Urgensi pendidikan Islam dalam membentuk karakter siswa di era revolusi industri 4.0

Authors

  • Lisnawati Department of Education and Teacher, STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang NTB, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51700/jie.v7i01.152

Keywords:

Character, Islamic Education, Industrial Revolution 4.0 Era, Madrasah

Abstract

Artikel ini membahas tentang bagaimana pergeseran peran guru dan bagaimana pendikan Islam membentuk karakter peserta didik di tengah arus revolusi industri 4.0. Adanya pergeseran peran guru yang sebelumnya teacher centered kemudian menjadi fasilitator menyebabkan terjadinya perubahan paradigma orientasi pembelajaran menjadi student centered. Proses intraksi guru dan murid dalam membentuk karakter siswa tidak maksimal sebagaimana dalam posisi teacher centered, bisa jadi karena para guru tidak lagi leluasa atau punya ruang yang lebih. Karena itu, pergeseran ini berimplikasi pada terciptanya krisiskarakter siswa. Krisis karakter siswa belakangan ini menjadi problem serius yang rame diperbincangkan dan dihadapi oleh dunia pendidikan. Bisa jadi karena eksistensi pendidikan Agama Islam yang kental dengan pendekatan tradisional (teacher orinteded) tidak lagi dianggap solutif dalam paradigma baru student oriented untuk membentuk karakter siswa yang religius. Padahal hasil research menjelaskan bahwa keberhasilan dalam membentuk karakter siswa melalui pendidikan agama Islam selama ini diciptakan melalui berbagai kegiatan ekstrakurikuler. Kerena itu, kemampuan guru dalam menyisipkan nilai-nilai karakterdalam proses pembelajaran, baik dalam kegiatan intra-kurikuler maupun ekstrakurikuler merupakan sebuah solusi sekaligus penegasan bahwa pendidkan agama Islam merupakan salah satu cara dalam membangun karakter siswa yang religius.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arif, Arifuddin. 2008. Pengantar Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kultura. 2008

Arif, Khusnan. Teknologi Pembelajaran Pai (Pendidikan Agama Islam) dalam Paradigma Konstruktivistik. Jurnal Fikroh. Vol 4 No. 2 Januari 2011.

Asnawan. Pendidikan Islam dan Teknologi Komunikasi. Jurnal Falasifa. Vol. 1 No. 2 September 2010.

Cresswell. 2015. Planning, conducting, and evaluating quantitave and qualitative research. Universty of Nebraska-Lincoln: Pearson

Enco. 2011. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Fadjar, Malik. 2005. Holistik Pemikiran Pendidikan .Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Fanreza, Robie dan Pasaribu, Munawir. 2015. “Pendidikan Islam dalam Pembentukan Karakter Anak Didik”, dalam The Progressive and Fun Education Seminar, 978-602-361-045-7.

Ghony, Djunaidi M & Almanshur, Fauzan (2012), Metode Penelitian Kualitatif, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media)

Hussin, Anealka Aziz. (2018). Education 4.0 Made Simple: Ideas For Teaching. International Journal of Education & Literacy Studies, 6 (3), 92-93

Iswan dan Herwina. 2018. “Membangun Sinergitas dalam Penguatan Pendidikan Karakter pada Era IR 4.0” yang diselenggarakan oleh Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia, 24 Maret 2018

Majid, Abdul dan Anggraini, Dian. 2011. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mahsun, Ali, Pendidikan Islam dalam Arus Globalisasi Sebuah Kajian Deskriptif Analitis, Jurnal Episteme, Vol. 8, No. 2, Desember 2013.

Maswan dan Muslimin, Khoirul. 2017. Teknologi Pendidikan: Penerapan Pembelajaran yang Sistematis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Megawangi, Ratna. 2004. Pendidikan Karakter Solusi yang Tepat untuk Membangun Bangsa. Jakarta: Star Energy.

Milles, M. B & Huberman, A. M. 2007. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Moleong, Lexy J. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muhaimin. 2006. Nuansa Baru Pendidikan Islam: Mengurai benang kusut dunia pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Mulyasa. 2011. Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep, strategi dan Implementasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Ningsih, T. 2014. “Implementasi Pendidikan karakter di SMP N 8 dan SMP N 9” dalam Disertasi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Ningsih, T. 2015. Implementasi Pendidikan Karakter. Purwokerto: Stain Press.

Nur Hidayat, 2015. “Peran Dan Tantangan Pendidikan Agama Islam Di Era Global” dalam Jurnal eL-Tarbawi Edisi Vol 8, No.2, 2015.

Pemerintah Republik Indonesia. 2010. Kebijakan Nasional, Pembangunan Karakter Bangsa 2010-2025.

Qomar, Mujamil. 2013. Strategi Pendidikan Islam. Jakarta: Erlangga.

Rohman, Miftahur dan Hairudin. 2018. “Konsep Tujuan Pendidikan Islam Perspektif Nilai-Nilai Sosial Kultural” dalam jurnal Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam Edisi Vol 9, No.1 2018.

Rosyadi, Slamet. Revolusi Industri 4.0 : Peluang dan Tantangan Bagi Alumni Universitas Terbuka”, dalam https://inet.detik.com/business/d-4041437/mengenal-konsep-revolusi-industri-40 diakses pada 5 Juli 2019.

Tilaar, H.A.R. 2009. Membenahi Pendidikan Nasional. Jakarta: Rineka Cipta.

Tjandrawina, R.R. 2016. Industri 4.0: Revolusi industri abad ini dan pengaruhnya pada bidang kesehatan dan bioteknologi. Jurnal Medicinus, Vol 29, Nomor 1, Edisi April

Yahya, Muhammad. 2018. “Era Industri 4.0: Tantangan dan Peluang Perkembangan Pendidikan Kejuruan Indonesia” yang diseleggarakan oleh Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar, 14 Maret 2018.

Published

2021-03-11

How to Cite

Lisnawati, Lisnawati. “Urgensi Pendidikan Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Era Revolusi Industri 4.0”. Al Muta’aliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 1, no. 01 (March 11, 2021): 37–48. Accessed September 23, 2021. https://journal.staidk.ac.id/index.php/jie/article/view/152.