Main Article Content

Syamsul Wathani

Abstract

Sejarah tafsir memperlihatkan karya tafsir yang memiliki genre fiqhi dengan pola penafsiran yang memainkan analisis istinbat dalam mengeluarkan hukum dari sebuah teks/ayat. Pola pemaknaan seperti ini melahirkan sebuah produk hukum yang menjadi rujukan sebuah madzhab dalam fuqaha’. Al-Jami’ li Ahkam al-Qur’an karya al-Qurtubi adalah tafsir yang memainkan genre ini. Tafsir ini memiliki genre tahlili-fiqhi bermadzhab Maliki. Artikel ini menggabungkan pola analisis penelitian tafsir dan usul alfiqh untuk mengkaji pemikiran al-Qurtubi. Kajian terhadap tafsir al-Qurtubi menghasilkan beberapa kesimpulan, (a) Istinbat at-Tafsir berarti mengkonstruksi paradigma tafsir fiqhi sebagai metode Istinbat dalam memahami dan merumuskan hukum Islam dari sebuah teks/ayat. Istinbat at Tafsir juga bermakna merumuskan metodologi interpretasi yang digunakan mufassir dalam membentuk pemikiran akidah dan amal syariat. (b) Interpretasi sebagai alat istinbat diaplikasikan oleh al-Qurtubi secara baik dalam tafsirnya, ia menggariskan metodologi interpretasi secara sistematis (c) Istinbat at-Tafsir dalam tafsir al-Qurtubi terhadap QS. An-Nisa’: 3
menghasilkan kebolehan hukum poligami, ia menggunakan istinbat lafzi pada lafadz fankihu sebagai sebuah kebolehan dan perintah

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Wathani, S. (2024). ISTINBAT AT TAFSIR: Wacana Istinbat Ayat Hukum Dalam Teori Penelitian Tafsir. Al-Irfani: Journal of Al Qur’anic and Tafsir, 1(1), 53-73. https://doi.org/10.51700/irfani.v1i1.8
Section
Articles

References

Al-‘Ani, Muhammad ‘Aqil al-Ma’ruf. al-Tafsir al-Muqarin. Baghdad: Jami’ah Baghdad, 2013.

Al-Alwani, Taha Jabir Metodologi Hukum Islam Kontemporer, terj. Yusdani. Yogyakarta: UUI Press, 2001

Al-Bahrani, Ahmad al-Ta’wil Manhaj al-Istinbat} fi al-Islam: Dirasatan fi al-Tarikh wa alTurath wa al-Fikr Tukashshifu ‘an Ma‘a>im Manhaj al-Istinbat ‘inda al-Rasul wa Ahl al-Bayt wa al-Sahabah. Kairo: Dar al-Ta’wil, 1999

Al-Dawudi, Tabaqat al-Mufassirin. Beirut: Dar al-‘Ilmiyah, t.th.

Al-‘Itr, Nur al-Din. ‘Ulum al-Qur’an. Damaskus: Maktabat al-Sabbah, 1996.

Al-Jilani, Abd al-Qadir. Tafsir al-Jilani. Istanbul: Markaz al-Jilani Li al-Buhuth al-‘Ilmiyyah, 2009

Al-Juwaini, Mustafa al-Shawi. al-Nass al-Qur’ani bayn Fahm al- ‘Ulama’ wa Dhawquhum. Alexandria: Mansha’ah al-Ma’arif, tt.

Al-Kinda, Ibrahim ibn Ahmad ibn Sulaiman. al-Dalalat wa Turuq al-Istinbat}. Beirut: Dar Qutaibah, 1998

Al-Khuli, Amin. Manahij al Tajdid. Mesir: Dar al-Ma’rifah, 1961

Al-Nasirat, Muhammad ”al-Tafsir al-Muqarin; Ishkaliyyah al-Mafhum,” Silsilah al-‘Ulum al-Insaniyyah wa alIjtima’iyyah, Vol. 30 No. 1 2015.

Al-Qurtubi, Abu Abdullah Muhammad bin Ahmad bin Abu Bakar bin Farhu Al-Anshari AlKhozroji Syamsuddin. Al-Jami’ li Ahkam al-Qur’an wa al-Mubayyin Lima Tadammanahu Min as-Sunnah wa Ayi al-Furqan, Beirut : Muassasah ar-Risalah, 2006.

Al-Sa’id, Shanuqah, al-Ta’wil fi al-Tafsir bayn al-Mu’tazilah wa alSunnah. Kairo: Maktabah Azhariyah li al-Tura>th, 2005.

Al-Subhani, Ja’far. al-Madkhal ila al-‘Ilm wa al-Falsafah wa al-Ilahiyyat: Nazariyyat alMa‘rifah, Beirut: al-Da>r al-Islamiyyah, 1990

Al-Tayyar, Musa‘id bin Sulaiman. Mafhum al-Tafsir wa al-Ta’wil wa al-Istinba>t wa alTadabbur wa al-Mufassir. Riyad: Dar Ibn Hazm, 1427 H

Al-Yaqzan, Abu. Dirasat fi al-Tafsir wa Rijalah. t.k.: t.p., t.th

Az-Zahabi, Muhammad Husein. al-Tafsir wa al-Mufassirun. Kairo : Dar al-Hadis, 2005

_________ Buhus fi ‘Ulum al-Tafsir wa al-Fiqh wa al-Da’wah, Kairo: Dar al-Hadis, 2005

Al-Zarkasyi, Badruddin Muh}ammad bin ‘Abdullah. al-Burhan fi ‘Ulum Alquran. Bairut: Dar al-Kutub al-Ilmiah, 2007

Al-Zuhayli, Wahbah.Tafsir al-Munir fi al-Aqidah wa al-Syaria’ah wa al-Manhaj. Beirut : Dar al-Fikr, 2009.

_________ Usul al-Fiqh al-Islami. Damaskus: Dar al-Fikr,1986

_________ Al-Qur’an Bunyatuhu al-Tashri‘iyah wa Khasai’sahu al-Hadariyyah. Beirut: Dar al-Fikr, 2013

‘Arabi, Muhyiddin Ibn. al-Futuhat al-Makkiyyah. Beirut: Dar Ihya’ al-Turath al- ‘Arabi, 2010

Ash Shiddieqy, Hasbi. Sejarah Pengantar Ilmu Alquran dan Tafsir. Jakarta: PT Bulan Bintang, 1992.

Farhun, Ibn al-Dibaj al-Mazhab Fi Ma’rifah A’yan ‘Ulama’ al-Mazhab. Beirut: Dar al-Fikr, t.th.

Goldziher, Ignaz. Mazahib al-Tafsir al-Islami. t.t : Dar Iqra’, 1985.

Gusmian, Islah. Khazanah Tafsir Indonesia: Dari Hermeneutika hingga Ideologi. Yogyakarta: Teraju, 2003.

Haidar Bagir dan Syafiq Basri, Ijtihad Dalam Sorotan. Bandung: Mizan, 1996.

Harahap, Nuraisah Faqih Sutan. Meraih Hakikat Melalui Syari’ah; Telaah Pemikiran Syekh al-Akbar Ibn ‘Arabi. Bandung: Mizan, 2005

Haris, Munawir. “Metodologi Penemuan Hukum Islam,” Ulumuna: Jurnal Studi Islam, Vol. 16, No. 1 Juni, 2012

Izzan, Ahmad. Ulumul Qur’an. Bandung: Tafakur, 2011

Johnston, David “A Turn in the Epistemology and Hermeneutics of Twentieth Century Uṣūl al-Fiqh,” Islamic Law and Society, Vol. 11, No. 2 2004

Khalifah, Haji, Kasyf al-Zunun ‘An Asami al-Kutub wa al-Funun, Beirut: Dar al-Fikr, 1994

Kamali, Mohammad Hashim. The Principles of Islamic Jurisprudence. Geneva: Islamic Texts Society, 1989

Khalaf, Abd al-Wahhab. ‘Ilm Usul al-Fiqh. Kairo: Dar al-Hadith, 2003

Roy, Muhammad. Ushul Fiqh Mazhab Aristoteles: Pelacakan Logika Aristoteles dalam Qiyas Ushul Fiqh. Yogyakarta: Safira Insani Press, 2004.

Rusli, Nasrun. Konsep Ijtihad Asy-Syaukani Relevansinya bagi Pembaruan Hukum Islam di Indonesia . Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1997.

Salih, ‘Abdul Qadir Muhamad. al-Tafsir wa al-Mufassirun fi al-‘Asri al-Hadis. Beirut: Dar al-Ma’rifah, 2003.

Saeed, Abdullah. “Some Reflections on the Contextualist Approach to Ethico-Legal Texts of the Quran,” Bulletin of the School of Oriental and African Studies, University of London, Vol. 71, No. 2 2008

Shihab, M. Quraish Kaidah Tafsir. Ciputat: Lentera Hati, 2013

Wansbrough, John. Qur'anic Studies: Sources and Methods Scriptural Interpretation. Oxford: Oxford University Press, 1977.