Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Semangat Kerja Guru
Isi Artikel Utama
Abstrak
Kenyamanan lingkungan Kerja merupakan bagian terpenting bagi Guru, karena bersih dan nyamannya lingkungan kerja akan meningkatkan semangat kerja mereka. Semangat kerja inilah yang sangat diperlukan oleh sekolah, sehingga tujuan sekolah bisa tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Semangat Kerja Guru pada SMPI Baussalam Lombok Utara. Jenis penelitian digunkan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada semua tenaga pendidik dan tenaga kependidikan melalui penyebaran kuesioner. Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan dari variabel lingkungan kerja terhadap semangat kerja guru pada SMPI Babussalam Lombok Utara. Metode yang digunakan untuk memperoleh data dalam penelitian ini adalah metode angket sebagai metode pokok dan dokumentasi sebagai metode penunjang. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis statistik dengan rumus product moment. Hasil analisis data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah 0,746 sedangkan t tabel sebesar 0,514 yang menunjukkan (0,746>0,514) pada taraf signifikansi 5%. Jadi (Ha) hipotesis alternatif diterima dan (Ho) hipotesis nol ditolak. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah: Ada pengaruh lingkungan kerja terhadap semangat kerja guru pada SMPI Babussalam Lombok Utara adalah Signifikan.
Unduhan
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Arikunto, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Daimy, Monier, Llovio. (2023). Teacher performance: a perception from the theory. Universidad, ciencia y tecnología, doi: 10.47460/uct.v27i118.689.
Framz, Hardiansyah. (2022). The Implementation of School-Based Management in Improving Quality of Education in Primary School. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, doi: 10.24246/j.jk.2022.v9.i2.p148-162.
Irina, Yurievna. (2021). Transformation of university teachers’ working and employment conditions in the period of distance learning: socio-psychological aspects and risk assessment. doi: 10.20952/REVTEE.V14I33.16165
Justiawal, Muh. (2023). Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Semangat Kerja Pegawai Pada Kelurahan Atakkae Kecamatan Tempe, Kabupaten Wajo. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, doi: 10.59050/jian.v20i1.204
Madjidu, A., Usu, I., & Yakup, Y. (2022). Analisis Lingkungan Kerja, Budaya Organisasi Dan Semangat Kerja Dan Pengaruhnya Terhadap Produktivitas Kerja Pegawai. Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah), 5(1), 444-462.
Mardiana, (2005). Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Semangat Kerja. UNIVERSITAS MEDAN AREA: repositori.uma.ac.
Mochamad, Saefullah., Basrowi. (2022). Dampak lingkungan kerja fisik terhadap kinerja dan kepuasan karyawan bagian produksi. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, doi: 10.46306/jbbe.v15i2.183
Muntasir, Sofwan. (2023). Pengaruh Lingkungan Kerja, Kompensasi, dan Kompetensi terhadap Kinerja Guru di Sekolah Islam Terpadu Ash-Shiddiiqi Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, doi: 10.33087/dikdaya.v13i1.431
Pratama, A. A. N., & Wardani, A. (2017). Pengaruh Kemampuan Kerja dan Semangat Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Kepuasan Kerja (Studi Kasus Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Kendal). Jurnal Muqtasid, 8(2).
Qiuheng, Jennifer, Zhang. (2023). Effects of the attributes of school management teams on the management of quality education: towards school effectiveness. doi: 10.17576/ebangi.2023.2002.18
Ratnasari, S. L., & Sutjahjo, G. (2017). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Dan Lingkungan Kerja Terhadap Semangat Kerja Tenaga Kependidikan. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 1(2), 99-112.
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung:
ALFABETA
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan tujuan pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar. Jakarta.
Sukardi. (2016). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara