PESANTREN: PENDIDIKAN BERBASIS PENGEMBANGAN KARAKTER Studi Kasus di Pondok Pesantren Darurrahman NW Aik Ampat
Isi Artikel Utama
Abstrak
Pesantren sebagai pusat pendidikan yang berbasis pengembangan karakter, tentunya mengalami dinamika yang secara terus menerus membutuhkan inovasi-inovasi baru sesuai dengan perkembangan zaman. Penelitian akan mengurai eksistensi pesantren dalam pengembangan karakter dengan mengambil sampel di Ponpes Darurrahman. Ada beberapa model yang digunakan oleh ponpes Darurrahman dalam mengembangkan karakter adalah yang pertama, keteladanan, kedua, penanaman kedisiplinan, ketiga, pembiasaan, Keempat, menciptakan suasana yang kondusif, kelima, integrasi dan internalisasi. Kelima model ini kemudian diimplemnetasikan dalam bentuk Kejujuran, keadilan, toleransi, rasa hormat, dan kedisiplinan diri. Pengembangan karakter di Ponpes Darurrahman menghadapi kendala seperti masih belum maksimalnya praktik yang dilaksanakan, tapi secara tidak langsung sudah menunjukkan hasil yang positif. Para santri juga mengalami beberapa kesulitan dalam mengikuti model yang dikembangkan oleh pondok pesantren, sehingga tentunya ada yang berhasil dan ada juga yang tidak berhasil dalam megikuti model pengembangan karakter yang dikembangkan dalam pondok pesantre
Unduhan
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Referensi
Zakariya, Abu, Riyadush Shalihin, “terj” Abu Fajar Alqalami, dkk (Gitamedia Press, 2004)
Departemen Pendidikan Nasional RI, Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (Bandung: Citra Umbara, 2003)
Fauzan, Mengubur Peradaban, (Yogyakarta: LKiS, 2003)
Syar’i, H. Ahmad, Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta: Pustaka Firdaus, 2011)
Indra, Hasbi, Pesantren dan Transformasi Sosial “Studi atas pemikiran KH. Abdullah Syafi’ie dalam Bidang Pendidikan Islam” (Jakarta: Penamadani, 2003)
Steenbring, Karl, Pesantren Madrasah Sekolah: Pendidikan Islam dalam Kurun Moderen, cet. II, (Jakarta: LP3ES, 1994).
Ziemek, Manfred, Pesantren dalam Perubahan Sosial, terj. Butche B. Soedjojo (Jakarta: P3M, 1986)
Ramayulis, ‘Konsepsi Pembentukan Karakter dalam Perspektif Pendidikan Islam’, Jurnal at-Tarbiyah, Vol. 1 No.2 (2010)
Salahudin, Pendidikan Karakter (Bandung: Pustaka Setia Bandung, 2013).
Dhofier, Zamakshsyari, Tradisi Pesantren “Studi Tentang Pandangan Hidup Kyai”, (Jakarta: LP3ES, 1994)