Strategi Pembelajaran Perguruan Tinggi di Era Artificial Intelligence (AI)
Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran deskriptif kuantitatif kecakapan dosen-dosen PTKI di Indonesia serta merumuskan strategi dalam menghadapi invasi Artificial Intelligence (AI) di perguruan tinggi. Berdasar jenis datanya, penelitian ini merupakan penelitian campuran (Mixed Method Research). Adapun framework penelitian yang dipilih adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, Online Focus Group Discussion (OFGD), observasi, dan dokumentasi. Peneliti mengumpulkan data komprehensif dari objek penelitian tentang invasi AI dalam pembelajaran di perguruan tinggi. Dari objek tersebut, dilakukan eksplorasi secara kualitatif dengan melibatkan informan-informan yang merupakan praktisi dan pakar berkaitan dengan objek penelitian. Dari hasil analisa data, didapatkan bahwa mayoritas dosen memiliki tingkat kecakapan dan kesiapan dalam menghadapi invasi AI dalam skala 3 dari skala 1 sampai 5. Lebih lanjut, didapatkan kesimpulan dari uji komparasi bahwa dosen di atas 42 tahun memiliki tingkat kecakapan dan kesiapan yang lebih rendah daripada generasi setelahnya secara signifikan. Adapun dari analisa kualitatif, didapatkan kesimpulan bahwa AI dapat meningkatkan kualitas dan efisiensi sistem pembelajaran jika AI diposisikan sebagai alat. Jika adaptasi terhadap era AI tidak dilakukan, maka AI justru akan menjadi disrupsi baru dalam pembelajaran di perguruan tinggi
Unduhan
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Win Afgani, M. (2023). Metode Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(1), 1–10.
Chassignol, M., Khoroshavin, A., Klimova, A., & Bilyatdinova, A. (2018). Artificial Intelligence trends in education: a narrative overview. Procedia Computer Science, 136, 16–24.
Chaudhari, S., More, P., Bhadak, S., Chaudhari, S., & Gawali, T. (2021). AI-Based Assessment for Teaching and Learning Enhancement. International Journal of Advanced Research in Science, Communication and Technology.
Cnbcindonesia.com. (2021). Infrastruktur Belum Rata, Gimana Nasib Ekonomi Digital RI? cnbcindonesia.com
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications.
Effendi12, A. C., & Satwiko, P. (2021). PERAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM TAHAP PERENCANAAN DAN PERANCANGAN DESAIN ARSITEKTUR.
Gozalo-Brizuela, R., & Garrido-Merchán, E. C. (2023). ChatGPT is not all you need. A State of the Art Review of large Generative AI models. ArXiv, abs/2301.0.
Kampusmerdeka.kemendikbud.go.id. (2022). Artificial Intelligence Mastery Program. kampusmerdeka.kemendikbud.go.id
Katadata.co.id. (2023). Status Literasi Digital Indonesia. katadata.co.id
Manongga, D., Rahardja, U., Sembiring, I., Lutfiani, N., & Yadila, A. B. (2022). Dampak Kecerdasan Buatan Bagi Pendidikan. ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, 3(2), 41–55.
Merdeka.com. (2022). 60 Persen Guru Di Indonesia Terbatas Menguasai Teknologi Informasi. Merdeka.com
Nemorin, S., Vlachidis, A., Ayerakwa, H. M., & Andriotis, P. (2023). AI hyped? A horizon scan of discourse on artificial intelligence in education (AIED) and development. Learning, Media and Technology, 48, 38–51.
Păvăloaia, V. D., & Necula, S.-C. (2023). Artificial Intelligence as a Disruptive Technology—A Systematic Literature Review. Electronics.
Roy, M. (2020). AI Intervention in Education Systems of India: An Analysis. Solid State Technology, 1395–1402.
Savitri, A. (2019). Bonus Demografi 2030: menjawab tantangan serta peluang edukasi 4.0 dan revolusi bisnis 4.0. Penerbit Genesis.
Scholae.co. (2018). Dosen “Tua” Dinilai Sulit Beradaptasi Dengan Teknologi, Ini Penjelasannya. scholae.co
Seo, K., Fels, S. S., Yoon, D., Roll, I., Dodson, S., & Fong, M. (2020). Artificial Intelligence for Video-based Learning at Scale. Proceedings of the Seventh ACM Conference on Learning @ Scale.
Shandilya, E., & Fan, M. (2022). Understanding Older Adults’ Perceptions and Challenges in Using AI-enabled Everyday Technologies. ArXiv, abs/2210.0.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.
Supriadi, S. R. R. P., Haedi, S. U., & Chusni, M. M. (2022). Inovasi pembelajaran berbasis teknologi Artificial Intelligence dalam Pendidikan di era industry 4.0 dan society 5.0. Jurnal Penelitian Sains Dan Pendidikan (JPSP), 2(2), 192–198.
Zanetti, M., Iseppi, G., & Cassese, F. P. (2019). A “psychopathic” Artificial Intelligence: the possible risks of a deviating AI in Education. Research on Education and Media, 11, 93–99.
Zhai, X., Chu, X., Chai, C. S., Jong, M. S. Y., Istenivc, A., Spector, M., Liu, J., Yuan, J., & Li, Y. (2021). A Review of Artificial Intelligence (AI) in Education from 2010 to 2020. Complex., 2021, 8812542:1-8812542:18.
Zumarsyah, P. A. (2021). Sejarah Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI). Warstek.Com.