Integrasi agama dalam pembelajaran sains di Madrasah

Authors

  • Muhammad Tarmizi Tahir Department of Ushuddin, STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang NTB, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51700/jie.v7i01.151

Keywords:

Religious Values, Integration, Science learning, Islamization of Science

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana konsep dan bentuk implementasi integrasi agama dalam pembelajaran sains (mata pelajaran biologi, matematika, fisika dan kimia) di Madrasah Aliyah Mu’allimin Nahdlatul Wathan Pancor Kab. Lombok Timur, Propinsi Nusa Tenggara Barat(NTB)-Indonesia. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif jenis deskriptif-analitik, data dikumpulkan melalui teknik dokumen, wawancara, dan observasi untuk menggali data tentang integrasi dan internalisasi nilai-nilai keislaman yaitu nilai tauhid, syari’ah, akhlak dan pengembangan sains ke dalam diri peserta didik yang berimplikasi terhadap perilaku dan semangat penggunaan ilmu (aksiologi ilmu) peserta didik. Sains memperkuat dan mendukung keyakinan tentang Tuhan sebagai pencipta alam semesta, sedangkan agama memperkuat dan mengarahkan sains untuk memberikan manfaat dan pemenuhan kebutuhan hidup manusia. Dengan model integrasi apologetik yaitu model integrasi yang didasari oleh pandangan bahwa sains adalah produk yang bersifat universal dan bebas nilai. Karena itu ia dapat dipakai dan berlaku dimana saja dan di lingkungan apa saja. Dalam kaitan integrasi iptek dan imtak berusaha melegitimasi hasil-hasil sains modern dengan mencari ayat-ayat alQur’an yang sesuai, dikaitkan nilai-nilai keislaman dengan teori sains dan telah ada dalam ajaran agama.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azra, Azyumardi, Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Millenium Baru (Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 2002)

Barizi, Ahmad. (2011). Pendidikan Integratif: Akar Tradisi & Integrasi Keilmuan Pendidikan Islam. Malang: UIN Maliki Press.

Chairil Anwar. (2004). ”Islamisasi Ilmu, Al-Qur’an dan Sains,” Tarbiyah Digital Journal Al-Mannar, Edisi 1

Latifah, Sri,Eka Setiawati, and Abdul Basith. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Nilai-Nilai Agama Islam Melalui Pendekatan Inkuiri Terbimbing Pada Materi Suhu Dan Kalor,” Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, vol.5, no. 1

Hamid Fahmy Zarkasyi. (2005). Worldview sebagai Asas Epistemologi Islam” Islamia Majalah Pemikiran dan Peradaban Islam. Thn II No.5, April-Juni

Moleong J, Lexy. (1999). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya,1999), cet.IV

Mohammad Muchlis Solichin. (2008). ”Islamisasi Ilmu Pengetahuan dan Aplikasinya Dalam Pendidikan Islam,” Tadris, Volume 3. Nomor 1

Solichin, Mohammad Muchlis. (2008). ”Islamisasi Ilmu Pengetahuan dan Aplikasinya Dalam Pendidikan Islam,” Tadris, Volume 3. Nomor 1

Tahir, Tarmizi. (2018). Integrasi Agama dan Sains di Madrasah” (Tangerang Selatan:Putakapedia, 2018),

Yusuf, A. Muri. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group, cet.1

Zainal Arifin, Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Zarkasyi, Hamid Fahmy. (2005) “Worldview sebagai Asas Epistemologi Islam” Islamia Majalah Pemikiran dan Peradaban Islam. Thn II No.5, April-Juni.

Published

2021-03-11

How to Cite

Tahir, Muhmmad Tarmizi. “Integrasi Agama Dalam Pembelajaran Sains Di Madrasah”. Al Muta’aliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 1, no. 01 (March 11, 2021): 19–36. Accessed December 8, 2021. https://journal.staidk.ac.id/index.php/jie/article/view/151.