KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN

Penulis

  • Rahmi Hayati Universitas Almuslim Aceh
  • Dian Armanto Universitas Negeri Medan
  • Yessi Kartika Universitas Almuslim Aceh

DOI:

https://doi.org/10.51700/manajemen.v3i2.450

Kata Kunci:

Kepemimpinan, Pendididikan

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari lebih dalam tentang sifat-sifat yang harus dimiliki seorang pemimpin yang baik agar pemimpin dapat melakukan tugasnya secara efektif dan program pendidikan dapat berjalan dengan lancar. Penelitian ini menggunakan teknik studi literatur dengan menganalisis berbagai jurnal dan buku kepemimpinan. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa setelah ciri-ciri seorang pemimpin yang ideal telah diidentifikasi, mereka harus diadaptasi agar sesuai dengan model kepemimpinan yang dipilih. Hasil analisis berbagai literatur, peneliti setidaknya mendapat dua kesimpulan: 1) Kepemimpinan adalah seorang yang mempunyai kemampuan, kekuatan seni untuk mempengaruhi, memberikan aspirasi, dan mengarahkan perilaku seseorang atau organisasi di dalam kerjanya dengan cara kepatuhan, kepercayaan, kehormatan, dan kerja sama yang bersemangat dalam mencapai tujuan pendidikan bersama. 2) Agar dapat mencapai tujuan pendidikan secara optimal, efektif, dan efisien, maka dibutuhkan kepemimpinan kepala sekolah yang bertanggung jawab dan memahami tugas pokok serta fungsinya

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Akbar, N. (2017). Tipe Dan Gaya Kepemimpinan Pendidikan Dan Dakwah. Al-Hiwar : Jurnal Ilmu Dan Teknik Dakwah, 5(9), 9979–9985. https://doi.org/10.18592/al-hiwar.v5i9.1883

Badu, S. Q., & Djafri, N. (2013). Kepemimpinan & Perilaku Organisasi.

Burhanuddin, B. (2019). Kepemimpinan Pendidikan Islam. Jurnal Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 1(1), 9–13. https://doi.org/10.47435/al-qalam.v1i1.44

Bush, T. (2022). Reviewing fifty years of EMAL scholarship: Longitudinal perspectives on the journal and the field of educational leadership and management. Educational Management Administration and Leadership, 50(2), 187–191. https://doi.org/10.1177/17411432221077767

Connolly, M., James, C., & Fertig, M. (2019). The difference between educational management and educational leadership and the importance of educational responsibility. Educational Management Administration and Leadership, 47(4), 504–519. https://doi.org/10.1177/1741143217745880

Fachrurazi, F., Hayati, R., Karim, A., Siti Habsari, P., Marzuki, M., & Hasratuddin, H. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Teori Newman dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 1(3), 212–220. https://doi.org/10.51574/judikdas.v1i3.484

Hayati, R., Armanto, D., & Zuraini, Z. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Multimedia Interaktif. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 1549–1558. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6534

Hayati, R., Fachrurazi, F., Karim, A., & Marzuki, M. (2022). PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Absis, 5(1), 621–629. https://doi.org/https://doi.org/10.30606/absis.v5i1.1558

Hayati, R., Marzuki, M., Fachrurazi, F., Karim, A., Dewi, R., & Siti Habsari, P. (2023). Penerapan filsafat pendidikan oleh tenaga pendidik di sekolah dasar. 10(1), 35–48. https://doi.org/https://doi.org/10.37598/pjpp.v10i1,%20April.1702

Jannah, A. M., Arni, I. H., Fatwa, B., Hanifah, H., & Akhmad, F. (2021). Karakteristik Kepemimpinan dalam Pendidikan di Indonesia. Alsys, 1(1), 138–150. https://doi.org/10.58578/alsys.v1i1.30

Marzali, A.-. (2017). Menulis Kajian Literatur. ETNOSIA : Jurnal Etnografi Indonesia, 1(2), 27. https://doi.org/10.31947/etnosia.v1i2.1613

Minsih, M., Rusnilawati, R., & Mujahid, I. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Membangun Sekolah Berkualitas Di Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 29–40. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.8467

Pratomo, H. W. (2022). Educational Leadership: Islamic Religious, Philosophy, Psychology, and Sociology Perspectives. International Journal of Social Science and Human Research, 05(05), 1765–1770. https://doi.org/10.47191/ijsshr/v5-i5-26

Rehman, A., Khan, M., & Waheed, Z. (2019). School Heads’ Perceptions About Their Leadership Styles. Journal of Education and Educational Development, 6(1), 138–153. https://doi.org/10.22555/joeed.v6i1.2288

Seni, O. S. (2021). Kepemimpinan Pendidikan Di Sekolah. Atma Reksa : Jurnal Pastoral Dan Kateketik, 5(2), 25. https://doi.org/10.53949/ar.v5i2.119

Sinaga, R. S., Turnip, H., Parded, R., & Hutagalung, T. L. (2022). Peranan dan Fungsi Kepemimpinan dalam Pendidikan yang Efektif dan Unggul. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 1, 154–163.

Supriyana, A., Rubini, B., & Suharyati, H. (2022). Peningkatan Inovasi Guru Melalui Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dan Motivasi Berprestasi. Jurnal Manajemen …, 10(02), 106–111. https://journal.unpak.ac.id/index.php/jmp

Syafar, D. (2017). Teori Kepemimpinan Dalam Lembaga Pendidikan Islam. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 147–155. http://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/524

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-07-28

Cara Mengutip

Hayati, R., Armanto, D., & Kartika, Y. (2023). KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN. Jurnal Manajemen & Budaya , 3(2), 32-43. https://doi.org/10.51700/manajemen.v3i2.450