Problematika Tafsir Sosial Dawam Rahardjo: Kritik Atas Etika dan Metodologi Penafsiran al-Qur`an

Penulis

  • Muhammad Syafirin Program Magister Ilmu al-Qur`an & Tafsir, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.51700/irfani.v5i1.585

Kata Kunci:

Tafsir, Paradigma, Rethinking, al-Mauḍū’īyyah al-Ijtimā’iyyah

Abstrak

Perkembangan kajian al-Qur`an di Indonesia khususnya di era tahun 90-an mengalami pertumbuhan yang signifikan. Hal itu ditandai oleh munculnya beragam tawaran metodologis dari kalangan yang bukan hanya berspesialisasi sebagai mufassir, tetapi juga dari kalangan sarjana non-tafsir. Dawam Rahardjo dengan gagasan baru yang disebutnya sebagai “tafsir tematik sosial” (al-Mauḍūīyyah al-Ijtimā’iyyah) adalah satu di antara sarjana non-tafsir yang ikut mewarnai dialektika penafsiran al-Qur`an. Tawaran metodologi tematik berbasis analysis of key terms-nya menjadi objek diskursus yang terus diperdebatkan hingga sekarang. Penelitian dalam artikel ini merupakan salah satu kajian kritis yang mencoba mengisi diskursus tersebut. Secara metodologis, penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dioperasionalkan dalam dua pendekatan: Pertama, pendekatan historis (kesejarahan) yang digunakan untuk menganalisis orisinalitas perkembangan (development) pemikiran tafsir Dawam Rahardjo. Kedua, melalui pendekatan kritis dari perspektif ‘ulūm al-Qur’ān, penulis melakukan rethinking dan pembacaan kritis terhadap metodologi penafsiran Dawam Rahadjo, baik dari segi kebaruan, keunggulan maupun kelemahannya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, tawaran metodologi tafsir tematik Dawam Rahardjo tidak memiliki perbedaan yang mendasar dengan metode tematik pada umumnya, meskipun beberapa aspek seperti “tafsir historis” dan “tafsir paradigmatis” menjadi kekhasan tersendiri. Akan tetapi, Dawam memiliki beberapa kelemahan. Dari sisi etika tafsir, dia cenderung apatis terhadap “persyaratan formal” yang disepakati mayoritas ulama, sehingga kerapkali mengabaikan prinsip-prinsip dasar di dalam  penafsiran. Sementara dari sisi metodologis, gagasannya masih bersifat wacana yang diskursif, belum matang, sehingga tidak jarang ketika menafsirkan, gagasan-gagasannya tidak sejalan dengan toeri yang  dikembangkannya, bahkan beberapa aspek pandangannya terkesan distorsif terutama uraiannya tentang genealogi tafsir tematik (mauḍūī).

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

‘Ābid al­-Jābirī, Muḥammad. Naḥnu wa al-Turāṡ: Qirā`ah Mu’āṣirah fī Turāṡinā al-Falsafī. Beirut: al­-Markaz al­-Tsaqāfī al-­‘Arabī, 1986.

Aziz, M. Amin. The Fower of Al-Fatihah. Jakarta: Pinbuk Press, 2008.

Baidan, Nashruddin. Perkembangan Tafsir al-Qur`an di Indonesia. Solo: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, 2003.

———. Tafsir Kontemporer Surat Al-Fatihah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.

Barthes, Roland. Elemen-elemen Semiologi: Sistem Tanda Bahasa, Hermeneutika, dan Strukturalisme. Diterjemahkan oleh M. Ardiansyah. Yogyakarta: IrCisod, 2012.

Berger, Arthur Asa. Pengantar Semiotika: Tanda-tanda dalam Kebudayaan Kontemporer. Diterjemahkan oleh M Dwi Marianto. Yogyakarta: Tiara Wacana, 2010.

Chirzin, Muhammad, Fahrudin, dan Fatimah Fatmawati. Reformulasi Metode Tafsir Tematik. Cetakan I. Yogyakarta: Q-Media, 2023.

Daghāmīn, Ziyād Khalīl Muḥammad al-. Manhajiyyat al-Baḥṡ fī al-Tafsīr al-Mawdhū’ī li al-Qur`ān al-Karīm. Amman, Jordan: Dār al-Basyīr, 1995.

Echols, M. John, dan Hasan Shadily. Kamus Inggris-Indonesia. Jakarta: Gramedia, 1996.

Farmawi, Abd. al-Hayy al-. Metode Tafsir Mawdhu’iy dan Cara Penerapannya. Diterjemahkan oleh Suryam A. Jamrah. Jakarta: Raja Grafindo, 1994.

Federspiel, Howard M. Popular Indonesian Literature of the Qur`an. Ithaca, New York: Cornell Modern Indonesia Project, 1994.

Ghafur, Waryono Abdul. Tafsir Al-Fatihah: Menggali Makna Aktual Meraih Hikmah Kontekstual. Yogyakarta: Kaukaba, 2013.

Gusmian, Islah. Khazanah Tafsir Indonesia: Dari Hermeneutika Hingga Ideologi. Cetakan I. Yogyakarta: LKiS, 2013.

Ḥamad, Ṭaha ‘Ābidīn Ṭaha. al-Taḥrīr fī Uṣūl al-Tafsīr. Cetakan II. Riyadh: Maktabat al-Malik Fahd al-Wathaniyyah, 2020.

Harun, H. Salman. Kaidah-kaidah Tafsir. Cetakan I. Jakarta: PT Qaf Media Kreativa, 2020.

Hukmiah, Hukmiah, dan Masri Saad. “Al-Qur’an Antara Teks Dan Konteks.” Dirasat Islamiah: Jurnal Kajian Keislaman 1, no. 1 (15 Juni 2020): 1–15. https://doi.org/10.59638/dirasatislamiah.v1i1.2.

Khālidī, ‘Abd al-Fattāh al-. al-Tafsīr al-Mauḍū’ī Baina al-Naẓariyyah wa al-Taṭbīq. Aman: Dār al-Nafāis, 2012.

Kūmi, Aḥmad al-Sayyid al-, dan Muḥammad Aḥmad Yūsuf al-Qāsim. al-Tafsīr al-Mauḍū’ī li al-Qur`ān al-Karīm, 1982.

Mārdīny, Fāṭimah. al-Tafsīr wa al-Mufassirūn. Dimasyq: Bait al-Hikmah, 2009.

Muslim, Muṣṭafā. Mabāḥiṡ fi al-Tafsīr al-Mauḍū’ī. Beirut: Dār al-Qalam, 2000.

Muṭṭahharī, Murtaḍā. Durūs min al-Qur`ān. Bandung: Mizan, 1991.

Neufeldt, Victoria, ed. Webster’s New World College Dictionary. New York: Macmillan, 1996.

piliang, Yasraf Amir. Bayang-bayang Tuhan: Agama dan Imajjinasi. Bandung: Mizan, 2011.

Purwanto, Agus. Ayat-ayat Semesta: Sisi-sisi Al-Qur`an yang Terlupakan. Mizan Pustaka, 2008.

———. Nalar Ayat-ayat Semesta. Mizan Pustaka, 2012.

Qāsim, ‘Abd al-Mālik ibn Muḥammad al-. Tafsīr al-Qur`ān al-‘Aẓīm Juz` ‘Amma. Riyāḍ: Maktabah al-Mulk Fahd al-Waṭaniyyah, 2009.

Rahardjo, M. Dawam. Ensiklopedi Al-Qur’an: Tafsir Sosial Berdasarkan Konsep-konsep Kunci. Cetakan I. Jakarta: Paramadina, 1996.

———. Intelektual Intelegensia dan Perilaku Politik Bangsa. Bandung: Mizan, 1999.

———. Merayakan Kemajemukan Kebebasan dan Kebangsaan. Yogyakarta: Kencana, 2010.

———. Paradigma al-Qur`an: Metodologi Tafsir dan Kritik Sosial. Jakarta: PSPA, 2005.

Rūmy, Fahd ibn ‘Abd al-Raḥmān ibn Sulaimān al-. Buhūṡ fi Ushūl al-Tafsīr wa Manāhijuh. Cetakan IV. Riyadh: Maktabat al-Malik Fahd al-Wathaniyyah, 2009.

Ṣadr, Muḥammad Bāqir al-. al-Tafsīr al-Mauḍū’ī wa al-Falsafah al-Ijtimā’iyyah fi al-Madrasah al-Qur`āniyyah. Beirut: Dār al-‘Ālamiyah, 1989.

Seung, T. K. Semiotics and Thematic in Hermeneutics. New York: Columbia University Press, 1982.

Shaḥrūr, Muḥammad. Prinsip dan Dasar Hermeneutika al-Qur’an Kontemporer. Diterjemahkan oleh Sahiron Syamsuddin dan Burhanuddin Dzikri. Cetakan III. Yogyakarta: Kalimedia, 2021.

Shihab, M. Quraish. Kaidah Tafsir: Syarat, Ketentuan, dan Aturan yang Patut Anda Ketahui dalam Memahami Ayat-ayat Al-Qur’an. Cetakan I. Tangerang: Lentera Hati, 2013.

———. Wawasan Al-Qur’an: Tafsir Tematik atas Pelbagai Persoalan Umat. Cetakan I. Bandung: PT Mizan Pustaka, 2014.

Suma, M. Amin. Tafsir Al-Amin: Bedah Surah Al-Fatiḥah. Jakarta: Amzah, 2018.

Suyūṭī, al-Imām Jalāluddīn al-. al-Itqān fī ‘Ulūm al-Qur`ān. I vol. Beirut: Dār al-Fikr, t.t.

Thabbārah, ‘Afīf ‘Abd al-Fattāḥ. Rūḥ al-Qur`ān al-Karīm Tafsīr Juz` ’Amma. Beirūt: Dār al-‘Ilm, 2001.

Wardani. Metodologi Tafsir Al-Qur’an di Indonesia. Cetakan I. Yogyakarta: Kurnia Kalam Semesta, 2017.

Żahabī, Muḥammad Ḥusayn al-. al-Tafsīr wa al-Mufassirūn: Baḥṡ Tafṣīlī ‘an Nays`at al-Tafsīr wa Taṭawwurih wa Alwānih wa Mażāhibih ma’a ‘Ardh Syāmil li Asyhar al-Mufassirīn wa Tahlīl Kāmil li Ahamm Kutub al-Tafsīr min ‘Ashr al-Nabī Shallā Allāh ‘alayh wa Sallam ilā ‘Ashrinā al-Ḥādhir. Cairo: Dār al-Ḥadiṡ, 2005.

Zuhdi, M. Nurdin. Pasaraya Tafsir Indonesia: dari Kontestasi Metodologi hingga Kontekstualisasi. Yogyakarta: Kaukaba, 2014.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-07-25

Cara Mengutip

Syafirin, M. (2024). Problematika Tafsir Sosial Dawam Rahardjo: Kritik Atas Etika dan Metodologi Penafsiran al-Qur`an. Al-Irfani: Journal of Al Qur’anic and Tafsir, 5(1), 1-25. https://doi.org/10.51700/irfani.v5i1.585