TRANSFORMASI ORGANISASI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN GLOBAL

Telaah Transformasi IAIN Surakarta Menjadi UIN Raden Mas Said Surakarta

Penulis

  • Lalu Nurudin a:1:{s:5:"id_ID";s:11:"UIN Mataram";}
  • Anjani Wira Murti Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Mas Said Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.51700/manajemen.v3i1.416

Kata Kunci:

Transformasi, Organisasi, Lembaga Pendidikan Islam, Persaingan Global

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang bagaimana mengetahui pentingnya transformasi lembaga Pendidikan Islam dalam menghadapi persaingan global,  transformasi IAIN Surakarta menjadi UIN Raden Mas Said Surkarta, dan peluang dan tantangan transformasi IAIN Surakarta menjadi UIN Raden Mas Said Surkarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research). Penulusuran kepustakaan dilakukan dengan melihat pada sumber-sumber yang tidak terbatas seperti artikel jurnal, buku, website, artikel prosiding dan lain-lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya pentingnya transformasi Lembaga Pendidikan Islam untuk menghadapi persaingan global transformasi lembaga pendidikan ini menjadi lebih penting karena dengan transformasi inilah lembaga pendidikan dapat berjalan lebih aktif. Lembaga pendidikan dapat juga menentukan pola dari proses pendidikan di setiap level organisasinya. Lembaga pendidikan juga dapat menawarkan program pendidikan yang bisa memenuhi kebutuhan masyarakat. Sebagai ciri ilmu keislaman yang kuat dan mentradisi oleh karena itu lembaga pendidikan Islam mempunyai peluang menjadi pusat keunggulan baru didalam dunia pendidikan yaitu di Indonesia. Pusat keunggulan baru yang dimaksud akan menjadi keniscayaan karena adanya model integrasi dan interkoneksitas didalam pengembangan ilmu, dan juga akan berdiri dengan tegak dimasa globalisasi ini. Transformasi IAIN Surakarta menjadi UIN Raden Mas Said Surkarta merupakan sejarah lembaga perguruan tinggi Islam di Indonesia yang selalu mengalami perkembangan. Transformasi IAIN menjadi UIN dari segala aspek mulai dari manajemen perencanaannya, fasilitas, sasaran, tenaga pengajar, keilmuan, serta metodologi sebagai  hasil yang diinginkan sesuai dengan penunjang. Peluang dan tantangan transformasi IAIN Surakarta menjadi UIN Raden Mas Said Surkarta yaitu alih status menjadi UIN Raden Mas Said Surakarta mempunyai peluang untuk membuka fakultas dan program studi baru berbasis ilmu umum sehingga akan menjadi cara untuk memikat daya tarik. Kekuatan (strength) yaitu letak geografis UIN Raden Mas Said Surakarta yang bertempat pada wilayah segitiga emas (Surakarta, Semarang, dan Yogyakarta) yang termasuk daerah strategis dalam mengembangkan kampus dan sosialisi kepada masyarakat. Kelemahan (weaknesses) kurangnya sarana dan prasarana untuk menunjang kegiatan akademik dan non akademik. Kemudian juga, kurangnya seimbangnya rasio perbandingan antara pendidik dengan mahasiswa. Selanjutnya dari segi Ancaman (threat) yaitu persaingan antar perguruan tinggi lain yang kebih maju dan berkembang, baik di lingkup Surakarta maupun Indonesia dan internasional.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdullah, A., Islamic Studies Di Perguruan Tinggi : Pendekatan Integratif Interkonektif. (Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2006).

Adnani, Kamila. Tren Pengembangan Program Magister Komunikasi Dan Penyiaran Islam Dalam Transformasi IAIN Menjadi UIN Surakarta. Jurnal Jurnal Dakwah dan Komunikasi,Vol. 4, No. 1, (2019)

Amiruddin . Dinamika Lembaga Pendidikan Tinggi Islam di Indonesia, Jurnal Miqot, Vol. XLI No. 1 (2017).

Fahman, Mundzar. Perubahan Organisasi Lembaga Pendidikan Islam dalam Menghadapi Persaingan Global. Jurnal At-Taufah: Jurnal Keislaman, Vol.7, No.1. (2018).

Fajriah, Nurul. Gambaran Sistem Pendidikan Islam Pada Masa Sahabat. Jurnal Serambi Ilmu, Volume 20, Nomor 1. (2019).

Iswati. Transformasi Pendidikan Agama Islam dalam Membangun Nilai Karakter Peserta Didik Yang Humanis Religius. Jurnal Pendidikan Islam Al I’tibar, Vol.3 No.1.(2017)

Muhammad, MM. Sharif, Psikologi Pendidikan Islam. (Bandung: Remaja Rosda Karya, 1990)

Nurgiyantoro, B., Penilaian Pembelajaran Bahasa. (Yogyakarta: BPFE, 2010)..

Poerwanto dkk. Basis Peningkatan Sumber Daya Manusia dalam Memperkuat Daya Saing. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Pranata Sosial, Vol. 2, No. 2, (September 2013).

Suryani, Firda Irma. Peluang Dan Tantangan Transformasi IAIN Surakarta menjadi UIN Raden Mas Said Surakarta. Jurnal Kajian Keislaman Multi-Perspektif. Vol.2, No. 1, (2022).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-01-30

Cara Mengutip

Nurudin, L., & Wira Murti, A. (2023). TRANSFORMASI ORGANISASI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN GLOBAL: Telaah Transformasi IAIN Surakarta Menjadi UIN Raden Mas Said Surakarta. Jurnal Manajemen & Budaya , 3(1), 14-23. https://doi.org/10.51700/manajemen.v3i1.416