Dampak covid-19 terhadap implementasi pembelajaran di era digital 4.0

Authors

  • Muhammad Alwan Department of Education and Teacher, STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang NTB, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51700/jie.v7i01.150

Keywords:

Digital Era 4.0 Implementation Learning Skill

Abstract

Artikel ini membahas tentang bagaimana dampak Covid-19 terhadapimplementasi pembelajaran di era digital 4.0. Di sisi lain, research ini jugamengeksplorasi potensi munculnya skill-skill peserta didik dalam prosespembelajaran berbasis digital. Untuk tujuan ini maka penelitian dilakukanmenggunakan kajian literature (library research). Tema tentang pembelajarandikaitkan dengan Covid-19 belakangan menarik untuk dikaji melalui penelitian.Beberapa hasil penelitian ditemukan bahwa pembelajaran berbasis e-learningdengan varian aplikasi di masa pandemi tidak signifikan. Kontradiktif dengansifat media pembelajaran digital yang salalu menarik perhartian siswa padaumumnya. Ini relevan dengan masa perkembangan anak-anak yang tertarikdengan media visual digital. Disisi lain, keterampilan-keterampilan hidup danberkarir abad 21 mulai dicoba pada pembelajaran masa Covid-19 sepertifleksibilitas dan adaptabilitas pada proses pembelajaran masa Covid-19 sehinggamemunculkan berbagai kreatifitas dan kemandirian di kalangan siswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, Intan. (2018). Proses Pembelajaran Digital dalam Era Revolusi Industri 4.0. Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidkan Tinggi.

Alwan, M. (2017). Pengembangan model blended learning menggunakan aplikasi Edmodo untuk mata pelajaran geografi SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1), 65-76. doi:https://doi.org/10.21831/jitp.v4i1.10505

Anggi, Afriansyah. (24 April 2020). Covid-19, Tranformasi pendidikan dan Berbagai Problemnya. Diakses tanggal 27 Mei 2020 https://kependudukan.lipi.go.id/id/berita/53-mencatatcovid19/838-covid-19-transformasi-pendidikan-dan-berbagai-problemnya.

Arifa, Nurul F. (2020). Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar dari Rumah dalam Masa Darurat Covid-19. Pusat penelitian Badan Keahlian DPR RI. Vol. XII. No. 7/1/Puslit/April/2020. Hal. 13-18.

Conrad, Kerri & Voris, Alvin C. (2002). Instrutional Design for Web-Based Training. USA: HRD Press.

DUGI Indonesia. (2019). Transformasi Perguruan Tinggi Era Pendidikan 4.0, mewujudkan “perguruan tinggi kelas dunia”. Jakarta Selatan.

Farisa, Chusna, F. (13 April 2020). KPAI Terima 213 Pengaduan Pembelajaran Jarak Jauh, Mayoritas Keluhkan Beratnya Tugas dari Guru diakses 31 Mei 2020. https://nasional.kompas.com/read/2020/04/13/15584711/kpai-terima-213-pengaduan-pembelajaran-jarak-jauh-mayoritas-keluhkan?page=1

Fithra, Herman. (26 Maret 2020). Covid-19 dan Pembelajaran Daring. Diakses pada tanggal 31 Mei 2020. https://mediaindonesia.com/read/detail/298964-covid-19-dan-pembelajaran-daring

Hastanto, Ikhwan. (24 Maret 2020). Warna-Warni Curhatan Guru dan Dosen yang Kini Terpaksa Mengajar Lewat Dunia Maya”, 24 Maret 2020. diakses 31 Mei 2020. https://www.vice.com/id_id/article/pke8ak/sukaduka-belajar-jarak-jauh-karenacorona-buat-guru-dan-dosen-diindonesia.

Lase, Delipiter. (2019). Penddikan di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Sundermann. Vol. 1. No. 1. 1-17.

Muhammad, Hiru. (18 Maret 2020) .Sebanyak 850 Juta Siswa di Dunia Belajar di Rumah. Republika Online. Diakses tanggal 20 Mei 2020 https://republika.co.id/berita/q7e3gy380/sebanyak-850-juta-siswa-di-dunia-belajar-di-rumah.

Permendikbud (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 119 Tahun 2014 Tentang Penyelenggaraan Penddikan Jarak Jauh Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah.

Purwanto, Agus, et al. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EdoPsycouns Journal. Volume 2 Nomor 1. 1-13

Putrawangsa, S. (2018). Desain Pembelajaran, Design Research sebagai Pendekatan Desain Pembelajaran. Mataram: CV. Reka Karya Amerta (Rekarta).

Sanur, Debora. (2020). Wacana Kebijakan Lockdown dalam menghadapi Covid-19 di Indonesia. Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI. Vol.XII No. 6. 25-30.

Saryono, Djoko. (2020). Inovasi Pembelajaran Efektif di Tengah Pandemi-Infodemi Covid-19. Online International Webinar Pembelajaran Efektif di Masa Pandemi Covid-19, Inovasi Teknologi, Riset dan Pendidikan. Balikpapan, on may 19 2020. Makalah

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Surat Edaran dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 36962/MPK.A/HK/2020 tertanggal 17 Maret 2020 tentang Pembelajaran secara Daring dan Bekerja dari Rumah dalam rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19).

Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pendidikan Dalam Masa Darurat Coronavirus Disease (Covid-19).

Tambunan, Hamonangan. (2013). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Website Dalam Mata Kuliah Pengaturan Mesin Listrik. Cakrawala Pendidikan. Th. XXXII. No. 1. 64-76

Permanent Delegation of The Republic Indonesia to UNESCO. (2019). Sejarah. Diakses pada tanggal 27 Mei 2020. https://kwriu.kemdikbud.go.id/tentang-kami/sejarah/5/

Yuliana. (2020). Corona virus diseases (Covid-19); Sebuah tinjauan literature. WELLNESS AND HEALTHY MAGAZINE. Volume 2 Nomor 1 February 2020. 187-192

Published

2021-03-11

How to Cite

Alwan, Muhammad. “Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Di Era Digital 4.0”. Al Muta’aliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 1, no. 01 (March 11, 2021): 1–18. Accessed September 23, 2021. https://journal.staidk.ac.id/index.php/jie/article/view/150.