IKLIM MADRASAH

Motivasi Kerja Guru Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Model Mataram

Authors

  • M. Habib Husnial Pardi Universitas Islam Negeri [UIN] Mataram

DOI:

https://doi.org/10.51700/attadbir.v5i1.126

Keywords:

iklim madrasah, motivasi kerja guru, madrasah model

Abstract

Artikel ini menjelaskan iklim madrasah, yakni faktor apa saja yang menumbuhkan  motivasi kerja guru di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Model Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Dengan menggunakan  pendekatan  kualitatif jenis studi kasus,  artikel ini menentukan informan dengan dua cara yaitu snowbolling sampling dan key person. Sementara itu, pengumpulan data  dilakukan dengan prinsip redundancy of data gathering melalui observasi partisipan (Participan Observation), wawancara mendalam (indepth interview),  dokumentasi, dan diskusi terfokus (Focus Group Disscusion). Sedangkan analisis data dilakukan melalui prosedur Cresswel,  yakni  memvaliditasi keakuratan informasi melalui sistem coding.  Penelitian ini menemukan bahwa iklim Madrasah  yang sehat ditandai dengan: kepemimpinan yang demokratis, terjalinnya komunikasi dan interaksi terbuka antar personal, dan penetapan tujuan organisasi melalui keputusan  bersama.  Hal-hal tersebut akan berdampak pada tumbuhnya motivasi kerja guru seperti  kedisiplinan yang tinggi, semangat kerja yang maksimal, dan memiliki sikap kompetisi yang sehat.  Dengan demikian, motivasi kerja guru akan berdampak pada peningktan mutu pendidikan di Madrasah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azyumardi Azra, 2002. Pendidikan Islam, Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru, (Jakarta :Logos Wacana Ilmu).

Burhan Bungin, (2008), Penelitian Kualitatif, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group)

Cumbey and Alexander, 1998. The relationship of job satisfaction with organizational variables in public health nursing. Journal of Nursing Administration, 28

Davis, Keith & W. Newstrom, Jhon. (1985). Perilaku dalam Organisasi. Jakarta :Erlangga.

Giddens, Anthony (1984), The Constitution of Society; Outline of the Theory of Structuration (Berkley: University of California Press), hlm. xxxiii

Ghony, Djunaidi M & Almanshur, Fauzan (2012), Metode Penelitian Kualitatif, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media)

George R Terry, 2006. Prinsip-prinsip Manajemen, Bumi Aksara, Jakarta,

Giddens, Anthony (1984), The Constitution of Society; Outline of the Theory of Structuration (Berkley: University of California Press),

Hasibuan, M. (1995). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Gunung Agung.

Hasibuan, M. (2001). Organisasi dan Motivasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Jones and James, 1979. Psychological climate: dimensions and relationships of individual and aggregate work environment perceptions. Organizational Behavior and Human Performance, 23

Mujib, Abdul, Mudzakir,Jusuf, 2006. Ilmu Pendidikan Islam, Cet. I, Jakarta: Kencana Prenada Media

Nata, A. (2010). Manajemen Pendidikan Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Kencana.

Nurdin, Asep (2005). Kontribusi Kompensasi dan Iklim Organisasi Sekolah terhadap Kinerja Guru (Kajian Terhadap Guru SMP Di KabupatenBandung). Tesis (Tidak Dipublikasikan). Bandung. PPS UPI.

Robbins, Stephen P. (1994). Teori Organisasi (struktur, Desain dan Aplikasi). Edisi Ketiga. Jakarta: Arca

Soltani, I., Aghahosseini, M., & Akbari, N. (2014). Employees' perspective on organizational climate and job motivation actors and their relationship with the Blood Transfusion Organization's employees, 2012. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 4

Steers, Richard M. (1985). Efektifivas Organisasi. Cetakan Kedua. Jakarta: Erlangga

Supardi dan Saiful Anwar. (2002). Dasar-dasar Perilaku Organisasi. Yogyakarta: UII Press.

Thoha, Miftah.(2002). Perilaku Organisasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Tovey and Adams, 1999. The changing nature of nurses’ job satisfaction: an exploration of sources of satisfaction in the 1990s. Journal of Advanced Nursing, 30

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 1 ayat 1.

Yoo, S. J., Huang, W.-H., & Lee, D. Y. (2012). The impact of employee’s perception of organizational climate on their technology acceptance toward e-learning in South Korea. Knowledge Management & E-Learning: An International Journal (KM&EL), 4(3), 359-378. Zhang, J., & Liu, Y. (2010). Organizational climate and its effects on organizational variables: An empirical study. International Journal of Psychological Studies, 2(2)

Wahjosumidjo. (1992). Kepemimpinan dan Motivasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2021-01-30

How to Cite

Husnial Pardi, M. H. (2021). IKLIM MADRASAH: Motivasi Kerja Guru Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Model Mataram . At-Tadbir : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(01), 51–62. https://doi.org/10.51700/attadbir.v5i1.126