Strategi Pemasaran Terintegrasi dalam Pengambilan Keputusan Pengajuan Kredit
DOI:
https://doi.org/10.51700/manajemen.v4i1.561Kata Kunci:
Personal Selling, Kualitas Pelayanan, Lokasi Usaha, Digital Marketing, Keputusan Pengajuan KreditAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh Personal Selling, Kualitas Pelayanan, Lokasi Usaha, dan Digital Marketing terhadap Keputusan Pengajuan Kredit di Koperasi Tani ‘Sumber Manis’ Prajurit Kulon Kota Mojokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel 30 nasabah koperasi. Data dikumpulkan melalui angket terbuka dan di analisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil uji F menunjukkan bahwa keempat variabel tersebut berpengaruh simultan terhadap Keputusan Pengajuan Kredit. Variabel Personal Selling, Kualitas Pelayanan, Lokasi Usaha, dan Digital Marketing secara parsial juga berpengaruh positif terhadap Keputusan Pengajuan Kredit. Hasil penelitian ini memberikan wawasan yang lebih mendalam tentang berbagai aspek pemasaran dalam konteks keputusan pengajuan kredit di koperasi. Implikasi praktisnya adalah bahwa koperasi dan lembaga keuangan serupa dapat meningkatkan strategi pemasaran mereka dengan mempertimbangkan peran kunci yang dimainkan oleh Personal Selling, Kualitas Pelayanan, Lokasi Usaha, dan Digital Marketing dalam membentuk persepsi dan keputusan nasabah. Penelitian ini juga mendukung temuan sebelumnya yang menyatakan bahwa aspek-aspek pemasaran memiliki peran penting dalam memengaruhi keputusan nasabah terkait pengajuan kredit.
Unduhan
Referensi
Bramantyo, A. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan, Prosedur Kredit, Dan Promosi Terhadap Keputusan Kredit UMKM. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Capriati, Z. F. (2023). Pengaruh Keragaman Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan Minimarket Di Koperasi Visiana Bakti TVRI Jakarta. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 6(1), 170-177.
Diki, M. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Risiko, Personal Selling Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pengajuan Kredit (Studi Kasus Di KSP Primkoveri 19 Bumiayu). Skripsi. Universitas Peradaban.
Dyah, E. S. (2020). Keputusan Memilih Pembiayaan Murabahah atas Pengaruh Lokasi Dan Promosi. Wadiah, 4(1), 1-12.
Knyphausen-Aufseß, D. Z., & Santarius, T. (2021). Strategic Management, The Theory Of The Firm, And Digitalization: Reintroducing A Normative Perspective. Corporate and Business Strategy Review, 2(1), 41–53.
Laudon, K., & Trave, C. (2021). E-commerce 2021-2022: Business, Technology. Society. London: Pearson.
Marviana, R. D., & Sumekar, A. (2020). Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Kepada Para Pelaku Umkm Di Koperasi Simpan Pinjam Surya Abadi Mandiri Medan Krio Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 108–13.
Nurdelila. (2021). Pengaruh Sistem Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Koperasi Agro Rimba Nusantara (Agrina) Desa Parsalakan Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan. Jurnal ESTUPRO, 6(2), 157-163.
Peterson, R., Crittenden, V., & Albaum, G. (2019). On The Economic And Social Benefits Of Direct Selling. Business Horizons, 62(3), 373–382.
Putri, P. M., & Marlien, R. A. (2022). Pengaruh Digital Marketing terhadap Keputusan Pembelian Online. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 5(1), 25-36.
Rahayu, Y. N. (2023). Pengaruh Lokasi, Kualitas Pelayanan Dan Prosedur Pembiayaan Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Mengambil Pembiayaan Konsumtif Multiguna Pada Bank Aceh Capem Kampung Aie Simeulue. Skripsi. UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Ramadhan, R. P. (2021). Analisis Personal Selling Pada Pt Nasmoco Bahtera Motor Mlati Yogyakarta. Skripsi. Universitas Teknologi Yogyakarta.
Sucihati, R. N., Suprianto, & Mustiad, D. (2020). Analisis Pengaruh Promosi, Lokasi, Pelayanan Dan Suku Bunga Terhadap Keputusan Pengambilan Kredit Usaha Rakyat (KUR). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 17(3), 1-12.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Surabaya: Gramedia.
Susanti, L. (2016). Modul Metode Penelitian. Malang: Universitas Brawijaya Press.
Thiodorus, D. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Variasi Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Aplikasi Online Shop Shopee (Study Kasus Karyawan PT. Sinwa Perdana Mandiri Pada Penggunaan Aplikasi Shopee). EMaBi: Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 1(2), 110-121.
Tjiptono, F. (2019). Strategi Pemasaran Edisi 4. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Tolong, A., Husain As, & Rahayu, S. (2020). Analisis Kinerja Keuangan Koperasi Simpan Pinjam Pada Koperasi Suka Damai. Jambura Economic Education Journal, 2(1), 25–33.
Woen, N. G., & Santoso, S. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk, Promosi, dan Harga Normal terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship, 10(2), 146-163
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Manajemen dan Budaya

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

