Peran Budaya Organisasi dalam Meningkatkan Kinerja Guru

Penulis

  • Sri Harmonika STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang NTB
  • M. Gunawan Supiarmo Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.51700/manajemen.v5i1.792

Kata Kunci:

Budya Organisasi, Kinerja Guru

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola pembinaan disiplin, asumsi pentingnya budaya organisasi dalam meningkatkan kinerja dan memotivasi guru serta faktor-faktor penghambat dalam meningkatkan kinerja guru. Penelitian ini menggunakan metode diskriptif pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Subyek penelitian meliputi kepala sekolah, dewan guru, dan komite sekolah. Analisis data penelitian menunjukan: (1) Pembinaan disiplin dalam meningkatkan kinerja guru beriorientasi pada aturan yang telah ditetapkan, baik peraturan perundang-undangan maupun peraturan sekolah. Pendekatan pembinaan disiplin guru dilakukan dengan cara bertahap atau berkala, mulai dari menentukan job description, melakukan pendekatan persuasif, mengawasi proses pembelajaran dan membimbing tugas guru, serta memberi sanksi sesuai dengan tingkat pelanggaran. (2) Sistem pemberian motivasi guru dalam meningkatkan kinerjanya dilakukan dengan memberikan insentif yang sifatnya tidak mengikat, pelayanan yang baik, promosi jabatan, kesempatan mengikuti pelatihan, memberikan pelayanan terhadap keselamatan kerja, dan kenyamanan terhadap tugas guru. (3) Faktor-faktor penghambat dalam meningkatkan kinerja guru adalah kurangnya sosialisasi peraturan sekolah, kurangnya koordinasi, tidak efektifnya komunikasi antarpersonil, dan kurangnya keterlibatan komite sekolah dalam pengambilan keputusan/kebijakan sekolah.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Sri Harmonika, STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang NTB

Dosen Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang NTB.

M. Gunawan Supiarmo, Universitas Mataram

Dosen 

Referensi

Aan Komariah dan Cepi Triatna. (2010). Visionary Leadership: Menuju Sekolah Efektif.

Bayu Ilhamsari. (2011). Budaya Organisasi dalam Meningkatkan Kinerja Guru pada SMK Negeri 3 Banda Aceh.

Bosrawi, S. (2008). Penelitian Kualitatif.

Edy Sutrisno. (2010). Budaya Organisasi.

Husaini Usman. (2010). Manajemen Teori, Praktek, dan Riset Pendidikan.

Ismail, T. (2012). Budaya Organisasi Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja pada SMA Negeri 3 Simeulue Barat.

Jurman. (2014). Budaya Organisasi Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada Sma Negeri 1 Simeulue Timur. DIDAKTIKA, VOL. XIV N.

Mochamad Fatchurrohman, R. A. (2022). Peranan Budaya Organisasi Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Kinerja Guru Dan Karyawan. Improvement: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, Vol. 2 No.

Murniati AR. (2008). Manajemen Stratejik Peran Kepala Sekolah dalam Pemberdayaan.

Nasir Usman. (2007). Manajemen Peningkatan Kinerja Guru.

Nasir Usman. (2012). Manajemen Peningkatan Mutu Kinerja Guru.

Nurika Khalila Daulay dkk. (2024). Peran Budaya Organisasi dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MAL UINSU. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, Volume 4 N.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualiatif dan R&D.

Syafaruddin. (2008). Efektivitas Kebijakan Pendidikan.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-01-28

Cara Mengutip

Harmonika, S., & Supiarmo, M. G. . (2025). Peran Budaya Organisasi dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Manajemen & Budaya , 5(1), 53-60. https://doi.org/10.51700/manajemen.v5i1.792