikuler PAQ dan hasil belajar PAI berpengaruh terhadap religiusitas siswa kelas V SD Masjid Syuhada Yogyakarta sebesar 43% dan selebihnya dipengaruhi oleh faktor lainnya.
Unduhan
Referensi
Arifin Zainal. 2011. Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja RosdaKarya.
B. Uno Hamzah. 2008.Teori Motivasi dan Pengukurannya analisis di bidang pendidikan, Jakarta: PT. Bhumi Aksara.
Departemen Pendidikan Nasional. 2003.Pedoman Umum Standar Kompetensi Mata Pelajaran PAI SMP dan Mts, Jakarta: Puskur.
Hadari Nawawi, dkk. 1986. Administrasi Sekolah, Jakarta: Ghalia Indonesia.
Jalaluddin.1997. Psikologi Agama, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Muhaimin dkk. 2008.Pengembangan Model KTSP pada Sekolah dan Madrasah, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Muhibbin Syah. 1999.Psikologi Belajar, Jakarta: Logos.
Nana Syaodih Sukmadinata. 2009.Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nur Wahyuni Esa. 2009.Motivasi Dalam Pembelajaran, Malang: UIN Malang Press.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
Ramayulis. 1994.Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia.
Sugiyono.2010.Metode Penelitian Pendidikan “pendekatan kualitatif, kuantitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Suryobroto.1997.Proses Belajar Mengajar di Sekolah Jakarta: PT Rineka Cipta.
Undang-Undang Dasar Republik Indonesia pasal 31 ayat 3 Tahun 1945, 2001, Bandung: CV. Pustaka Setia.
Undang-undang RI No. 2, 1989, Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Dharma Bhakti.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Barirotus Saadah

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Karya dalam Alifbata: Jurnal Pendidikan Dasar dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA 4.0).
- Pengguna bebas untuk menyalin dan mendistribusikan ulang materi dalam media atau format apa pun, me-remix, memodifikasi, dan mengembangkan materi berdasarkan ketentuan ini;
- Pengguna harus memberikan penghargaan yang sesuai, menyediakan tautan ke lisensi, dan menunjukkan jika ada perubahan yang dilakukan.
- Pengguna dapat melakukannya dengan cara yang wajar, tetapi tidak dengan cara yang menunjukkan bahwa pemberi lisensi mendukung pengguna atau penggunaan mereka.



