Strategi Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan

Penulis

  • fizian yahya STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang NTB
  • Nita Sunarya Herawati STAI Darul Kamal NW Kembang Kerang NTB

DOI:

https://doi.org/10.51700/manajemen.v5i2.695

Kata Kunci:

Strategi, Kepemimpinan Kepala Madrasah, Mutu Pendidikan

Abstrak

Madrasah merupakan lembaga pendidikan yang bersifat kompleks yang terdapat berbagai dimensi, terlebih di madrasah yang di dalamnya serat dengan mempertahankan nilai-nilai islam, di samping mengembangkan ilmu-ilmu umum sehingga memimpin madrasaha dibutuh strategi yang matang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi kepemimpinan kepala madrasah dalam mewujudkan mutu input, proses, dan output dalam meningkatkan mutu madrasah di MA Al-Mannan Bagik Nyaka dan apa saja yang menjadi faktor penghambat strategi kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu madrasah di MA Al-Mannan Bagik Nyaka. Metode yang digunakan peneliti yaitu kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Madrasah di MA Al-Mannan Bagik Nyaka yaitu dengan sosialisasi lewat ketua pengajian, dengan adanya beberapa kegiatan ekstrakulikuler yang masih aktif dijalankan salah satunya yang menonjol yaitu kitab kuningnya karena setiap tahunnya diprioritaskan. Selain itu, ada  beberapa prestasi yang pernah diraih oleh madrasah seperti juara 1 lomba tahfiz al-qur’an se-NTB dan juara 1 lomba panjat tebing di kabupaten. Termasuk juga dari segi siswanya yang selalu bertambah. Salah satu faktor yang menjadi penghambat peningkatan mutu madrasah yaitu banyaknya persaingan madrasah.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Bahrun, Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Pada SMA Negri 3 Meulaboh Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat, Jurnal Megister Administrasi Pendidikan Pasca Sarja Universitas She Kuala, Vol. 5, No. 3, Agustus 2017. http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JAP/article/view/9024/7339

E. Mulyasa. 2002. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Fathurrohman, Pupuh dan M. Sobry Sutikno. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Refika Aditama

Hasibuan, Mariana. 2017. Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Profeesionalisme Guru di MTs Negeri Lubuk Pakam, (Skripsi, UIN Sumatera Utara, 2017)

Jarome S. Arcaro. 2006. Pendidikan Berbasisis Mutu Prinsip-prinsip Perumusan dan Tata Langkah penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Jhon M. Echols dan Hasan Shadhily. 1976. Kamus Inggris Indonesia. Jakarta: Gramedia

Mulyadi. 2010. kepemimpinan Kepala sekolah dalam mengembangkan budaya mutu. Malang: UIN Maliki Press

Nanang Fattah. 2004. Landasan Manajemen Pendidikan. Cetakan Ke 7. Bandung : Pt. Remaja Rosdakarya

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Shaleh, Abdul Rahman. 2006. Madrasah dan Pendidikan Anak Bangsa. Jakarta: PT. Raja Grafindo persada

Siti Khodijah & Mohammad Syahidun Haq, Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19, Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, Vol. 9, No. 1 Tahun 2010. https://ejournal.unesa.ac.id/index._php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/38605

Tjiptono, Fandi dan Anastasia Diana. 2003. Total Quality Management. Yogyakarta: Andi Offset

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-06-14

Cara Mengutip

yahya, fizian, & Herawati, N. S. (2025). Strategi Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Manajemen & Budaya , 5(2), 115-120. https://doi.org/10.51700/manajemen.v5i2.695