PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 MELALUI BIMBINGAN BERKELANJUTAN

Authors

  • Hadijah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

DOI:

https://doi.org/10.51700/attadbir.v5i1.121

Keywords:

Guru, RPP, Kurikulum 2013, bimbingan berkelanjutan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran kurikulum 2013 melalui bimbingan berkelanjutan di MTs AS-Syifa, MTS Roudhotul Iman dan MTs Nurul Hidayah Sugal, yang berada pada Kecamatan Panimbang Kabupaten  Pandeglang Provinsi Banten, Tekhnik pengumpula data dalam penelitian ini adalah observasi dan diskusi, observasi dipergunakan untuk mengumpulkan data dan mengetahui kompetensi guru dalam menyusun RPP, diskusi dilakukan antara peneliti dengan guru, sedangkan alat pengumpulan data dalam PTKP ini sebagai berikut, lembar observasi yang dilengkapi dengan rubrik yang digunakan untuk memperoleh data tentang kemampuan guru dalam menyusun RPP kurikulum 2013 dan diskusi dilakukan dengan maksud untuk sharing pendapat antara peneliti dengan guru dan guru dengan team teaching. Berdasarkan temuan-temuan yang diperoleh dari hasil pengolahan dan analisis data penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa pembinaan administrasi akademik berupa penyusunan RPP kurikulum 2013 yang baik sangat signifikan. Dengan kata lain melalui pembinaan pengawas kepada guru mampu meningkatkan kemampuan akademik guru dalam bentuk penyusunan RPP kurikulum 2013 dalam mencapai sasaran kinerja

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, Abu dan Joko Tri Prasetya. 1997. Pembelajaran Anak Bagi BermasalahJakarta, Rinekacipta.

Akdon. 2002. Identifikasi Faktor-faktor Kemampuan Manajerial Yang Diperlukan Dalam Implementasi School Based Management (SBM) Dan Implikasinya Terhadap Program Pembinaan Kepala Madrasah. Bandung: Jurnal Adpend UPI.

Ali, M. 2004. Strategi Penelitian Pendidikan. Bandung: Angkasa.

Arifin, E. 2003. Dasar-Dasar Penulisan Karangan Ilmiah. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Barret, 2000. Test Your Own Aptitude. Jakarta : Gaya Media Pratama, h. 65.

Depdiknas. 2003. Program Kegiatan Belajar di MI. Jakarta.

Mulyasa, E. 2003. Menjadi Kepala Madrasah Profesional Dalam Konteks Menyukseskan Manajemen Berbasis Sekolah dan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

S. Margono, 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Santoso, S. 2002. Pendidikan di MI. Jakarta: Citra Pendidikan.

Solehuddin, M. 2000. Konsep Dasar Pendidikan Pra Sekolah. Bandung: Fakultas Ilmu Pendidikan UPI.

Subana dan Sunarti. 2001. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung, Alfabeta.

Subino. 2001. Bimbingan, Rancangan, Pelaksanaan, Analitik dan Penulisan. Bandung: ABA Yapari.

Sudjana, N. 1991. Tuntunan Penulisan Karya Ilmiah. Bandung: Sinar Baru.

Sugiarto, D.S. 2000. Metode Statistik Untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. 1997. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2021-01-30

How to Cite

Hadijah, H. (2021). PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 MELALUI BIMBINGAN BERKELANJUTAN. At-Tadbir : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(01), 1–12. https://doi.org/10.51700/attadbir.v5i1.121