Korelasi Intensitas Bimbingan Pembimbing Akademik Dengan Indeks Prestasi Mahasiswa di STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang
Isi Artikel Utama
Abstrak
Manusia dalam hal ini adalah mahasiswa/mahasiswi STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang Daya. Membutuhkan bantuan berupa pelaksanaan kegiatan bimbingan yang dilakukan secara berkesinambungan agar dapat memahami dirinya sendiri sehingga dapat bertindak sesuai dengan tuntunan dan keadaan lingkungan dalam keluarga, pendidikan, dan masyarakat. Dalam dunia kampus mahasiswa dituntut untuk berkopotensi dalam memperoleh prestasi akademik, dimana tolak ukurnya adalah indeks prestasi. Penelitian ini bertujuan melihat hubungan antara intensitas bimbingan dengan prestasi akademik mahasiswa. penelitian dilakukan dengan memberikan angket kepada mahasiswa STAI darul kamal yang dijadikan sampel. sampel dipilih dengan teknik random sampling dan diapatkan 30 mahasiswa sebagai sempel penelitian. analisis data hasil penelitian dilakukan dengan uji korelasi. Hasil analisis menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara intensitas bimbingan akademik pada mahasiswa dengan nilai IPK.
Unduhan
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Referensi
A.M, Sardiman, Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar, Jurnal Medtek, 2007
Aep Rohendi, ‘Pembelajaran Bola Voli Berbasis Permainan’, Buku Bahan Ajar, 2017
Dimyati, Mudjiono, Belajar Dan Pembelajaran. Cetakan, Rineka Cipta:Jakarta, 2013
LPM STAI Darul Kamal, Pedoman Layanan Kemahasiswaan (Indonesia, 2018)
———, Standar Operasional Prosedur Bimbingan Akademik (Indonesia, 2018)
M luddin, Abu bakar, Dasar-Dasar Konseling Tinjauan Dan Teori Praktik, Bandung Perdana Mulya Perdana, 2010
Rahmat, Pupu Saeful, Psikologi Pendidikan (Bumi Aksara, 2021)
Sakti, Indra, ‘KORELASI PENGETAHUAN ALAT PRAKTIKUM FISIKA DENGAN KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK SISWA DI SMA NEGERI q KOTA BENGKULU’, Jurnal Exacta, IX (2011), 67–76
Susanto, Ahmad, Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Konsep, Teori, Dan Aplikasinya, Prenadamedia Group Jakarta, 2018