STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENGELOLA KONFLIK DI MADRASAH ALIYAH NEGERI

Penulis

  • Rina Mariani Universitas Islam Negeri Mataram
  • M. Habib Husnial Pardi Universitas Islam Negeri Mataram

DOI:

https://doi.org/10.51700/manajemen.v3i2.449

Kata Kunci:

Strategi mengelola konflik, Kepala Madrasah

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) bagaimana perencanaan analisis konflik MAN 1 Mataram (2) bagaimana evaluasi pengelolaan konflik MAN 1 Mataram dan (3) bagaimana strategi penyelesaian konflik MAN 1 Mataram. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan Analysis Interactive Model yang terdiri dari koleksi data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data atau kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (!) perencanaan analisis konflik dan evaluasi pengeloaan konflik kepala MAN 1 Mataram dilakukan secara berkala setiap minggu, setiap bulan, setiap semester dan setiap tahun dengan melibatkan seluruh komponen madrasah (2) strategi penyelesaian konflik yang diterapkan kepala MAN 1 Mataram adalah menghindar, mengakomodasi, kompetisi, kompromi dan kolaborasi (3) MAN 1 Mataram merupakan madrasah dengan akreditasi A, kelengkapan data dan syarat dalam standar pendidikan nasional memenuhi dengan interval 98%-100% di masing-masing standar.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Rina Mariani, Universitas Islam Negeri Mataram

Prodi Manajemen Pendidikan Islam, Universitas Islam Negeri Mataram
Jln. Gajah Mada No. 100 Jempong Baru Kota Mataram, NTB, Indonesia (83116)

 

M. Habib Husnial Pardi, Universitas Islam Negeri Mataram

Universitas Islam Negeri Mataram
Jln. Gajah Mada No. 100 Jempong Baru Kota Mataram, NTB, Indonesia (83116)

Referensi

Ahmad Muslim, (2014). Manajemen Konflik Interpersonal di Sekolah”Jurnal Paedagogy, Vol. 1, No. 2,

Ayub, N., AlQurashi, S. M., Al-Yafi, W. A., & Jehn, K. (2017). Personality traits and conflict management styles in predicting job performance and conflict. International Journal of Conflict Management, 28(5), 671–694. https://doi.org/10.1108/IJCMA-12-2016-0105

Bashori, B., Komariah, N., Nurlailisna, N., Habibi, S., & Istikomah, I. (2022). Conflict Management of Islamic Education Institutions in Indonesia: A Literature Review. Jurnal Pendidikan Progresif, 12(2), 487–499. https://doi.org/10.23960/jpp.v12.i2.202208

Barki, H., & Hartwick, J. (2001). Interpersonal conflict and its management in information system development. MIS Quarterly, 25, 195-228

Borisoff, D. & Victor, D.A. (1998). Conflict Management: A Communication Skills Approach.Needham Heights: Allyn & Bacon, A Viacom Company.78-80.

Bloomflied, D. and Reilly, B. (1998). The changing nature of conflict and conflict management. Democracy and deeprooted conflict: option for negotiators. P.Harris, and B. Reilly.Eds. Stockholm: Institute for Democracy and Electoral Assistance (IDEA)

Conrad, C. (1991). Communication in conflict: Style strategy relationships. Communication Monographs, 58: 135-155

Ding, D. (1996). Exploring Chinese conflict management styles in joint ventures in the People’s Republic of China. Management Research News, Vol. 19, pp. 43-53

Farhan, L. P., & Hadisaputra, P. (2021). Conflict Management in Pesantren, Madrasah, and Islamic Colleges in Indonesia: A Literature Review: Manajemen Konflik di Pesantren, Madrasah, dan Perguruan Tinggi Islam di Indonesia: Kajian Literatur. Dialog, 44(1), 37–50. https://doi.org/10.47655/dialog.v44i1.445

Habib, M., & Pardi, H. (2021). IKLIM MADRASAH: MOTIVASI KERJA GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 MODEL MATARAM. Jurnal At Tadbir STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang NTB, 5. https://journal.staidk.ac.id/index.php/tadbir

Hasanah, Uswatun. (2020). Manajemen Konflik Dalam Meningkatkan Kualitas Kerja Pada Lembaga Pendidikan Islam. Al-Idarah/ : Jurnal Kependidikan Islam, 2015. 10(1), 1–11. Retrieved from http://103.88.229.8/index.php/idaroh/article/viewFile/6448/3603

Inju Yang, Ming Li, (2017). Can absent leadership be positive in team conflicts?: An examination of leaders’ avoidance behavior in China,” International Journal of Conflict Management, Vol. 28 Issue: 2,

John W. Creswell, (2010). Research design; Qualative, Quantitative and Mix Approaches (trj) (Yogyakarta: Pustaka Students

Lewin, Kurt (1997). “Resolving Social Conflict and Field Theory in Social Sciences.” Washingonton DC: American Psychological Association. p.71.

Mark H. Davis, Michael B. Schoenfeld, Elizabeth J. Flores, (2018). Predicting conflict acts using behavior and style measures,”International Journal of Conflict Management, Vol. 29 Issue: 1,

Mial Hugh, Ramsbothan Oliver, Woodhouse Tom, (1999).“Contemporary Conflict Resolution, The Prevention, management and transformation of deadly conflicts.” Polity Press, Publication U.K. p.152-153

Miles, Matthew B. at.al. (2014). Qualitative data analysis: a methods sourcebook. Third edition. (Thousand Oaks: Sage Publications), 31-33

Muhaimin, dkk. (2012). Manajemen Pendidikan (Aplikasi dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah), Jakarta: Kencana

Mulyasa, (2004). Menjadi Peneliti Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muslim, A. (2014). Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Mataram. In Jurnal Paedagogy (Vol. 1).

Nuryati, I. D. (2012). MANAJEMEN KONFLIK DI SDN CEMARA DUA NO.13 SURAKARTA. In Jurnal Manajemen Pendidikan (Vol. 7, Issue 2).

Parmer, L. (2018). Relationships between philosophical values and conflict management styles. International Journal of Conflict Management, 29(2), 236–252. https://doi.org/10.1108/IJCMA-11-2016-0091

Paraskevopoulos TA (2008) Conflicts among Teachers at School. Athens: Grigoriou Publications (in Greek)

Pruitt, Dean G; Rubin, Jeffrey Z; Helly P. Soetjipto; Sri Mulyantini Soetjipto; Mohammad Khatamie. (2004). Teori konflik sosial / Dean G. Pruitt, Jeffrey Z. Rubin ; penermah, Helly P. Soetjipto, Sri Mulyantini Soetjipto ; penyunting, Mohammad Khatamie. Yogyakarta: Pustaka Pelajar,

Rahim, M.A. and Magner, R.N. (1995). Confirmatory factor analysis of the styles of handling interpersonal conflict: first-order factor model and its invariance across groups. Journal of Applied Psychology, Vol. 80 No. 1, pp. 122-32

Sugiyono, (2013). Metode Penelitian Kuanittatifi, Kualitatif, R & D (Bandung: Alfabeta)

Shaukat, R., Yousaf, A., & Sanders, K. (2017). Examining the linkages between relationship conflict, performance and turnover intentions: Role of job burnout as a mediator. International Journal of Conflict Management, 28(1), 4–23. https://doi.org/10.1108/IJCMA-08-2015-0051

Stephen P. Robbins dan Timothy A. Judges, (2008). Perilaku Organisasi, Jakarta: Salemba Empat

Tourish D and Robson P (2006) Sensemaking and the distortion of critical upward communication in organisations. Journal of Management Studies 43(4): 711–730

Wahyudi. (2011). Manajemen Konflik dalam Organisasi, Bandung: Alfabeta

Wirawan. (2013). Konflik dan Manajemen Konflik (Konflik Perubahan dan Pengembangan), Bandung: Mandar Maju

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-07-28

Cara Mengutip

Mariani, R., & Husnial Pardi, M. H. (2023). STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENGELOLA KONFLIK DI MADRASAH ALIYAH NEGERI. Jurnal Manajemen & Budaya , 3(2), 20-31. https://doi.org/10.51700/manajemen.v3i2.449