UPAYA MEMBANGUN MINAT MEMBACA MELALUI PROGRAM BERAKSI (BERUGAK LITERASI) DI SMP ISLAM MUSTHOFA KAMAL

Authors

  • Aldi Albani STAI Darul Kamal

DOI:

https://doi.org/10.51700/attadbir.v5i1.122

Keywords:

minat membaca, berugak literasi

Abstract

Rendahnya minat baca masyarakat Indonesia tampaknya ditanggapi serius oleh pemerintah dengan mengadakan program Gerakan Literasi Nasional. Hal ini tampaknya dimulai dari lembaga pendidikan baik di tingkat dasar, menenengah dan tinggi. Masalah utama dalam meningkatakan minat baca peserta didik khususnya di sekolah tentu bervariasi, adakalanya keterbatasan buku bacaan, tidak ada prasarana yang menunjang kegiatan membaca atau bahkan tidak ada guru yang bisa diteladani dan dapat menginspirasi peserta didik dalam membaca. Berbagai masalah itu coba diselesaikan dengan gerakan literasi di sekolah-sekolah. Begitu juga yang telah kami upayakan di SMP Islam Musthofa Kamal dengan mengadakan program BERAKSI yang bertujuan untuk merangsang kemauan siswa untuk terbiasa membaca dengan menfasilitasi mereka dengan prasarana khusus untuk membaca di sekolah. Metode yang penelitain dalam kajian ini adalah kualitatif deskriptif yang menggambarkan apa adanya dari pelaksanakan sebuah program. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Analisis dilakukan sejak awal pelaksanaan pengamatan dengan menggunakan teknik Miles and Huberman. Adapun langkah-langkah dalam mewujudkan program tersebut di antaranya; perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan monitoring serta tindak lanjut. Adapun kesimpulan hasil program BERAKSI di SMP Islam Musthofa Kamal antara lain: 1) kemauan peserta didik untuk membaca mulai tumbuh; 2) berugak literasi selalu ramai dikunjungi oleh peserta didik pada jam-jam istirahat; 3) guru dapat memanfaatkan berugak literasi sebagai outdoor class; 4) guru dan staf  menyempatkan diri untuk ikut membaca karena melihat peserta didik mulai ramai membaca; 5) perasaan senang dan gembira terpancar dari raut wajah peserta didik yang tengah membaca sambil sekali waktu bercerita dan bercengkrama dengan temannya di berugak literasi. Program BERAKSI merupakan salah satu upaya yang cukup efektif untuk menumbuhkan minat baca peserta didik di lingkungan sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Atmazaki, dkk. 2017. Panduan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Depdiknas. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Faisal, Sanapiyah. 1982. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Ghony, M. Djunaidi dan Fauzan Almanshur. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif; Edisi Revisi. Jogjakarta: Arruz Media.

Hurlock, Elizabeth B. 1980. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Gramedia.

Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti.

Prasetyono, Dwi Sunar. 2008. Rahasia Mengajarkan Gemar Membaca pada Anak Sejak Dini. Yogyakarta: Think Yogyakarta.

Rahim, Farida. 2008. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta:Bumi Aksara.

Sugiono. 2009. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan; Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suprayogo, Imam dan Tobroni. 2003. Metodologi Penelitian Sosial-Agama. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ulfatin, Nurul. 2013. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan: Teori dan Aplikasinya. Malang: Bayumedia Publishing.

UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

https://edukasi.kompas.com/read/2019/09/10/15225581/3-hal-ini-jadi-penyebab-rendahnya-minat-baca-anak-indonesia?page=all

https://www.kominfo.go.id/content/detail/10862/teknologi-masyarakat-indonesia-malas-baca-tapi-cerewet-di-medsos/0/sorotan_media

Downloads

Published

2021-01-30

How to Cite

Albani, A. (2021). UPAYA MEMBANGUN MINAT MEMBACA MELALUI PROGRAM BERAKSI (BERUGAK LITERASI) DI SMP ISLAM MUSTHOFA KAMAL. At-Tadbir : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(01), 24–35. https://doi.org/10.51700/attadbir.v5i1.122