Komparasi Keaktifan Mahasiswa Dalam Pembelajara Daring Dengan Pembelajaran Luring di STAI Darul Kamal Nw Lombok Timur NTB

Penulis

  • Lina Mardiana STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang
  • Rahmayatul STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang NTB
  • Eli STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang NTB
  • Riskawati STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang NTB

DOI:

https://doi.org/10.51700/manajemen.v1i2.223

Kata Kunci:

keaktifan belajar, Pembelajaran Daring, Pembelajaran Luring, Blended Learning

Abstrak

Artikel ini mengkaji tentang komparasi keaktifan mahasiswa dalam pembelajara daring dengan pembelajaran luring di stai darul kamal nw kembang kerang lombok timur. Tujuan dari artikel ini adalah untuk mengetahui terkait apa saja perbandingan pada proses pembelajaran daring dan luring. Seperti yang kita ketahui bahwa, ada dua sistem pembelajaran yang diterapkan saat ini yaitu sistem daring (dalam jaringan) dan sistem luring (luar jaringan). Kedua sistem pembelajaran ini memiliki letak persamaan maupun perbedaan dan juga letak kelebihan dan kelemahan baik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan komparatif untuk mengetahui perbandingan keaktifan mahasiswa dalam pembelajara daring dengan pembelajaran luring. Hasil kajian dan pembahasan menunjukkan bahwa terdapat data yang diperoleh keaktifan mahasiswa dalam pembelajaran daring dan luring tidak ada perbedaan berdasarkan analasis data bahwa T tabel <t hitung < t tabel maka H1 ditolak dan H0 diterima.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aji, Rizqon Halal Syah, ‘Dampak Covid-19 Pada Pendidikan Di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, Dan Proses Pembelajaran’, SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7 (2020) <https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314>

Farida Payon, Feni, Dyka Andrian, and Sasi Mardikarini, ‘Faktor Yang Mempengaruhi Keaktifan Belajar Peserta Didik Kelas III SD’, Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 2021 <https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i02.397>

Graham, Charles R, ‘Blended Learning Systems’, Handbook of Blended Learning: Global Perspectives, Local Designs, 2006

Hariandi, Ahmad, and Ayu Cahyani, ‘Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Inkuiri Di Sekolah Dasar’, Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 2018 <https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6751>

Loviana, Selvi, and Waskita Niti Baskara, ‘Dampak Pandemi Covid-19 Pada Kesiapan Pembelajaran Tadris Matematika Iain Metro Lampung’, Journal Epsilon, 2 (2020), 62–70

Rifanty, Epriliana, ‘Peningkatan Keaktifan Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Pada Peserta Didik Kelas Vb Sd Muhammadiyah Condongcatur’, JURNAL JPSD Vol.x No. x Tahun 20xx ISSN 2356-3869 (Print), 2614-0136 (Online), 2019

Tazminar, ‘Meningkatkan Keaktifan Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Examples Non Examples’, Jupendas, 2015

Valiathan, Purnima, ‘Blended Learning Models’, Astd, 2002, 2000–2003 <https://purnima-valiathan.com/wp-content/uploads/2015/09/Blended-Learning-Models-2002-ASTD.pdf>

Wibowo, Nugroho, ‘Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di Smk Negeri 1 Saptosari’, Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1 (2016), 128–39 <https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i2.10621>

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-07-30

Cara Mengutip

Mardiana, L., Pani, R., Ermawati, E., & Riskawati, R. (2021). Komparasi Keaktifan Mahasiswa Dalam Pembelajara Daring Dengan Pembelajaran Luring di STAI Darul Kamal Nw Lombok Timur NTB. Jurnal Manajemen & Budaya , 1(2), 44-54. https://doi.org/10.51700/manajemen.v1i2.223