Isi Artikel Utama

Najib Mubarok
Eri Susanti
Elva Lestari

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran deskriptif kuantitatif kecakapan dosen-dosen PTKI di Indonesia serta merumuskan strategi dalam menghadapi invasi Artificial Intelligence (AI) di perguruan tinggi. Berdasar jenis datanya, penelitian ini merupakan penelitian campuran (Mixed Method Research). Adapun framework penelitian yang dipilih adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, Online Focus Group Discussion (OFGD), observasi, dan dokumentasi. Peneliti mengumpulkan data komprehensif dari objek penelitian tentang invasi AI dalam pembelajaran di perguruan tinggi. Dari objek tersebut, dilakukan eksplorasi secara kualitatif dengan melibatkan informan-informan yang merupakan praktisi dan pakar berkaitan dengan objek penelitian. Dari hasil analisa data, didapatkan bahwa mayoritas dosen memiliki tingkat kecakapan dan kesiapan dalam menghadapi invasi AI dalam skala 3 dari skala 1 sampai 5. Lebih lanjut, didapatkan kesimpulan dari uji komparasi bahwa dosen di atas 42 tahun memiliki tingkat kecakapan dan kesiapan yang lebih rendah daripada generasi setelahnya secara signifikan. Adapun dari analisa kualitatif, didapatkan kesimpulan bahwa AI dapat meningkatkan kualitas dan efisiensi sistem pembelajaran jika AI diposisikan sebagai alat. Jika adaptasi terhadap era AI tidak dilakukan, maka AI justru akan menjadi disrupsi baru dalam pembelajaran di perguruan tinggi

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Mubarok, N., Susanti, E., & Lestari, E. (2024). Strategi Pembelajaran Perguruan Tinggi di Era Artificial Intelligence (AI). Jurnal Manajemen Dan Budaya, 4(2). https://doi.org/10.51700/manajemen.v4i2.720
Bagian
Articles