Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Mi Nw 02 Kembang Kerang Kecamatan Aikmel Lombok Timur

Authors

  • Yuni Yulianti STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang NTB
  • Sri Harmonika STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang NTB
  • fizian yahya

DOI:

https://doi.org/10.51700/manajemen.v1i1.110

Keywords:

Kepemimpinan, Kepala Madrasah, Kinerja Guru.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MI NW 02 Kembang Kerang serta faktor pendukung dan penghambat kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MI NW 02 Kembang Kerang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilakukan untuk mengungkapkan berbagai gejala yang muncul dari berbagai pola kepemimpinan kepala madrasah terhadap kinerja guru di MI NW 02 Kembang Kerang. Adapun metode yang digunakan dalam pengumpulan data antara lain; metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Setelah data terkumpul selanjutnya dianalisis menggunakan metode analisis data deskriptif dengan proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan pada hasil penelitian dan pembahasan tentang kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MI NW 02 Kembang Kerang, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: 1) Kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MI NW 02 Kembang Kerang telah melakukan beberapa upaya, antara lain; a. menanamkan sikap disiplin, b. pembinaan dan supervisi, c. meningkatkan sumber daya dan profesionalisme guru, d. memberikan motivasi, dan e. menyediakan fasilitas yang memadai bagi guru. 2) Faktor pendukung kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MI NW 02 Kembang Kerang, meliputi; a. hubungan yang harmonis antara kepal madrasah dan guru, b. adanya motivasi yang kuat dari guru, dan c. tingkat pendidikan yang memadai. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat bagi kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MI NW 02 Kembang Kerang meliputi; a. kurangnya sarana dan prasarana belajar, dan b. tempat tinggal guru dan siswa yang jauh dari madrasah

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asmani, Jamal M., Tips Menjadi Kepala Sekolah Profesional, (Jogjakarta: Diva Press, 2012).

Azis S.R., A., Memahami Fenomena melalui Studi Kasus; kumpulan Materi Pelatihan Metode Penelitian Kualitatif, (Surabaya: BMPTS Wilayah VII, 1988).

Hendarman, Revolosi Kinerja Kepala Sekolah, ( Jakarta: Indeks, 2015 ).

Muhaimin, Manajemen Pendidikan: Aplikasinya dalam Menyusun Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah, (Jakarta: Kencana, 2011).

Mulyasa, E., Manajemen Berbasis Sekolah, (Bandung: Rosdakarya, 2002).

Munir, A., Menjadi Kepala Sekolah Efektif, (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2008)

Pidarta, M., Pemikiran tentang Supervisi Pendidikan, (Jakarta: Bumi Aksara, 1992).

Sagala, S., Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan, (Bandung: Alfabeta, 2009).

Sastrohardiwiryo, S., Manajemen tenaga kerja Indonesia, Pendekatan Administratif dan Operasional, (Jakarta: Bumi Aksara, 2003).

Soedijarto, Landasan dan arah Pendidikan Nasional,(Jakarta: Gramedia, 2008).

Sulistyorini, Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pengembangan Sekolah Dasar, (Jember: CSS, 2008).

Supardi, Kinerja Guru, ( Jakarta: Grafindo, 2014 ).

Sutrisno, O., Administrasi Pendidikan Dasar Teoritis dan Praktek Professional, (Bandung: Angkasa, 1985).

Syafaruddin, dkk., Kepemimpinan Pendidikan Kontemporer, (Bandung: Citapustaka Media, 2015).

Tim Penyusun Standar Kompetensi, Standar Kompetensi Kepala Sekolah TK, SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB, (Yogyakarta: PustakaYustisia, 2007).

Wahjosumdjo, Kepemimpinan Kepala Sekolah, (Jakarta: Raja Grafindo Persada 2007).

Wahjosumidjo, Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan permasalahannya, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2010).

Downloads

Published

2021-01-07

How to Cite

Yulianti, Y., Harmonika, S., & yahya, fizian. (2021). Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Mi Nw 02 Kembang Kerang Kecamatan Aikmel Lombok Timur. Jurnal Manajemen Dan Budaya, 1(1), 43–54. https://doi.org/10.51700/manajemen.v1i1.110