PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH AS-SHOLIHIYAH
DOI:
https://doi.org/10.51700/manajemen.v1i2.219Kata Kunci:
Kepemimpinan, Kinerja Guru.Abstrak
Kepala madrasah dalam kepemimpinan yang sesuai dengan situasi dalam rangka mempengaruhi, mengarahkan, memimbing kepada bawahan dengan cara memperkuat keyakinan, dukungan, dorongan dan kerjasama dalam rangka mencapai sasaran dan tujuan lembaga pendidikan. Dalam hal ini meningkatkan kinerja guru merupakan salah satu bentuk peran dari kepala madrasah untuk meningkatkan kualitas kerja tenaga kependidikan. Sehingga Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah As Sholihiyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, alasan pemilihan metode ini adalah karena penelitian ini bermaksud untuk mendiskripsikan suatu gejala, peristiwa, kejadian-kejadian yang terjadi pada masa sekarang. Subyek penelitian adalah Kepala Madrasah Tsanawiyah As Sholihiyah dan beberapa guru Madrasah Tsanawiyah As Sholihiyah. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya disajikan dalam bentuk yang sesuai sehingga mudah dibaca dan dipahami. Kemudian data dianalisis dan diambil kesimpulan Hasil penelitian menyatakan bahwa peran kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah As Sholihiyah. adalah kepala madrasah sebagai pendidik yaitu mengikutsertakan guru-guru dalam penataran. Kepala madrasah sebagai supervisi adanya kunjungan kelas. Kepala madrasah sebagai pemimpin yaitu kemampuan mengambil keputusan. Kepala madrasah sebagai manajer dan administrator yaitu dalam bekerjasama, berkoordinasi dan perencanaan. Sebagai motivasi yaitu memberi pengahargaan serta kepala madrasah sebagai inovasi yaitu berupa kedisiplinan. Hambatan-hambatan yang di hadapi dalam meningkatkan kinerja guru yaitu manajemen sumber daya manusia, manajemen waktu, kesulitan dalam memahami sifat dan perilaku guru, serta supervisi pendidikan (bimbingan professional)
Unduhan
Referensi
Agus, H., Peran Kepala Sekolah Sebagai Manajer Dalam Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) di SMK Ma’arif I Kebumen, Skripsi, Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2010
Daryanto, Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Pembelajaran, (Yogyakarta: GAVA MEDIA, 2011)
Gunawan, A., Administrasi Sekolah; Administrasi Pendidikan Mikro, (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 1996)
Hasbullah, Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2009)
Hidayah, C., Urgensi Kecerdasan Emosional Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Motivasi Kinerja Guru (Studi Kasus Play Group Budi Muli Dua Terban Yogyakarta), Skripsi, Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2010
Hidayat, A. dan Machali, I., Pengelolaan Pendidikan: Konsep, Prinsip, Dan Aplikasi Dalam Mengelola Sekolah Dan Madrasah, (Yogyakarta: Kaukaba, 2012)
Listyorini, Dyah Dwi, Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Motivasi Kinerja Guru dan Karyawan di MTs N Model Parakan, Temanggung, Jateng, Skripsi, Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2010
Milles, B. Mattew and Hubberman, Michael A., Analisis Data Kualitatif, (Rohendi Rohidi. Terjemahan). (Jakarta: UI Press, 1992)
Mulyasa, E., Manajemen & Kepemimpinan Kepala Sekolah, (Jakarta: Bumi Aksara, 2012)
Mulyasa, E., Menjadi Kepala Sekolah Profesional, (Bandung: Anggota IKAPI, 2011)
Prastowo, A., Kepemimpinan Kepala Madrasah Sebagai Supervisor Pendidikan Dalam Pengembangan Kompetensi Guru di Madrasah Ibtidiayah Negeri Jejeran Bantul, Skripsi, Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2010
Timple, A. Dale, Kinerja, (IKIP Yogyakarta. Terjemahan) (Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2002)
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 JURNAL MANAJEMEN DAN BUDAYA

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

