Manajemen Pendidikan Islam: Membangun Generasi Rabbani di Era Digital

Penulis

  • Lesnawati Lesnawati STAI Sumbawa
  • Muammar Khadafie Universitas Teknologi Sumbawa

DOI:

https://doi.org/10.51700/manajemen.v5i2.716

Kata Kunci:

Generasi rabbani, Era digital , Manajemen Pendidikan Islam

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan mendeskripsikan manajemen pendidikan Islam di SDIT Samawa Qur'ani, dengan fokus pada upaya membangun generasi Rabbani di era digital. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam dengan guru, staf, siswa, dan orang tua siswa, observasi partisipan di kelas dan kegiatan keagamaan, serta studi dokumen yang berkaitan dengan kurikulum, program pembelajaran, dan laporan kegiatan SDIT Samawa Qur'ani. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SDIT Samawa Qur'ani menerapkan manajemen pendidikan Islam yang komprehensif, dengan fokus pada penanaman nilai-nilai keislaman dan pengembangan karakter siswa. Upaya membangun generasi Rabbani di era digital dilakukan melalui berbagai program dan kegiatan, seperti integrasi teknologi dalam pembelajaran, pengembangan karakter berbasis nilai Islam, dan pendampingan spiritual siswa. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam memahami dan meningkatkan efektivitas manajemen pendidikan Islam di SDIT Samawa Qur'ani, dengan fokus pada upaya membangun generasi Rabbani di era digital.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Alifuddin, M. S. (2024). TA: Perancangan Buku Ilustrasi tentang Ilmuwan Muslim untuk Usia 13 - 15 Tahun di MTS Negeri Sidoarjo [Undergraduate, Universitas Dinamika]. https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/7577/

Asari, & Muhlisin. (2024). Implementasi Kebijakan Desa dalam Peningkatan Akhlaq Mahasiswa Melalui Program Keagamaan. Cerutu: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Islam, 1(2), Artikel 2. https://doi.org/10.5281/a0gd8v07

Efendi, N., & Sholeh, M. I. (2023). Dinamika Sosial Dalam Proses Pengambilan Keputusan dalam Manajemen Pendidikan Islam. Attanwir : Jurnal Keislaman Dan Pendidikan, 14(2), Article 2. https://doi.org/10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v14i2.421

Faizin, F., Helandri, J., & Supriadi, S. (2024). IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM KONTEKS MODERN: TINJAUAN TERHADAP PRAKTIK DAN TANTANGAN. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.52166/talim.v7i1.5742

FITHRIYYAH, I. (2023). IMPLEMENTASI METODE TAZKIYATUN NAFS IMAM AL-GHAZALI PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI KECERDASAN SPIRITUAL SISWA MAN 1 KOTA BENGKULU [Undergraduate, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu]. http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/277/

Ginting, B., & Hutauruk, T. (2023). Revitalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Kristiani dalam Gereja pada Era Society 5.0. MAGNUM OPUS: Jurnal Teologi dan Kepemimpinan Kristen, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.52220/magnum.v5i1.209

Gusli, R. A., M, I., Akhyar, M., & Lestari, K. M. (2024). Inovasi Kurikulum Pendidikan islam Era 4.0 di MTsN 1 Pariaman. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.32832/itjmie.v5i2.16401

Hamid, A., & Muadin, A. (2024). Manajemen Perubahan Lembaga Pendidikan Pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Balikpapan. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 10(1), Article 1. https://doi.org/10.19109/17z00197

Hanifa, F., & Ramadhan, G. (2023). Peran Orang Tua dalam Membangun Kesiapan Sekolah Anak Usia Dini. TIFLUN : JURNAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, 1(1), Article 1. https://jurnal.naskahaceh.co.id/index.php/tiflun/article/view/79

Iqbal, M., Junaidi, J., Harahap, N. I. Y., Syafiti, A., & Devi, I. (2024). Manajemen Kebijakan Pembiayaan Pendidikan dan Peningkatan Mutu Pendidikan Islam. JM-TBI: Jurnal Manajemen dan Tarbiyatul Islam, 1–20. https://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/jm-tbi/article/view/6331

Istiqomah, N., Lisdawati, L., & Adiyono, A. (2023). Reinterpretasi Metode Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam: Optimalisasi Implementasi dalam Kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah. IQRO: Journal of Islamic Education, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.24256/iqro.v6i1.4084

Juariah, S. (2023). Paradigma Pendidikan Islam dan Pengembangan Sumber Daya Insani dalam Membentuk Etika dan Karakter dalam Masyarakat Islam. Kaipi: Kumpulan Artikel Ilmiah Pendidikan Islam, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.62070/kaipi.v1i2.48

Khadafie, M., Nashuddin, & Sobry, M. (2022). Pembangunan Pembelajaran Islam Berbasis Moral Bagi Siswa SMA Islam Terpadu di Kabupaten Sumbawa. Jurnal Ilmu Multidisiplin, 1(3), Artikel 3. https://doi.org/10.58330/prevenire.v1i3.82

Lestari, D. I., & Kurnia, H. (2023). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI ERA DIGITAL. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 4(3), Article 3. https://doi.org/10.32832/jpg.v4i3.14252

Maslahah, S., & Dirgayunita, A. (2024). PERAN ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI KEGIATAN BERMAIN GADGET PADA ANAK USIA DINI DUSUN LOROKAN RT 012 RW 004 DESA BOTO KECAMATAN LUMBANG KABUPATEN PROBOLINGGO. Al-ATHFAL: Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.46773/alathfal.v5i1.990

Minarti, S. (2022). Ilmu Pendidikan Islam: Fakta Teoretis-Filosofis dan Aplikatif-Normatif. Amzah.

Mukhlis, M., Rasyidi, A., & Husna, H. (2024). Tujuan Pendidikan Islam: Dunia, Akhirat dan Pembentukan Karakter Muslim dalam Membentuk Individu yang Berakhlak dan Berkontribusi Positif. AL GHAZALI: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 1–20. https://doi.org/10.69900/ag.v4i1.189

Muktamar, A., Yani, M., Lipu, A., Syawal, A. M., & Sajidah. (2023). Tantangan pelaksanaan asesmen dalam Kurikulum Merdeka. Cerutu: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Islam, 1(1), Artikel 1. https://doi.org/10.5281/92kmbj90

Murtafiah, N. H. (2023). MANAJEMAN TATALAKSANA LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN PENDIDIKAN. At-Tajdid : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.24127/att.v7i2.2996

R. A. R. I., Rukanda, N., Purnami, R. S., S., S., S., As'ari, R., R., Rosita, L., Gandasari, A., Rohmalina, R., Zahro, I.F., Fitrianna, A.Y., Permana, A., Yana, F.A., Mulyana, D., Mulyana, F.R., Rubiana, I., Herliana, M. N., Rosyadi, A., Pratiwi, I., I., ... Darmawan, C. (2024). Menjadi Pendidik Ideal Abad 21. Bayfa Cendekia Indonesia.

Ningsih, I. W., Ulfah, U., Mayasari, A., & Arifudin, O. (2024). MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Tahsinia, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.57171/jt.v5i1.203

Rahma, F., Zain, A., Mustain, Z., & Rokim, R. (2024). Penguatan Nilai-Nilai Spiritual dan Moralitas di Era Digital melalui Pendidikan Agama Islam. JEMARI (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 6(2), 94–103. https://journal.unuha.ac.id/index.php/jemari/article/view/3568

Romlah, S., & Rusdi, R. (2023). PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEBAGAI PILAR PEMBENTUKAN MORAL DAN ETIKA. Al-Ibrah : Jurnal Pendidikan dan Keilmuan Islam, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.61815/alibrah.v8i1.249

Salam, A. (2024). IMPLEMENTASI KURIKULUM BERBASIS KARAKTER DALAM PENDIDIKAN ISLAM: STUDI KASUS DI MADRASAH ALIYAH HIDAYATUL MUBTADIIN. UNISAN JURNAL, 3(3), Article 3. https://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal/article/view/2462

Sholeh, M. I., & Efendi, N. (2023). INTEGRASI TEKNOLOGI DALAM MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM: MENINGKATKAN KINERJA GURU DI ERA DIGITAL. Jurnal Tinta: Jurnal Ilmu Keguruan Dan Pendidikan, 5(2), 104–126. https://ejournal.alqolam.ac.id/index.php/jurnaltinta/article/view/1049

Sucahyo, P. E. (2023). Meningkatan Prestasi Dan Partisipasi Belajar Bahasa Inggris Terhadap Siswa Kelas IX.2 SMP Negeri 1 Lingga Utara Melalui Metode Teams Accelerated Instructions. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 5239–5254. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14369

Sukmawati, A. (2024). PEMANFAATAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI PEMBELAJARAN AL QURAN. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan, 24(01), Article 01. https://doi.org/10.21274/dinamika.2024.24.01.53-72

Wibowo, FIS (2024). Meningkatkan minat siswa dalam mempelajari Hadis Al-Qur'an dengan Strategy Index Card Match. Cerutu: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Islam, 1(2), Artikel 2. https://doi.org/10.5281/jdn3dk91

Yafi, S., Rahman, I., Ikhsan, R., Afnibar, & Ulfatmi. (2023). Motivasi Belajar dari Perspektif Al-Qur'an. Cerutu: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Islam, 1(1), Artikel 1. https://doi.org/10.5281/1eb1e298

Yusuf, M., & Sodik, M. (2023). Penggunaan Teknologi Internet of Things (IoT) dalam Pengelolaan Fasilitas dan Infrastruktur Lembaga Pendidikan Islam. PROPHETIK: Jurnal Kajian Keislaman, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.26533/prophetik.v1i2.3233

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-06-20

Cara Mengutip

Lesnawati, L., & Khadafie, M. (2025). Manajemen Pendidikan Islam: Membangun Generasi Rabbani di Era Digital. Jurnal Manajemen & Budaya , 5(2), 102-114. https://doi.org/10.51700/manajemen.v5i2.716