Strategi Manajemen Konflik dalam Membangun Lingkungan Pendidikan Yang Harmonis

Penulis

  • Dayu Ahmat Universitas Serambi Mekkah
  • Hambali Hambali Universitas Serambi Mekkah
  • Faisal Anwar Universitas Serambi Mekkah

DOI:

https://doi.org/10.51700/manajemen.v5i1.767

Kata Kunci:

Strategi, Manajemen Konflik

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi manajemen konflik dalam membangun lingkungan sekolah yang harmonis di SD Negeri 52 Banda Aceh. Subjek penelitian terdiri dari seluruh guru dan siswa yang terlibat dalam perilaku konflik antar siswa pada tahun ajaran 2023/2024, dengan sampel yang diambil dari satu guru kelas. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru di SD Negeri 52 Banda Aceh sangat efektif dalam pencegahan dan penanganan konflik antar siswa. Proses penelitian dimulai dengan observasi dan diskusi dengan guru kelas mengenai metode yang akan digunakan, dilanjutkan dengan pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi pada tanggal 12 Oktober 2024. Guru menerapkan berbagai strategi, seperti mengajarkan nilai-nilai positif, menerapkan aturan kelas yang ketat, dan menjalankan program anti-konflik. Respons proaktif guru dalam menangani kasus konflik termasuk intervensi langsung, pemberian konseling, dan melibatkan orang tua. Meskipun upaya ini menghasilkan dampak positif bagi siswa, tantangan seperti kurangnya pelatihan khusus, keterbatasan waktu, dan kurangnya dukungan dari orang tua menghambat efektivitas manajemen konflik. Jenis konflik yang teridentifikasi antara siswa meliputi konflik verbal, psikologis, dan kontak fisik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Fatimah, R., et al. (2023). Perilaku agresif pada anak dan dampaknya terhadap perkembangan sosial mereka. Jurnal Psikologi Pendidikan, 12(2), 145-160.

Hambali, H. (2022). Manajemen pendidikan: Pengantar untuk memahami konsep dan implementasi. Yogyakarta: Penerbit Media Press.

Hambali, M. (2022). Pengembangan Pendidikan yang Berkualitas: Konsep dan Praktik. Jakarta: Penerbit Edukasi.

Hanika, A., et al. (2021). Dampak kekerasan verbal terhadap kesehatan mental siswa di lingkungan sekolah. Jurnal Kesehatan Mental, 5(1), 78-89.

Kim, H., Sefcik, J. S., & Bradway, C. (2016). Characteristics of Qualitative Descriptive Studies: A Systematic Review. Research in Nursing & Health, 39(5), 310-321. DOI: 10.1002/nur.21768.

Maftuh, M., & Sapriya, S. (2021). Konflik dalam interaksi siswa dan guru di sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan, 15(1), 34-41.

Maftuh, A., & Sapriya, S. (2021). Konflik dalam Lingkungan Sekolah: Sumber dan Penyelesaian. Jurnal Pendidikan dan Sosial, 10(1), 34-40.

Maritim, A. (2023). Peran keluarga, sekolah, dan masyarakat dalam mencegah konflik anak. Jurnal Pendidikan Anak, 10(1), 23-34.

Moleong, L. J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2005). Manajemen berbasis sekolah: Konsep, kebijakan, dan implementasi. Bandung: Rosda Karya.

Nilda, H., Hifza, H., & Ubabuddin, U. (2021). Pendidikan sebagai kebutuhan pokok manusia: Proses pembelajaran dan pengembangan potensi diri. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 8(2), 14-22.

Nilda, A., Hifza, U., & Ubabuddin, M. (2021). Pendidikan dan Pengembangan Potensi Diri. Jurnal Pendidikan, 14(1), 14-22.

Nurussama, R. (2019). Komunikasi efektif dalam manajemen sekolah dan dampaknya terhadap siswa. Jurnal Administrasi Pendidikan, 15(3), 99-112.

Puspitasari, A. (2023). Dampak Bullying Terhadap Kesejahteraan Siswa di Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Psikologi, 5(2), 123-135.Rizal, F. (2021). Studi kasus konflik fisik di lingkungan sekolah dan penanganannya. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(4), 54-70.

Sam, S., & Tuti, T. (2007). Kinerja guru dalam proses pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 53-54.

Siregar, H. S. "The Impact of Conflict on Education in Aceh: A Case Study." Journal of Southeast Asian Education, vol. 3, no. 1, 2020, pp. 21-36.

Umar, U. (1998). Standar mutu pendidikan: Konsep dan penerapan. Jakarta: Rineka Cipta.

Winardi, W. (1994). Manajemen konflik: Teori dan aplikasi dalam pendidikan. Jakarta: Gramedia.

Wirawan, H. (2004). Strategi penyelesaian konflik: Pendekatan dalam konteks pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Pelangi.

Yundayani, Y., Supriyadi, S., & Dewi, S. (2019). Pemanfaatan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa dalam Mendesain Media Pembelajaran. Jurnal Teknologi dan Pendidikan, 14(2), 155-162.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-01-28

Cara Mengutip

Ahmat, D., Hambali, H., & Anwar, F. (2025). Strategi Manajemen Konflik dalam Membangun Lingkungan Pendidikan Yang Harmonis. Jurnal Manajemen & Budaya , 5(1), 69-76. https://doi.org/10.51700/manajemen.v5i1.767