Perbedaan efektivitas model partisipatif dengan model discovery learning terhadap hasil belajar matematika di Madrasah

Authors

  • Ramdhayani Departement of Education, UIN Mataram, NTB, Indonesia
  • M. Habib Husnial Pardi Departement of Education, UIN Mataram, NTB, Indonesia
  • Mauliddin Departement of Education, UIN Mataram, NTB, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51700/jie.v7i01.154

Keywords:

effectiveness, Participatory Model, Discovery Learning Model, Learning Outcomes, mathematics

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan efektivitas antara model partisipatif dengan model discovery learning terhadap hasil belajar matematika siswa SMPN 21 Mataram pokok bahasan lingkaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan dengan thestatic group pretest-posttest desaign. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 21 Mataram. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu purposive sampling dengan materi lingkaran. Proses pengumpulan data peneliti menggunakan istrumen wawancara, observasi, dan tes. Dari hasil penelitian, model partisipatif terhadap hasil belajar diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 58,68 dan nilai rata-rata posttest sebesar 73,32. Sedangkan model discovery learning terhadap hasil belajar diperoleh nilai rata-rata pretest 58,86 dan nilai rata-rata posttest sebesar 73,91. Hasil uji hipotesis hasil belajarditemukan bahwa nilai sig. (2-tailed) 0,821. Oleh karena nilai sig > 0,05, artinya H0 diterima dan H1 ditolak, maka dapat dismpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan efektivitas yang signifikan antara model partisipatif dengan model discovery learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 21 Mataram

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfira Mulya Astuti, Statistika Penelitian. Mataram: Insan Madani Publishing

Mataram, 2016.

A. Karmila Haerudin, “Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Chips dan Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI IPA MAN 1 Sinjai Utara”. Skripsi, FTK UIN Alaudin Makassar, Makassar, 2017.

Febri Maswandi, “Pengaruh Pembelajaran Partisipatif Terhadap Hasil Belajar Biologi”. Skripsi, FTK UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta, 2010 Jakarta: Indeks

Djamarah, Syaiful Bahri.(2006).Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Sinar

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2002.

Dias Astra, “Perbandingan Hasil Belajar Siswa Antara Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation Dengan Two Stay Two Stray Pada Kelas IX MTs Madani Pao-Pao”. Skripsi. FTK UIN Alauddin Makassar, Makassar, 2016.

Dita Agustya, “Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Ethnomathematics Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis siswa”. Skripsi. FTK Universitas Lampung, Bandar Lampung, 2018.

Eggen & Kauchak. (2012). Strategi Dan Model Pembelajaran, Edisi ke-6.

Fredy Kustanto, “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Metode Participatory Learning Pada Materi Keliling Dan Luas Bangun Datar”. Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha. Vol. 2, Nomor 2, Juli 2015.

Fitrian Sari, “Pengaruh Penggunaan Metode Partisipatori Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 3 Rambah”. Skripsi. FTK Universitas Pasir Pengaraian, Pengaraian, 2016.

Rossa Candra Budi, “Pengaruh Metode Partisipatif Dan Konsep Diri Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Program Paket B”. Tekno-Pedagogi. Vol. 1, Nomor 1, Maret 2011.

Petrina Nordianti, “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 2 Kampung Baru”. SKripsi. FTK Universitas Lampung, Bandar Lampung, 2018.

Ratih Dwi Angreini, “Pengaruh Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa”. Skripsi, FTK Universitas Lampung, Bandar Lampung, 2017.

Fredy Kustanto, 2010 “Peningkatan Antusiasme Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Metode Participatory Learning Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar”. Skripsi. FTK UMM Surakarta, Surakarta.

Muhammad Sifa‟I, 2018 “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik”. Skripsi. FTK UIN Raden Intan Lampung, Bandar Lampung.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Uno,H. 2007. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif Dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara

Vick Sandy, 2017 “Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VIII SMP Negeri 4 Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2017/2018”. Skripsi, STKIP-PGRI Lubuklinggau

Published

2021-03-11

How to Cite

Ramdhayani, Ayu, M. Habib Husnial Pardi, and Mauliddin Mauliddin. “Perbedaan Efektivitas Model Partisipatif Dengan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Di Madrasah”. Al Muta’aliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 1, no. 01 (March 11, 2021): 61–74. Accessed September 23, 2021. https://journal.staidk.ac.id/index.php/jie/article/view/154.