Isi Artikel Utama

Taupan Jayadi
Muhammad Thohri
Fathul Maujud
Safinah Safinah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Integrasi manajemen kurikulum dalam meningkatkan moderasi beragama santri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif menghasilkan data deskriptif tentang Integrasi manajemen kurikulum dalam meningkatkan moderasi beragama. Data pada penelitian ini terdiri dari dua macam yaitu; data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan; 1) Obervasi 2) Wawancara 3) Dokumentasi. Teknik analisis data yang peneliti gunakan yaitu; pengumpulan data, penyajian data, data reduksi dan  penarikan kesimpulan.Teknik yang digunakan dalam uji keabsahan data yaitu; triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama: Perencanaan Kurikulum Integratif mencakup tiga proses perencanaan yaitu: (1) Analisis Kebutuhan, (2) Tujuan Pendidikan yaitu santri yang paham IPTEK, kuat IMTAQ, dan terbiasa Moralnya. (3) Fleksibilitas Kurikulum. (4) Kolaborasi Guru; kolaborasi guru antar mata pelajaran. Kedua: Pelaksanaan kurikulum integratif yaitu (1) pelaksanaan kurikulum tingkat madrasah (2) Pelaksanaan kurikulum tingkat kelas dengan. (3) Memilih Metode Pembelajaran. Ketiga: Evaluasi Kurikulum integratif  yaitu; (1) Menyusun evaluasi mencakup pemilihan Metode Evaluasi yang memuat evaluasi yaitu Evaluasi Model EKOP (Evaluasi Kualitas dan Output Pembelajaran). (2) Evaluasi Guru (3) Evaluasi untuk santri.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Jayadi, T., Thohri, M., Maujud, F., & Safinah, S. (2024). Manajemen Integrasi Kurikulum Madrasah dengan Kurikulum Pesantren dalam Meningkatkan Moderasi Beragama. Jurnal Manajemen &Amp; Budaya, 4(1), 105–119. https://doi.org/10.51700/manajemen.v4i1.640
Bagian
Articles

Referensi

Abror, Darul. 2020. Kurikulum Pesantren (Model Integrasi Pembelajaran Salaf Dan Khalaf). Yogyakarta: Deepublish.

Asha, Lukman. 2022. “Persepsi Siswa Terhadap Kolaborasi Guru Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Tarbawiyah : Jurnal Ilmiah Pendidikan 6(1):16–29. doi: 10.32332/tarbawiyah.v6i1.4851.

Ashari, M. Redah, . Surawan, M. Iqbal Purnama Adi, dan Asmail Azmy. 2021. Moderasi Beragama Di Pondok Pesantren. Yogyakarta: K-Media.

Creswell, John W. 2013. Research Design : Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan Mixed. 3 ed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Effendi, Muhammad Ridwan, Yoga Dwi Alfauzan, dan Muhammad Hafizh Nurinda. 2021. “Menjaga Toleransi Melalui Pedidikan Multikulturalisme.” Al-Mutharahah 18(1):43–51. doi: 10.46781/al-mutharahah.v18i1.175.

Ekawati, Fitriyah. t.t. “MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SMPIT.”

Harmi, Hendra. 2022. “Analisis kesiapan program moderasi beragama di lingkungan sekolah/madrasah.” JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia) 7(1):89. doi: 10.29210/021748jpgi0005.

Hidayah, Nur. 2022. “PENGELOLAAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM SWASTA BERBASIS MODERASI BERAGAMA.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 10(02). doi: 10.30868/ei.v10i02.2361.

Izza, Aini Zulfa, Mufti Falah, dan Siska Susilawati. 2020. “STUDI LITERATUR: PROBLEMATIKA EVALUASI PEMBELAJARAN DALAM MENCAPAI TUJUAN PENDIDIKAN DI ERA MERDEKA BELAJAR.” Prosiding Konferensi Ilmiah Pendidikan 1:10–15.

Kosim, dan Muhammad Kosim. 2021. Moderasi Islam di Indonesia. Yogyakarta: Lkis Pelangi Aksara.

Lintang, Fitri Lintang Fitri, dan Fatma Ulfatun Najicha. 2022. “NILAI-NILAI SILA PERSATUAN INDONESIA DALAM KEBERAGAMAN KEBUDAYAAN INDONESIA.” Jurnal Global Citizen : Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan 11(1):79–85. doi: 10.33061/jgz.v11i1.7469.

Lubis, Syamsidah, Annisa Zauzasysyifa Nabila, dan Eka Fitriani. 2022. Manajemen Pendidikan. Riau: CV. DOTPLUS Publisher.

Maulana, Wahyu, Munawir Hidayah, Zulaikha, Meiry Halijah, dan Ameliana. 2023. Manajemen Kurikulum. Riau: PT. Indragiri Dot Com.

Miles, Matthew B., A. Michael Huberman, dan Johnny Saldana. 2013. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. SAGE Publications.

Nasir, Muhammad. 2015. “Kurikulum Madrasah: Studi Perbandingan Madrasah Di Asia.” Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam 9(2):145–66. doi: 10.21580/nw.2015.9.2.524.

R. Terry, George, dan Leslie W. Rua. 2019. Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Rakhmayanti, Risda, dan Kurnia Kurnia. 2021. “Pemahaman Visi, Misi dan Dampaknya terhadap Kinerja Organisasi.” Prosiding Hubungan Masyarakat 7(1):450–55. doi: 10.29313/.v7i1.27257.

Rambe, Posman, Sabaruddin, dan Maryam. 2022. “Model Moderasi Beragama Berbasis Pesantren Salaf: Studi Kasus Pada Madrasah Salafiyyah.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 7(1):157–68. doi: 10.25299/al-thariqah.2022.vol7(1).9599.

Rijal, Syamsul, Husna Amin, dan . Nurkhalis. t.t. Moderasi Beragama : Refleksi Dialog Modernitas Multikultural. Jakarta: Damera Press.

Rusdiana, H. A., dan Elis Ratnawulan. 2022. Manajemen Kurikulum: Konsep Prinsip dan Aplikasinya di Sekolah/Madrasah. Serang: ARSAD PRESS.

Safinah, Safinah, dan Zainal Arifin. 2021. “Otoritas Kepemimpinan Karismatik Tuan Guru Dalam Membentuk Budaya Religius.” Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 5(2):311–30. doi: 10.32478/evaluasi.v5i2.754.

Saifuddin, Ahmad. 2015. “EKSISTENSI KURIKULUM PESANTREN DAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN.” Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies) 3(1):207–34. doi: 10.15642/jpai.2015.3.1.207-234.

Sohilait, Desembra, dan Asep Asep. 2023. “Evaluasi Program Pembelajaran Berdasarkan Metode EKOP Di Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Ambon.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 8(1b):539–45. doi: 10.29303/jipp.v8i1b.1247.

Steenbrink, Karel A. 1994. Pesantren, Madrasah, Sekolah: Pendidikan Islam dalam Kurun Moderen. Cet. 2. Jakarta: LP3ES.

Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Cetakan Ke-2. Bandung: Alfabeta.

Suharto,et.all, Babun. 2021. Moderasi Beragama;Dari Indonesia Untuk Dunia. Yogyakarta: Lkis Pelangi Aksara.

Sukaryati, Sukaryati, dan Siminto Siminto. 2022. “ANALISIS KEBUTUHAN IMPLEMENTASI KURIKULUM SEKOLAH PENGGERAK DI SDIT AL-AMIN KAPUAS.” Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kearifan Lokal 2(3):150–67.

Syafe’i, Imam. 2017. “Model Kurikulum Pesantren Salafiyah Dalam Perspektif Multikultural.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 8(2):127–43. doi: 10.24042/atjpi.v8i2.2121.

Triwiyanto, Teguh. 2022. Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.