Analisis Kinerja Lembaga Pendidikan Dengan Balance Score Card
Studi Kasus Di Pondok Pesantren Thohir Yasin Lombok Timur
DOI:
https://doi.org/10.51700/manajemen.v5i2.916Kata Kunci:
Kinerja, Pesantren, Blance Score CardAbstrak
Persaingan dalam dunia pendidikan sekarang ini semakin ketat,dan kini lembaga pendidikan berlomba-lomba untuk bisa memberikan layanan pendidikan yang terbaik, sesuai dengan harapan yang diinginkan masyarakat. Suatu lembaga dikatakan memiliki keunggulan kompetitif ketika lembaga tersebut memiliki sesuatu yang tidak dimiliki pesaing, melakukan sesuatu lebih baik dari lembaga lain, atau mampu melakukan sesuatu yang tidak mampu dilakukan oleh lembaga lain.Penelitian ini menggunakan mtode penelitian kualitatif dengan tehnik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Anasilis data menggunakan metode reduksi data, display data,dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengukuran kinerja pada Pondok Pesantren Thohir Yasin Lombok Timur, ditemukan sebuah hasil dengan berdasarkan pada perspektif balance scorecard yaitu: 1) perspektif pelanggan, dengan memberikan perhatian kepada pelanggan. 2) perspektif finansial, dengan pengelolaan keuangan yang teratur menunjukkan bahwa keuangan pada pondok pesantren Thohir Yasin terkelola dengan baik. 3) perspektif bisnis internal, ditunjukkan dengan berbagai inovasi yang telah dilakukan dalam menjalankan fungsinya sebagai penyedia jasa pendidikan. 4) perspektif pertumbuhan dan pembelajaran, dengan memulai mempersiakan sumberdaya-sumberdaya yang berkualitas (SDM dan SDA), fasilitas pembangunan fisik berupa gedung belajar, asrama para santri dan media pembelajaran yang modern.
Unduhan
Referensi
Ali, Muhammmad (1992). Penelitian Kualitatif , Bandung:CV.Alfabeta.
Arikunto,Suharsimi (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Prakte, Jakarta:Rineka Cipta.
Bastian, Indra (2007). Akuntansi Sektor Publik di Indonesia. Yogyakarta: BPFE.
Creswell, John W (2015). Penelitian Kualitatif& Desain Riset: memilih Diantara Lima Pendekatan, Terj. Ahmad Lintang Lazuardi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dadang, Dally (2010). Balanced Scorecard Suatu Pendekatan dalam Implementasi MBS. Cet. Kedua. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Garrison, Ray. H, dan Eric W. Norren (2000). Managerial Accounting, Terjemahan : A. Totok Budisantoso, Jakarta. Salemba Empat.
Hanggraeni. Dewi (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta; Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Herman Sofyandi, (2008) Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta, Graha Ilmu.
Indriati, Rita (2011). Analisis Pengukuran Kinerja Manajemen Berbasis Sekolah dengan Pendekatan Balanced Scorecard di SMPN 1 Manggar Belitung Timur. Tesis. Jakarta : Universitas Indoensia.
Kaplan, Robert S and David P Norton, (1996). Balanced Scorecard : Menerapkan Strategi Menjadi Aksi, Erlangga : Jakarta.
Kaplan, Robert S. dan David P. Norton (2000). Menerapkan Strategi menjadi Aksi: Balanced Scorecard, Jakarta. PT. Gelora Aksara Pratama.
Luis, Suwardi & Prima A. Biromo (2005). Step by Step in Cascading Balanced Scorecard to Functional Scorecards, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Mahmudi (2010) . Manajemen Kinerja Sektor Publik, Yogyakarta : STIE YKPN.
Moleong (2013), MetodePenelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosda Karya,
Muhadjir, Noeng (1992) Metodologi Penelitian Kualitatif: Telaah Positivistik, Rasionalistik, Fhenomenologik, Realism Metafhisik Yogyakarta: Rake Sarasin.
Mulyadi (2005). Balanced Scorecard : Alat Manajemen Kontemporer Untuk Pelipatgandaan Kinerja Keuangan Perusahaan. Edisi Pertama. Jakarta.Salemba Empat.
Ningsih, Suhesti (2021). Analisis Kinerja Perusahaan Dengan Konsep Balanced Scorecard Pada Sektor Perbankan (Studi Kasus Pada Bni Sukoharjo) Edunomika, Vol. 05, No. 02 (2021)
Nurkholis (2003). Manajemen Berbasis Sekolah, Teori, Model, dan Aplikasi, Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Rivai, Veithzal (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan, Jakarta: PT. Raja Graindo Persada.
Sony, Yuwono dkk (2003), Petunjuk Praktis Penyusunan Balanced Scorecard Menuju Organisasi yang Berfokus pada Strategi, Cetakan Kedua, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama.
Sudjana (2000). Manajemen Program Pendidikan Luar Sekolah dan Pengembangan SDM. Bandung, Falah Production: 2000.
Sugiono (2009). Metode Penelitian Pendidikan,; PendekatanKuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Susilo, Joko (2007). Kinerja Layanan Universitas Islam Indonesia Diukur dengan Pendekatan Balanced (UNISIA, Vol. XXX No. 64 Juni 2007)
Tangkilisan, Hessel Nogi S (2007). Manajemen Publik. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Tunggul, Adi Mora R. Rizal Isnanto, Oky Dwi Nurhayati (2016). Evaluasi Kinerja Organisasi Publik dengan Menggunakan Pendekatan Balanced Scorecard dan Analytic Network Process. Jurnal Sistem Informasi Bisnis 02/2016.
Yulisma, Lia dkk, (2023). Penerapan Balance Score Card Pada Perguruan Tinggi: Dampaknya Terhadap Kinerja Dosen Dan Kembalian Pendidikan (Studi Kasus Di Universitas Galuh). Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi) Volume.11Nomor 2, Novmber 2023.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 M Junaidi, L. Iswandi, Bq. Desy Arfini

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

