MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM UPAYA MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI SMK NW WANASABA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: 1) Manajemen sumber daya manusia di SMK NW Wanasaba. 2) Faktor pendukung dan penghambat dalam upaya meningkatkan profesionalisme guru di SMK NW Wanasaba. Penelitian ini ialah penelitian kualitatif dengan mengambil lokasi di SMK NW Wanasaba. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi dengan kepala sekolah atau wakil kepala sekolah, guru, dan waka kesiswaan. Langkah-langkah peneliti dalam mnganalisis data ialah pertama, dengan mengambil pokok-pokok dan memusatkan pada data yang berkaitan dengan hal-hal penting, kedua, penyajian data yang dilakukan berupa uraian singkat dan sejenisnya, ketiga, menarik kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini bahwa pertama Manajemen sumber daya manusia di SMK NW Wanasaba dilaksanakan dengan tahap sebagai berikut: a. Kepala sekolah melakukan perencanaan sumber daya manusia denga guru, b. rekrutmen dilakukan setiap tahun jika diperlukan dengan menyebarkan pengumuman lewat website, meding sekolah, media sosial dan informasi internal, c. seleksi administrasi, wawancara, dan micro teching, d. orientasi diberikan oleh kepala sekolah dan guru, e. penempatan terkait pembagian wali kelas, f. penilaian kerja dilakukan secara sistematis setiap hari dan setiap selesai semester, g. pelatihan di berikan oleh sekolah ataupu dari pemerintah, serta pengembangan guru dengan memberikan sebuh jabatan dalam struktural sekolah, h. kompensai dalam bentuk ucapan dan honor atau insentif, i. pemberhentian secara pribadi dan diberhentikan kepala sekolah. Kedua, faktor pendukung dan penghambat dalam peningkatan profeisoalisme guru selalu ada termasuk dari internal maupun eksternal baik dari pihak guru itu sendiri dan pihak sekolah.
Unduhan
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Referensi
Amirul Mukminin, Dkk, Manajmen Sumber Daya Manusia Dalam Pendidikan (Yogyakarta: UNY Press)
Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan terjemahannya, (Surabaya: PT. Karya Agung Surabaya, 2006).
Djaelany Haluty, ‘Islam Dan Manajmen Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas’. Irfani, Vol. 10 No. 1 (2014).
Fahmi Akilah, ‘Peranan Manajmen Sumber Daya Manusia Dalam Lembaga Pendidikan’, Ajmpi, Vol. 6 no. 1 (2018)
Feralys Novauli, ‘Komptensi Guru Dalam Peningkatan Hasil Belajar’ Jurnal Administrasi Pendidikan Vol 3 No 1 (Febuari 2015).
Musfah Jejen, Peningktan Komptensi Guru, (Jakarta: Kencana, 2011).
Nugrahani Farida, Metode Penelitaian Kualitatif (LPPM Universitas Bantara. 2014).
Nurul ulfatin dan Teguh Triwiyanto, Manajmen Sumber Daya, (Jakarta: PT Raja Gafindo Persada: 2016).
Rusdiana, Heryati Yeti, Pendidikan Profesi Keguruan, (Bandung: CV Pustaka Setia 2015 ).
Salim, Syahrum, Metode Penelitian Kualitatif, (Cita Pustaka Media: 2012), 147-150.
Sri Harmonika, ‘Hadist-Hadist tentang Manajmen Sumber Daya Manusia’ At-Tadair, Vol. 1 No. 1 (J2017).
Suriansyah Ahmad, dkk, Profesi Kependidikan, (Jakarta: PT Raja Grapindo Persada).
Syunardi Suryabrata, Metode Penelitian, (Jakarta: Rajawali, 1987).
Yusuf Ahmad, Balo Siregar, Guru Profesional Menurut Imam Al-Gazali dan Buya hamka, Al-Hikmah, Vol. 12 No. 1 (2015).