Kepemimpinan yang Bijaksana dalam QS. Al-Anbiya Ayat 78-79
Kajian Hermeneutika Ma’na cum Maghza
DOI:
https://doi.org/10.51700/irfani.v5i2.648Kata Kunci:
Wise Leadership; QS. Al-Anbiya Verse 78-79; Ma’na cum Maghza.Abstrak
Kepemimpinan yang bijaksana merupakan aspek sentral dalam kisah Nabi Daud dan Sulaiman sebagaimana terungkap pada Surah al-Anbiya ayat 78-79 dalam al-Qur’an. Tujuan penelitian adalah untuk mengungkapkan hikmah dan nilai-nilai kepemimpinan yang terkandung dalam narasi tersebut serta mengeksplorasi relevansinya dalam konteks modern. Metode penelitian melibatkan pendekatan analisis teks al-Qur’an dengan fokus pada ayat 78-79 dalam surah al-Anbiya. Kajian tafsir ma’na cum maghza digunakan untuk memahami konteks historis dan spiritual dari peristiwa-peristiwa yang melibatkan Nabi Daud dan Sulaiman. Data primer diperoleh melalui studi pustaka al-Qur’an dan tafsir serta literatur terkait kepemimpinan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan bijaksana Nabi Daud dan Sulaiman mencakup aspek-aspek seperti keadilan, keberanian, dan kebijaksanaan spiritual. Analisis ma’na cum maghza mendalam mengungkapkan nilai-nilai moral yang mendasari tindakan kedua Nabi, memberikan wawasan tentang bagaimana kepemimpinan yang bijak dapat memberikan dampak positif dalam masyarakat. Relevansi penelitian ini terletak pada kemampuan untuk mengekstrak prinsip-prinsip universal dari kisah Nabi Daud dan Sulaiman serta menerapkannya dalam konteks kepemimpinan modern. Implikasi praktis penelitian ini adalah memberikan panduan bagi pemimpin masa kini untuk mengintegrasikan nilai-nilai etika dan spiritualitas dalam pengambilan keputusan dan interaksi mereka dengan masyarakat.
Unduhan
Referensi
Ashfahany, A. E., Ma’ruf, A., Saputro, E. P., & Et. al. (2023). Ekonomi dan Bisnis Islam (Konsep dan Aplikasi Terkini). PT Sada Kurnia Pustaka.
Asyha, A. F. (2022). KONTEKSTUALISASI KONSEP KEPEMIMPINAN KHARISMATIK DALAM ISLAM. ISLAMIDA: Journal Islamic Dtudies, 1(2). http://ejournal.staidarussalamlampung.ac.id/index.php/islamida/article/view/420.
Bantam, D. J. (2022). KEPEMIMPINAN DALAM ORGANISASI SISWA INTRA SEKOLAH (OSIS). Indonesian Psychological Research, 4(02), 92–101. https://doi.org/10.29080/ipr.v4i2.694
Esposito, J. L. (2004). The Islamic Threat: Myth or Reality? (Institut Terjemahan Negara Malaysia Berhad). Institut Terjemahan Negara Malaysia Berhad.
Hidayat, W., Olifiansyah, M., Dzulfiqar, M., & Diaying, B. P. (2020). KEPEMIMPINAN DALAM PERSPEKTIF ISLAM. 14(1).
Hitti, P. K. (1989). History of The Arabs (10th ed.). Macmillah Education Ltd.
Idayanti, S. (2022). Globalisasi Hukum. Cipta Media Nusantara.
Kambuaya, B. (2020). Menembus Badai Kepemimpinan. CV SAH MEDIA.
Kasali, R. (2007). RE-CODE YOUR CHANGE DNA; Membebaskan Belenggu-belenggu untuk Meraih Keberanian dan Keberhasilan dalam Pembaharuan. Gramedia Pustaka Utama.
Ladoni, A. (2022). Karakter Kepemimpinan dalam Pendidikan Islam Perspektif Kepemimpinan Al-Qur’an Surah Yusuf (Memberi Keteladanan pada Anak). TAFAHHAM: Jurnal Pendidikan Dan Riset, 1(2), 267–277.
Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an. (2019). Al-Qur’an dan Terjemahannya Edisi Penyempurnaan 2019. KEMENAG RI.
Mukhtarom, A. (2018). RELASI PEMIMPIN DENGAN RAKYAT DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan, 14(02). https://doi.org/10.31000/rf.v14i02.911
Mulyadi, D., & Firdaus, M. Y. (2023). Revitalisasi Kriteria Pemimpin Qur’ani Bagi Bangsa Indonesia (Studi Penafsiran pada Ayat Kisah Nabi Sulaiman AS). Jurnal Penelitian Ilmu Ushuluddin, 3(3), 319–331. https://doi.org/10.15575/jpiu.30748
Narimawati, U., & Praratya, A. (n.d.). Women Leadership in Technopreneurship. Cipta Media Nusantara (CMN).
Patih, A. (2022). DECISION MAKING (Landasan Teologis, Filosofis, Psikologis dan Sosiologis Kepemimpinan Pendidikan di MA Al-Karimiyah). KARIMIYAH : Journal of Islamic Literature and Muslim Society, 1(2), 99–118. https://doi.org/10.59623/karimiyah.v1i2.11
Putra, I. B. U. (2020). Moderasi Kepemimpinan Spiritual. SCOPINDO MEDIA PUSTAKA.
Qurthubi, I. A. (2007). Tafsir Al Qurthubi (Ta’liq: Muhammad Ibrahim Al Hifnawi dan Takhrij: Mahmud Hamid Utsman, Vol. 11). Pustaka Azzam.
Quthb, S. (2001). Tafsir fi Zhilalil-Qur’an (Terj. As’ad Yasin, Abdul Aziz Salim Biasyarahil dan Muchotob Hamzah, Vol. 2). Gema Insani Press.
Salimah, Gunawan, A., & Bachtiar, M. (2023). ANALISIS KONSEP MODEL KEPEMIMPINAN PROFETIK(NABI MUHAMMAD SAW) DALAM PENDIDIKAN ISLAM. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4). https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22284
Shiddieqy, T. M. H. A. (2000). Tafsir Al-Qur’anul Majid An-Nuur (Vol. 3). PT. Pustaka Rizki Putra.
Sri Mulyani. (2022). KARAKTERISTIK KEPEMIMPINAN ISLAMI MENURUT PROF HAMKA DALAM TAFSIR AL-AZHAR. Ar-Ribhu : Jurnal Manajemen dan Keuangan Syariah, 3(1), 65–73. https://doi.org/10.55210/arribhu.v3i1.809
Sudimin, T. (2019). Formatio Kepemimpinan: Bunga Rampai Soegijapranata Memorial Lecture Edisi 2. Universitas Katolik Soegijapranata.
Sukatin, Nasution, F., Zulqarnain, Nur’aini, & Yanti, O. (2022). Konsep Kepemimpinan Pendidikan Islam. Deepublish.
Susmoro, H. (2022). Kepemimpinan Robbani (1st ed.). Pandiva Buku.
Suyuthi, J. A. (2021). Al-Itqan di ’Ulumil Qur’an 1 (Terj. Muhammad Halabi). DIVA Press.
Syamsuddin, S. (2007). Tipologi dan Proyeksi Penafsiran Kontemporer terhadap al-Qur’an. Jurnal Studi Ilmu-Ilmu al-Qur’an Dan Hadis, 8(2).
Syamsuddin, S. (2009). Hermeneutika dan Pengembangan Ulumul Qur’an. Pesantren Nawesea Press.
Syamsuddin, S. (2017). MA‘NA-CUM-MAGHZA APPROACH TO THE QUR’AN: INTERPRETATION OF Q. 5:51. International Conference on Qur’an and Hadith Studies, 137.
Syaukani, I. A. (2007). Tafsir Fathul Qadir (Tahqiq dan Takhrij: Sayyid Ibrahim, Vol. 7). Pustaka Al Azzam.
Wibowo, H. S. (2023). Kepemimpinan dalam Perspektif Islam: Menjadi Pemimpin yang Berkarakter. Tiram Mdia.
Yanti, Z. (2022). PENDEKATAN MA’NA CUM MAGHZA TENTANG ARRIJALU QOWWAMUNA ‘ALA AN - NISA.’ 2(1).
Zuhaili, W. A. (2013). Tafsir Al-Munir: Aqidah, Syari’ah, Manhaj (Vol. 9). Gema Insani.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Zuhriyandi Zuhriyandi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


