OPTIMALISASI PENGELOLAAN PEMBELAJARAN KELAS ALAM PADA MASA PANDEMI DI DUSUN KEDATUK DESA KEMBANG KERANG DAYA
Main Article Content
Abstract
Pengabdian ini dilakukan di dusun kedatuk desa kembang kerang daya tepatnya di kelompok belajar kelas alam yang bertujuan untuk mengoptimalkan pengelolaan kelompok belajar tersebut. metode yang digunakkan dalam proses pengabdian adalah 1) Mentoring, 2) Partisipasi aktif dalam pembelajaran, 3) Diskusi, dan 4) Penyediaan referensi tambahan. Melalui metode tersebut kami menemukan bahwa pengelolaan kelas alam secara umum sudah mengikuti prinsip-prinsip manajemen, mulai dari perancanaan, pelaksanaan, kontrol hingga evaluasi, sebagian besar sudah dilaksanakan dalam mengelola kelas alam hanya saja belum maksimal dan tidak terdokumentasi. Atas dasar temuan tersebut kami mengadakan mentoring untuk mengoptimalkan pengelolaan kelas alam tersebut, terutama dalam proses perencanaan dan evaluasinya
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Robbins, S. & Coulter, M. (2005).Management, edisi 8 jilid. New Jersey: Prentice Hall.
Usman,Husaini. (2006).Manajemen; Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan.Jakarta: Bumi Aksara.
UU No. 20 Tahun 2003 tentang SISDIKNAS Pasal 26 ayat 1-7
Purwanto, M. Ngalim. (2014). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
B.R. Hergenhann & Matthew H. (2010).Theories of Learning. Alih Bahasa: Tri Wibowo. Jakarta: Prenada Media.
Setiawan,M. Andi. (2017).Belajar dan Pembelajaran. Ponorogo: UWAIS Inspirasi Indonesia.