Penerapan Total Quality Management Dalam Peningkatan Mutu Satuan Pendidikan

Penulis

  • Eva Zulfa Institut agama Islam (IAI) Nurul Hakim Lombok Barat
  • Halimatuzzahrah Halimatuzzahrah Institut agama Islam (IAI) Nurul Hakim Lombok Barat

DOI:

https://doi.org/10.51700/manajemen.v5i1.915

Kata Kunci:

Total Quality Management, Mutu Pendidikan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan manajemen berbasis mutu dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hikmah Lantan. Fokus utama penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi, mengkaji potensi penerapan manajemen berbasis mutu, serta memberikan rekomendasi strategis guna meningkatkan pengelolaan pendidikan yang berbasis mutu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan manajemen berbasis mutu di madrasah ini masih terbatas, terutama dalam aspek pengambilan keputusan yang belum berbasis data, koordinasi yang lemah antara kepala madrasah dan pendidik, serta evaluasi yang lebih bersifat formalitas tanpa tindak lanjut yang konkret. Kendala yang dihadapi meliputi keterbatasan sumber daya manusia yang terlatih, fasilitas yang tidak memadai, serta rendahnya keterlibatan pemangku kepentingan seperti orang tua siswa dan masyarakat dalam mendukung kebijakan pendidikan. Meskipun demikian, penelitian ini juga mengidentifikasi potensi besar dalam penerapan manajemen berbasis mutu, antara lain melalui peningkatan kapasitas sumber daya manusia melalui pelatihan, pemanfaatan teknologi untuk pengelolaan data dan evaluasi, serta penguatan koordinasi dan komunikasi antar pemangku kepentingan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Adillah, Z. (2019). Tqm Dalam Pendidikan. Jurnal Program Studi PGMI, 5(September 2018).

ANWAR, S. (2020). IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DALAM BISNIS PENDIDIKAN. EDUKA : Jurnal Pendidikan, Hukum, Dan Bisnis, 4(2). https://doi.org/10.32493/eduka.v4i2.4263

Buana, I. A. (2023). Proses Pengambilan Keputusan Dalam Pengembangan Mutu Madrasah (Studi Kasus MAN Insan Cendekia Paser). Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 4(3), 379–390. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v4i3.6899

Dzul Qo’dah, N. A. (2022). IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DALAM MENGEMBANGKAN PROGRAM KELAS UNGGULAN DAN CITRA MADRASAH DI MTS MAMBAUS SHOLIHIN GRESIK. Ulul Amri: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2). https://doi.org/10.18860/uajmpi.v1i2.1116

Eferi, A. (2016). Internal dan Eksternal Dalam Penerapan Total Quality Management ( TQM ) di Lembaga Pendidikan Islam. Attarbiyah, Journal of Islamic Culture and Education Vol., I(1).

Hadijaya, Y., Fahada, N., Iman, M., Irwansyah, I., & Nasution, R. H. (2024). PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN PENDIDIKAN BERBASIS TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DI LEMBAGA PENDIDIKAN. Atthiflah: Journal of Early Childhood Islamic Education, 11(1). https://doi.org/10.54069/atthiflah.v11i1.700

Hendrian, H., & Suparno. (2024). Analisis Total Quality Management (TQM) dalam Manajemen Pendidikan Tinggi terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan Indonesia. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(2), 2146–2161. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i2.708

Ismail, F. (2018). Implementasi Total Quality Management (TQM) di Lembaga Pendidikan. Jurnal Ilmiah Iqra’, 10(2). https://doi.org/10.30984/jii.v10i2.591

JOURNAL OF KNOWLEDGE AND COLLABORATION. (n.d.). https://ojs.arbain.co.id/index.php/jkc/index

Kartika, L., Novianti, W., Alang Khairun Nizar, M., Tinggi Agama Islam Tebingtinggi Deli, S., & Bina Karya Tebing Tinggi, S. (2024). AT-TARBIYAH 296 PENGGUNAAN APLIKASI QUIZIZZ SEBAGAI MEDIA EVALUASI PEMBELAJARAN PAI BERBASIS TEKNOLOGI PENDIDIKAN DI SMA NEGERI 1 TEBING TINGGI KAB. SERDANG BEDAGAI. In Jurnal Penelitian dan Pendidikan Agama Islam (Vol. 2, Issue 1).

Kementerian, S. A., Kabupaten, A., & Tenggara, A. (n.d.). Fitrah: Journal of Islamic Education KOORDINASI PENGAWAS DAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI KERJA GURU MIN 1 ACEH TENGGARA. http://jurnal.staisumatera-medan.ac.id/fitrah

Londa, Y. L., Wijaya, W. A., Sagala, R., & Tunjung, W. (2024). TOTAL QUALITY MANAGEMENT. In Jurnal Ilmiah Multidisiplin Terpadu (Vol. 8, Issue 8).

Manajemen Pendidikan Islam, J., Baihaqi, A., & Yasin, M. (2024). KONSEP TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DAN IMPLEMENTASI KONTEKS PENDIDIKAN. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 02(01), 1–12. https://doi.org/10.57146/alwildan.v2i1.2033

Mitrohardjono, M. (2018). PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT DAN PENERAPAN OPERASIONAL PENDIDIKAN ISLAM DI MADRASAH ALIYAH DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Miftahul Hudaa Depok). https://doi.org/10.24853/tahdzibi.3.1.7-18

Mubarak, M. Z., Fuad, S., & Kholid, N. (2023). Implementasi Total Quality Management Perspektif Hensler dan Brunell di Pondok Pesantren Salafiyah. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 9(2). https://doi.org/10.26594/dirasat.v9i2.3690

Nur, U., Stai, K., Bulukumba, A.-G., & Al-Gazali Bulukumba, S. (n.d.). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH PADA MATERI KALIMAT THAYYIBAH MELALUI METODE PROBLEM BASED LEARNING Abd Hafid M Talla.

Priatna, T., Amal, Y., Gombong, B., & Cipadung, L. (2018). TOTAL QUALITY MANAJEMEN UNTUK PENINGKATAN MUTU MADRASAH. Jurnal Islamic Education Manajemen, 3(1), 1–14. http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/isema

Ratnasari, D. H., & Nugraheni, N. (2024). PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN DI INDONESIA DALAM MEWUJUDKAN PROGRAM SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGS). Jurnal Citra Pendidikan, 4(2), 1652–1665. https://doi.org/10.38048/jcp.v4i2.3622

Rohman, Z. dan M. I. K. (2019). Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Total Quality Management (Tqm) Di Mtsn 5 Kediri. E-Theses IAIN Kediri.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-01-30

Cara Mengutip

Zulfa, E., & Halimatuzzahrah, H. (2025). Penerapan Total Quality Management Dalam Peningkatan Mutu Satuan Pendidikan. Jurnal Manajemen & Budaya , 5(1), 46-52. https://doi.org/10.51700/manajemen.v5i1.915