Main Article Content

Muh Alawi Harun
Lasriani Lasriani

Abstract

Keberagaman keyakinan maupun suku akan melahirkan permasalahan yang terjadi di tengah masyarakat secara umum maupun lingkungan Pendidikan secara khusus. Terkait hal tersebut di SMP Negeri 2 Tarano tenyata masih adanya rasa ingin menguasai di tengah perbedaan suku, budaya dan agama serta seringnya terjadi perundungan antara murid yang satu dengan yang lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi manajemen Pendidikan berbasis multikultural dalam mewujudkan karakter toleransi serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat manajemen Pendidikan berbasis multikultural. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah implementasi manajemen Pendidikan multikultural dalam mewujudkan karakter toleransi peserta didik di SMP Negeri 2 Tarano telah diupaykan semaksimal mungkin dengan memamfaatkan sumber daya manusia serta sarana dan prasarana yang ada disekolah, dari segi manajemen perencanaa, pengorganisaisn, implementasi dan pengawasan oleh pihak sekolah yang selalu menyesuaikan dengan situasi yang ada dengan selalu mengutamakan dan mempertimbangkan unsur kebijakan. Dalam hal ini faktor pendukung manajemen Pendidikan multikutural yaitu guru, program kegiatan sekolah dan intraksi antar komponen di sekolah, selain faktor pendukung ada pula faktor penghambat diantaranya latar belakang suku, keluarga, Bahasa dan tontonan festifal kebudayaan perayaan setiap suku,budaya dan agama

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Harun, M. A., & Lasriani, L. (2024). MANAJEMEN PENDIDIKAN BERBASIS MULTIKULTURAL DALAM MEWUJUDKAN BUDAYA TOLERANSI TERHADAP PESERTA DIDIK di SMP Negeri 2 Tarano Kabupaten Sumbawa. Jurnal Manajemen Dan Budaya, 4(1), 43–57. https://doi.org/10.51700/manajemen.v4i1.559
Section
Articles