Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Agama Islam
Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Agama Islam. Penelitian ini menggunakan kualitatif yang bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawanacara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. Kepemiminan kepala sekolah dalam meningkatkan profesionahsme guru agama Islam lebih mengedepan kan aspek kekeluargaan dengan tipologi kepemempinan yang legal rasional. 2. Faktor‑faktor yang mendukung peningkatan profesionalisme guru agama Islam, datang dari guru agama Islam itu sendiri dimana meskipun dengan kemampuan yang standar tetapi keinginan untuk bangkit menjadi lebih baik lagi tetap ada yang disertai usaha yang nyata. Faktor yang menghambatnya dibagi menjdi dua yaitu, pertama : faktor penghambat dari madrasah yang tonggak utamanya disebabkan oleh faktor lemahnya finansial yang berimbas kepada yang lainnya seperti kurangnya sarana dan prasarana serta media dalam pembelajaran dan masih rendahnya jenjang pendidikan hal inilah yang menyebabkan lemahnya kreatifitas guru agama Islam dalam mengajar dan masih kurangnya variasi dan inovasi dalam pemilihan metode dalam kegiatan pembelajaran. 3. Upaya-upaya yang dilakukan oleh kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru agama Islam yaitu dengan pembinaan dan supervisi guru agama Islam, meningkatkan kesejahteraan guru agama Islam, mengirim guru agama Islam untuk mengikuti kegiatan-kegiatan ilmiah, mengaktifkan guru dalam MGMP dan memotivasi guru agama Islam untuk belajar
Unduhan
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.