Isi Artikel Utama

Novelia Vionita Lumaya
Feliks Arfid Guampe
Fredrik Bastian Kawani
Olvit Olniwati Kayupa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan kepemimpinan pemerintah desa terhadap kepuasan masyarakat. Studi ini dilakukan di desa Didiri Kecamatan Pamona Timur Kabupaten Poso pada bulan Juli sampai Agustus 2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian sejumlah 115 kepala keluarga. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah simple random sampling dengan rumus Yamane dan standar eror 5% maka diperoleh sampel sebanyak 92 kepala keluarga jumlah perolehan sampel sebanyak 92 kepala keluarga. Data penelitian diperoleh dengan menyebar kuesioner kepada 92 responden. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini dinyatakan sahih dengan menunjukkan hasil uji valid diamana rata r hitung lebih besar dari r table (0,2050) dan reliabel untuk masing-masing instrument dilihat dari nilai alpha yang lebih besar dari 0,60. Analisis data menggunakan teknik statistik inferensial nonparametris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan kepemimpinan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat. Secara simultan kualitas pelayanan dan kepemimpinan juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan masyarakat.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Lumaya, N. V., Guampe, F. A., Kawani, F. B., & Kayupa, O. O. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepemimpinan Pemerintah Desa Terhadap Kepuasan Masyarakat: Studi di Desa Didiri Kecamatan Pamona Timur Kabupaten Poso. Jurnal Manajemen &Amp; Budaya, 4(1), 10–20. https://doi.org/10.51700/manajemen.v4i1.550
Bagian
Articles

Referensi

Alfionita, M., & Gunawan, I. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Kantor Kecamatan Jayanti. Progress: Jurnal Pendidikan, Akuntansi dan Keuangan, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.47080/progress.v3i1.761

Ali, K., & Saputra, A. (2020). Tata Kelola Pemerintahan Desa Terhadap Peningkatan Pelayanan Publik Di Desa Pematang Johar. Warta Dharmawangsa, 14(4), 602–614. https://doi.org/10.46576/wdw.v14i4.891

Altonie, H., Sintani, L., Uda, T., Yunikewaty, Christa, U. R., & Pambelum, Y. J. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kompetensi Pegawai Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Katingan. Journal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 14(2), 340–362. https://doi.org/10.37304/jpips.v14i2.7777

Artaningsih, L., Metera, I. G. M., & Jiwa, I. D. N. A. (2023). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Kantor Kelurahan Banjar Tegal Kecamatan Buleleng. Widya Amerta, 10(1), 77–96. https://doi.org/10.37637/wa.v10i1.1452

Badariah, Maryadi, & Sjarlis, S. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Aparatur Sipil Negara Dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Kecamatan Segeri Kabupaten Pangkajene Dan Kepulauan. Jurnal Magister Manajemen Nobel Indonesia, 2(5).

Citra, M. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan Perangkat Desa Dan Penanganan Keluhan Terhadap Kepuasan Masyarakat Desa Sei Suka Deras. Journal on Education, 6(1), 8077–8084. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.4224

Curtinawati, R. F., & Daha, U. P. (2023). Analisis Kualitas Pelayanan Publik Dan Gaya Kepemimpinan Kepala Desa (Studi Pada Bidang Pelayanan Kependudukan Di Kantor Desa Semen Kabupaten Kediri). Irpia : Jurnal Ilmiah Riset dan Pengembangan, 8(4).

Falah, S., Subadi, W., & Noor, Y. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat Desa Pamarangan Kiwa Kecamatan Tanjung Kabupaten Tabalong. 3.

Firmansyah, A. C., & Rosy, B. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat.

Hardianingtyas, E., Suprajitno, E. D., & Purnomo, H. (2021). Analisis Kualitas Pelayanan Publik, Gaya Kepemimpinan Dan Kedisiplinan Kerja Sebagai Determinan Kepuasan Masyarakat Desa Ngulungkulon Trenggalek. Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntasi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis UNP Kediri, 6.

Jakaria, J., Rispawati, R., & Jahiban, M. (2020). Pelayanan Publik Perangkat Desa Terhadap Kepuasan Masyarakat Dalam Pembuatan Kk (Studi Deskriptif Desa Jerowaru, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur). Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 7(2). https://doi.org/10.29303/juridiksiam.v7i2.116

Lempao, N. M., Hengkeng, J., Balo, M. J., & Guampe, F. A. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi Kasus Di Desa Uelincu Kecamatan Pamona Utara Kabupaten Poso). JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3).

Rabaisa, R., Firman, A., & Sjarlis, S. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Kelurahan Kassa Kecamatan Batulappa Kabupaten Pinrang. Jurnal BISNIS & KEWIRAUSAHAAN, 10(3), 227–234. https://doi.org/10.37476/jbk.v10i3.3153

Rina, & Suparman, D. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Dan Disiplin Kerja Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Desa Bantarsari Kabupaten Sukabumi. Jurnal Mahasiswa Manajemen, 1(2).

Saefullah, A. (2022). Pengaruh Disiplin Kerja Pegawai Dan Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Kantor Desa Kadugede Kecamatan Kadugede Kabupaten Kuningan. Jurnal Ilmiah Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan, 2(2), 1–20. https://doi.org/10.55606/jurimbik.v2i2.129

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.