Isi Artikel Utama

Muhammad Yani
ASRIANDI ASRIANDI

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji data-data empirik terkait pengaruh manajemen kelas dan kompetensi guru terhadap prestasi belajar siswa secara terpisah maupun simultan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode survei dengan pendekatan korelasional dan regresional terhadap data-data kuantitatif yang diperoleh dari objek penelitian yaitu siswa-siswa kelas VII SMP Islam NW Jakarta. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 75 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik angket/kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Jenis analisis yang digunakan adalah analisa korelasi dan regresi yang dijabarkan secara deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah : Pertama, Terdapat yang pengaruh yang positif dan signifikan manajemen kelas terhadap prestasi belajar siswa dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,609 dan koefisien determinasi (R2) sebesar 23,3% arah pengaruh ditunjukkan dengan persamaan regresi Ŷ = 57,864 + 0,267X1, dapat dibaca bahwa setiap kenaikan 1 poin manajemen kelas (X1) akan diikuti kenaikkan prestasi belajar (Y) sebesar 0,267 poin. Kedua, Terdapat pengaruh yang positif dan signfikan kompetensiguru terhadap prestasi belajar siswa dengan koefisien korelasi (r) sebesar 0,495 dan koefisien determinasi (R2) sebesar 24,5%. Persamaan regresi Ῡ = 55,096 + 0,289X2.  dapat dibaca bahwa setiap kenaikan 1 poin kompetensi guru (X2) akan diikuti dengan kenaikkan prestasi belajar siswa (Y) sebesar 0,289 poin. Ketiga, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan manajemen kelas dan kompetensi guru secara simultan terhadap prestasi belajar siswa. Koefisien korelasi sebesar 0,495 sedangkan koefisien determinasi sebesar 24,5%. Persamaan regresi regresi Ŷ = 55,218 + 0,025X1 + 0,264X2. Dari persamaan ini dapat dibaca bahwa setiap kenaikan 1 poin manajemen kelas (X1) dan kompetennsi guru (X2) secara bersama-sama akan diikuti kenaikkan pretasi belajar siswa (Y) sebesar 0,289 poin.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Yani, M., & ASRIANDI, A. (2023). PENGARUH MANAJEMEN KELAS DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PAI KELAS VIII DI SMP ISLAM NW JAKARTA. Jurnal Manajemen &Amp; Budaya, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.51700/manajemen.v3i1.417
Bagian
Articles

Referensi

Abraham H. Maslow, Motivation and Personality, (New York: Harper & Row, 1954)

Arif S. Sudirman, et.all Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2003)

Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bab II, pasal 3.

Edwin B. Flippo, Manajemen Personalia, Terj. Muh. Masud. (Jakarta: Erlangga, 1984)

H. Edy Sutrisno, Manajemen Sumberdaya Manusia, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group)

Husaini Usman, Manajemen (Teori, Peraktik Dan Riset Pendidikan), (Jakarta : Bumi Aksara, 2014)

Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004)

Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, (Bandung: Rosdakarya)

Ngalim Purwanto, Psikologi Belajar, (Jakarta: Rineka Cipta, 2008)

Republik Indonesia, Undang-Undang Dasar 1945

Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, (Jakarta: Rineka Cipta, 2003)

Sondang P. Siagian, Organisasi Kepemimpinan dan Perilaku Administrasi. (Jakarta: CV. Masagung, 1995)

Sufyan Sauril, “Studi Korelasi antara manajemen kelas, dan kompetensi guru terhadap pengelolaan kelas. Sekretariat Daerah Kab. Kaur” Tesis. Jakarta: institut PTIQ, 20013

Syaiful Bahri Djamarah, Psikologi Pendidikan, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2007)

Syaiful Bahri Djamrah, Prestasi Belajar Siswa dan Kompetensi Guru, (Surabaya: Usaha Nasional, 1994)

T. Hani Handoko, Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, (Yogyakarta : Fakultas Ekonomi UGM, 1998)

Wasty, Soemanto, Psikologi Pendidikan, (Jakarta: Rineka Cipta, 2003)

Wina sanjaya, Strategi Pembelajaran, (Jakarta: kencana, 2006)

Zaenal Arifin, Evaluasi Pembelajaran, (Jakarta: Dirjen Pendis Depag. RI 2009)

Zikri, Neni Iska, Psikologi Pengantar Pemahaman Diri dan Lingkungan, (Jakarta: Kizi Brother’s, 2006)

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama