KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN
DOI:
https://doi.org/10.51700/manajemen.v3i2.450Kata Kunci:
Kepemimpinan, PendididikanAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari lebih dalam tentang sifat-sifat yang harus dimiliki seorang pemimpin yang baik agar pemimpin dapat melakukan tugasnya secara efektif dan program pendidikan dapat berjalan dengan lancar. Penelitian ini menggunakan teknik studi literatur dengan menganalisis berbagai jurnal dan buku kepemimpinan. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa setelah ciri-ciri seorang pemimpin yang ideal telah diidentifikasi, mereka harus diadaptasi agar sesuai dengan model kepemimpinan yang dipilih. Hasil analisis berbagai literatur, peneliti setidaknya mendapat dua kesimpulan: 1) Kepemimpinan adalah seorang yang mempunyai kemampuan, kekuatan seni untuk mempengaruhi, memberikan aspirasi, dan mengarahkan perilaku seseorang atau organisasi di dalam kerjanya dengan cara kepatuhan, kepercayaan, kehormatan, dan kerja sama yang bersemangat dalam mencapai tujuan pendidikan bersama. 2) Agar dapat mencapai tujuan pendidikan secara optimal, efektif, dan efisien, maka dibutuhkan kepemimpinan kepala sekolah yang bertanggung jawab dan memahami tugas pokok serta fungsinya
Unduhan
Referensi
Akbar, N. (2017). Tipe Dan Gaya Kepemimpinan Pendidikan Dan Dakwah. Al-Hiwar : Jurnal Ilmu Dan Teknik Dakwah, 5(9), 9979–9985. https://doi.org/10.18592/al-hiwar.v5i9.1883
Badu, S. Q., & Djafri, N. (2013). Kepemimpinan & Perilaku Organisasi.
Burhanuddin, B. (2019). Kepemimpinan Pendidikan Islam. Jurnal Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 1(1), 9–13. https://doi.org/10.47435/al-qalam.v1i1.44
Bush, T. (2022). Reviewing fifty years of EMAL scholarship: Longitudinal perspectives on the journal and the field of educational leadership and management. Educational Management Administration and Leadership, 50(2), 187–191. https://doi.org/10.1177/17411432221077767
Connolly, M., James, C., & Fertig, M. (2019). The difference between educational management and educational leadership and the importance of educational responsibility. Educational Management Administration and Leadership, 47(4), 504–519. https://doi.org/10.1177/1741143217745880
Fachrurazi, F., Hayati, R., Karim, A., Siti Habsari, P., Marzuki, M., & Hasratuddin, H. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Teori Newman dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 1(3), 212–220. https://doi.org/10.51574/judikdas.v1i3.484
Hayati, R., Armanto, D., & Zuraini, Z. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Multimedia Interaktif. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 1549–1558. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6534
Hayati, R., Fachrurazi, F., Karim, A., & Marzuki, M. (2022). PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Absis, 5(1), 621–629. https://doi.org/https://doi.org/10.30606/absis.v5i1.1558
Hayati, R., Marzuki, M., Fachrurazi, F., Karim, A., Dewi, R., & Siti Habsari, P. (2023). Penerapan filsafat pendidikan oleh tenaga pendidik di sekolah dasar. 10(1), 35–48. https://doi.org/https://doi.org/10.37598/pjpp.v10i1,%20April.1702
Jannah, A. M., Arni, I. H., Fatwa, B., Hanifah, H., & Akhmad, F. (2021). Karakteristik Kepemimpinan dalam Pendidikan di Indonesia. Alsys, 1(1), 138–150. https://doi.org/10.58578/alsys.v1i1.30
Marzali, A.-. (2017). Menulis Kajian Literatur. ETNOSIA : Jurnal Etnografi Indonesia, 1(2), 27. https://doi.org/10.31947/etnosia.v1i2.1613
Minsih, M., Rusnilawati, R., & Mujahid, I. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Membangun Sekolah Berkualitas Di Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 29–40. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.8467
Pratomo, H. W. (2022). Educational Leadership: Islamic Religious, Philosophy, Psychology, and Sociology Perspectives. International Journal of Social Science and Human Research, 05(05), 1765–1770. https://doi.org/10.47191/ijsshr/v5-i5-26
Rehman, A., Khan, M., & Waheed, Z. (2019). School Heads’ Perceptions About Their Leadership Styles. Journal of Education and Educational Development, 6(1), 138–153. https://doi.org/10.22555/joeed.v6i1.2288
Seni, O. S. (2021). Kepemimpinan Pendidikan Di Sekolah. Atma Reksa : Jurnal Pastoral Dan Kateketik, 5(2), 25. https://doi.org/10.53949/ar.v5i2.119
Sinaga, R. S., Turnip, H., Parded, R., & Hutagalung, T. L. (2022). Peranan dan Fungsi Kepemimpinan dalam Pendidikan yang Efektif dan Unggul. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 1, 154–163.
Supriyana, A., Rubini, B., & Suharyati, H. (2022). Peningkatan Inovasi Guru Melalui Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Motivasi Berprestasi. Jurnal Manajemen …, 10(02), 106–111. https://journal.unpak.ac.id/index.php/jmp
Syafar, D. (2017). Teori Kepemimpinan Dalam Lembaga Pendidikan Islam. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 147–155. http://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/524
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Rahmi Hayati, Dian Armanto, Yessi Kartika

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.

