Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan teorema phytagoras di Madrasah Tsanawiyah

Authors

  • Imam Pakhrurrozi Departement of Education, Universitas Nahdlatul Wathan Mataram, NTB, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51700/jie.v7i01.153

Keywords:

Realistic Mathematics Education, learning model, pythagorean, Madrasah

Abstract

Isu tentang belajar matematika yang dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari telah menarik perhatian para peneliti dan pendidik. Pembelajaran yang ditekankan pada pengalaman sehari-hari peserta didik lebih mudah memahami materi pembelajaran dan memiliki ingatan yang kuat dalam mengaplikasikan matematika dalam kehidupan nyata sebagai variable terikat dalam bentuk prestasi belajar anak. Artikel ini bertujuan untuk menguji kembali apakah pembelajaran matematika realistik (Realistic Mathematics Education) memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Dengan menggunakan metode penelitian eksperimental semu yang populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII MTS NW SIKUR  yang berjumlah 50 siswayang terdiri dari kelas 25 siswa kelas VIII A dan 25 Siswa Kelas B. Data dikumpulkan melalui teknik tes dan dianalisis sesuai prosedur analisis data.Temuan penelitian ini adalah terdapat pengaruh model pembelajaran model pembelajaran Realistics Mathematics Education (RME) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika pada materi teorema pythagoraspada siswa Madrasah Tsanawiyah

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, Nyimas. 2007. Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasioanal.

Dhoruri, Atmini. 2010. “Pembelajaran Matematikadengan Pendekatan Mtematika Realistik (PMR)”. Ma-kalah. Yogayakarta: FMIPA UNY

Gravemeijer, K. (2011). How concrete is concrete? In-doMS Journal on Mathematics Education, 2 (1)

I Nyoman Darma, I Wayan Sadra, Sariyasa, 2013, “Pengaruh pendidikan matematika realistik terhadap pemahaman konsep dan daya matematika ditinjau dari pengetahuan awal siswa smp nasional plus jembatan budaya”, dalam e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Matematika (Volume 2Tahun 2013)

Lintang, dkk, (2014) "Keefektifan Model Pembelajaran TAPPS Pendekatan RME Pada Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah Kelas VIII Materi SPLDV", dalam Unnes Journal of Mathematics Education, (Semarang: Perpustakaan Universitas Negeri Semarang)

Putri, I. J. (2013). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Materi Pecahan. Skripsi PGSD UPI Sumedang: Tidak diterbitkan.

Syaiful Bahri Djamarah, 2012. Prestasi Belajar dan Kompetendi Guru. Surabaya:Usaha Nasional.

Suharsimi Arikunto, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Mulyasa E, 2007. Menjadi Buruh Propesional Menciptakan Pelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Jakarta : Bumi Aksara.

Martinis Yamin, 2006. Sertifikasi Keguruan Di Indonesia. Jakarta : Putra Grafika.

Perwadarminta, 1991 Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Bale Pustaka

Punco Sujatmico, 2005. Matematika Kreatif 1 Konsep dan Terapannya. Surakarta : Tiga serangkai, Puataka Mandiri.

Ruse Pendi, 1987. Dasar-Dasar Matematika Modern Untuk Guru. Bandung : Tarsito.

Sugyono, 2008. Penelitian Pendidikan Kuantitatif Kualitatif R Dan D. Bandung : Alfabeta.

Sumardi Suryabrata, 1983. Metodologi Penelitian. Jakarta : Rajawali.

Sujana, 1992. Metode Statistik. Bandung : Tarsito

Suyipno, 2008. Artikel Ragam Pembelajaran Dengan Realistic Mathematics Education Di Lapangan. Probolinggo, Jawa Timur : Fasilitator Edisi 2

Toha Habib M, 1994. Teknik Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grapindo Persada.

Wayan Nur Kancana, Sumartana, PPN. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya : Usaha Nasional.

Published

2021-03-11

How to Cite

Pakhrurrozi, Imam. “Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Teorema Phytagoras Di Madrasah Tsanawiyah”. Al Muta’aliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 1, no. 01 (March 11, 2021): 49–60. Accessed September 23, 2021. https://journal.staidk.ac.id/index.php/jie/article/view/153.