Isi Artikel Utama

Muh Alawi Harun
Lasriani Lasriani

Abstrak

Keberagaman keyakinan dan suku bangsa akan menimbulkan permasalahan dalam masyarakat pada umumnya dan lingkungan pendidikan pada khususnya. Terkait hal tersebut, di SMP Negeri 2 Tarano ternyata masih ada rasa ingin mendominasi di tengah perbedaan suku, budaya, dan agama serta sering terjadi perundungan antara siswa satu dengan siswa lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi manajemen pendidikan berbasis multikultural dalam mewujudkan karakter toleransi dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan manajemen pendidikan berbasis multikultural. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah penerapan manajemen pendidikan multikultural dalam mewujudkan karakter toleran siswa di SMP Negeri 2 Tarano tetap mengoptimalkan ranah perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan oleh pihak sekolah dengan keselarasan antara kondisi yang ada, dengan mengedepankan dan mempertimbangkan elemen kebijakan. Faktor pendukung pengelolaan pendidikan multikultural adalah guru, program kegiatan sekolah dan interaksi antar komponen di sekolah, faktor penghambat antara lain latar belakang suku, keluarga, bahasa dan tontonan online atau festival budaya yang merayakan setiap suku, budaya dan agama.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Harun, M. A., & Lasriani, L. (2024). Manajemen Pendidikan Berbasis Multikultural dalam Mewujudkan Budaya Toleransi Peserta Didik. Jurnal Manajemen &Amp; Budaya, 4(1), 43–57. https://doi.org/10.51700/manajemen.v4i1.559
Bagian
Articles

Referensi

Choirul Mahfud. (2008). Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: Pustaka Pelajar,

Ernie Tisnawati, Kurniawan Saefullah. (2019). Pengantar Manajemen. Jakarta: Prenadamedia Grup

Hendro Wododo, Etyk Nurhayati. (2020). Manajemen Pendidkan, Sekolah, Madrasah, Dan Pesantrenn. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya,

James A.Banks. (2002). An Introduction To Multicultural Education. Boston - London: Allyn And Bacon Press,

Melayu Hasibuan.(2003) Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara,

Nastiti, Dian. (2020). Penanaman Karakter Toleransi Dan Pendidikan Multikultural Di Sekolah Dalam Mengahadapi Keragaman Budaya, Ras. Dan Agama. Jil.1.no 1. STKIO Muhammadiyah Bogor.

Sugiyono. (2017) Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sudarwan, Danim. 2014. Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Alfabeta,

Udin, Dan Abin. (2011) Perencanaan Pendidikan. Bandung: Pt Rosda Karya,

Umar, Sidiq, Dan Choiri Miftachul Moh. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo: Cv. Nata Karya

Widodo, Hendro, Dan Etyk Nurhayati. (2020). Manajemen Pendidikan Sekolah, Madrasah Dan Pesantren. Bandung: Pt Remaja Rosda Karya,

Yaya, Suryana, Dan Rusdiana. (2019). Pendidikan Multikultital Suatu Upay Pengutan Jati Diri Bangsa, Konsep, Prinsip, Implementasi. Bandung: Cv Pustaka Setia,

Zagora, Aprianus, Dan Arifin Zainul. 2021. Metodologi Penelitian Ilmiah. Bantul-Jogjakarta & Bojonegoro -Jawa Timur: Kbm Indonesia,

Abdul Aziz. (2017). Komunikasi Pendidik Dan Peserta Didik Dalam Pendidikan Islam. Mediakita 1, No. 2 . 173–84.

Akhmadi, Agus. (2019). Moderasi Beragama Dalam Keragaman Indonesia Religious Moderation In Indonesia’s Diversity. 13, No. 2

Ali Maksum. 2011. Pluralisme Dan Multikulturalisme Paradiama Baru pendidikan Agama Islam di Indonesia. Malang: Aditya Media Publishing,

Amin, Muh. “Pendidikan Multikultural,” T.T.

Baroroh, Hanik. (2019). Manajemen Pendidikan Nilai-Nilai Multikultural Dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa di Man Yogyakarta Iii Tahun Pelajaran 2016/2017. Indonesian Journal Of Islamic Educational Management Vol. 1, No. 2 : 67.

Hamid, Edy Suandi, Dan Y. Sri Susilo. (2015). Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Ekonomi Pembangunan: Kajian Masalah Ekonomi Dan Pembangunan Vol. 12, No. 1, 45.

Iskandar, Uray (2013). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kinerja Guru. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan Vol. 10, No. 1.

Nurhalim, Muhammad. (2014). Potret Pendidikan Multikultural Dalam Kurikulum Sekolah di Purwokerto. Jurnal Penelitian Agama Vol. 15, No. 1, 101–115.

Prastyawati, Lia, Dan Farida Hanum. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Multikultural Berbasis Proyek di SMA. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS Vol 2, No. 1, 21–29.

Setiowati, Shintya Putri. (2020). Pembentukan Karakter Anak Pada Lagu Tokecang, Jawa Barat. Jurnal Ilmu Budaya Vol. 8, No. 1, 172.

Sudrajat, Ajat. (2011). Mengapa Pendidikan Karakter?. Jurnal Pendidikan Karakter Vol. 1, No. 1.

Suryan, Suryan. (2017). Toleransi Antarumat Beragama: Perspektif Islam. Jurnal Ushuluddin Vol. 23, No. 2, 185.

U. Abdullah Mumin. (2018). Pendidikan Toleransi Perspektif Pendidikan Agama Islam (Telaah Muatan Pendekatan Pembelajaran di Sekolah).

Zuriah, Nurul. (2011). Model Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan Multikultural Berbasis Kearifan Lokal Dalam Fenomena Sosial Pasca Reformasi di Perguruan Tinggi. Vol 12, No. 2