Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka
Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk menganalisis kebijakan kepala madrasah dalam mendukung pelaksanaan implementasi kurikulum merdeka, 2) untuk mengetahui proses implementasi kurikulum merdeka belajar dan 3) untuk mengetahui implikasi kepala madrasah dalam implementasi kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan penekanan pada evaluasi data deskriptif. Pengumpulan data diperoleh dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) kebijakan kepala madrasah dalam mendukung implementasi kurikulum merdeka belajar mencakup langkah-langkah konkret seperti pengembangan program pelatihan guru, alokasi sumber daya, pembentukan tim implementasi kurikulum, dan upaya untuk memfasilitasi perubahan budaya di madrasah. 2) Proses pelaksanaan implementasi kurikulum merdeka berjalan dengan baik sesuai dengan prosedur-prosedur yang telah ditetapkan dan kepala madrasah terlibat langsung dalam proses pemantauan dan evaluasi untuk mengukur keberhasilan dan memastikan kurikulum ini berjalan dengan efektif dan efisien. 3) Implikasi kepala madrasah dalam implementasi kurikulum merdeka sangatlah penting untuk memastikan kesuksesan dan efektivitas dari sistem pendidikan yang berbasis pada keleluasaan dan kreativitas. kontribusi kepala madrasah dapat menciptakan lingkungan yang mendukung dan mendorong implementasi Kurikulum Merdeka dengan sukses di madrasah, memberikan dampak positif pada pembelajaran siswa dan pengembangan pendidikan secara keseluruhan
Unduhan
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Angga, Angga, dan Sopyan Iskandar. 2022. “Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mewujudkan Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6(3):5295–5301. doi: 10.31004/basicedu.v6i3.2918.
Anon. t.t. “Kemenag Harap Seluruh Madrasah di Lotim Gunakan Kurikulum Merdeka.” https://ntb.idntimes.com/news/ntb/thooriq-ruhael/kemenag-harap-seluruh-madrasah-di-lotim-gunakan-kurikulum-merdeka-c1c2, 21 Februari 2023.
Baiq farida. 2023. “Kurikulum Merdeka Beri Ruang Guru Berinovasi dan Berkreasi.” Lombok Post, Maret 13.
Efendi, Rahmat, dan Moh Masrur. 2019. “Implementasi Strategi Active Learning Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sdit Baitul Jannah Bandar Lampung : Indonesia.” Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Idarah 4(1):40–45. doi: 10.54892/jmpialidarah.v4i1.45.
Hamid, Abd. 2022. “Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru.” Aktualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan 12(II). doi: 10.54459/aktualita.v12iII.449.
Iskandar, Dr Dudi. 2022. Metodologi Penelitian Kualitatif: Petunjuk Praktis untuk Penelitian Lapangan, Analisis Teks Media, dan Kajian Budaya. Maghza Pustaka.
Jannati, Putri, Faisal Arief Ramadhan, dan Muhamad Agung Rohimawan. 2023. “Peran Guru Penggerak Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar.” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 7(1):330–45. doi: 10.35931/am.v7i1.1714.
Khoirurrijal, Fadriati, Sofia, Anisa Dwi Makrufi, Sunaryo Gandi, Abdul Muin, Tajeri, Ali Fakhrudin, Hamdani, dan Suprapno. t.t. Pengembangan Kurikulum Merdeka. CV. Literasi Nusantara Abadi.
Marlina, Tuti. 2022. “urgensi dan implikasi pelaksanaan kurikulum merdeka pada sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah.” Prosiding seminar nasional pendidikan ekonomi 1(1):67–72.
Masnun, Moh, dan Ade Iyus. 2019. “Staregi Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Mengimplementasikan Manajemen Berbasis Madrasah.” Indonesian Journal of Elementary Education (IJEE) 1(1). doi: 10.24235/ijee.201911.5416.
Miladiah, Sofa Sari, Nendi Sugandi, dan Rita Sulastini. 2023. “Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Di Smp Bina Taruna Kabupaten Bandung.” Jurnal Ilmiah Mandala Education 9(1). doi: 10.58258/jime.v9i1.4589.
M.Pd.I, Arinda Firdianti. t.t. Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Gre Publishing.
Mustaghfiroh, Siti. 2020. “Konsep ‘Merdeka Belajar’ Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey.” Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran 3(1):141–47. doi: 10.30605/jsgp.3.1.2020.248.
Nuryoso, Dwi Saputra, Muhammad M. Qawim, Ahmad Hariyadi, dan Slamet Utomo. 2023. “Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Menerapkan Konsep Merdeka Belajar.” Equity In Education Journal 5(1):14–22. doi: 10.37304/eej.v5i1.8256.
Rahayu, Sucik, Dwi Vianita Rossari, Susana Aditiya Wangsanata, Nuriana Eka Saputri, dan Nuriani Dwi Saputri. 2021. “Hambatan Guru Sekolah Dasar Dalam Melaksanakan Kurikulum Sekolah Penggerak Dari Sisi Manajeman Waktu Dan Ruang Di Era Pandemi Covid-19.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5(3):5759–68.
Simanjuntak, Romaulina, Elfrianto Elfrianto, Yusmidani Yusmidani, dan Vivery Saragih. 2023. “Administrasi Tata Kelola Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 5(1):2613–19. doi: 10.31004/jpdk.v5i1.11370.
Sunardi, S., Sabri, M., & Putro, A. N. S. (2023). Implementasi Manajemen Kemahasiswaan Menuju Merdeka Belajar Di Perguruan Tinggi:(Studi Di Stai Darul Kamal Nw Kembang Kerang Ntb). Jurnal Manajemen Dan Budaya, 3(2), 12-19.
Suryana, Cucu, dan Sofyan Iskandar. 2022. “Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Menerapkan Konsep Merdeka Belajar di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6(4):7317–26. doi: 10.31004/basicedu.v6i4.3485.
Wijiatun, Lusia dan Richardus Eko Indrajit. 2020. Merdeka Belajar tantangan dan implementasinya dalam sistem pendidikan nasional. 1 ed. CV. Andi Offset.
Zahwa, Nur, Nanda Ribatul Hilda, Tiara Kusuma Astuti, Weni Weryani, Yunita Prasetyawati, dan Zulkardi Zulkardi. 2022. “Studi Literatur: Implementasi Merdeka Belajar Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Matematika Selama Pandemi.” Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan 8(1):110–19.
Zulaiha, Siti, Meisin Meisin, dan Tika Meldina. 2022. “Problematika Guru dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar.” Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar 9(2):163–77. doi: 10.24042/terampil.v9i2.13974.