Peran Pengasuh Dalam Membina Prilaku Sosial Anak Panti Asuhan
Isi Artikel Utama
Abstrak
. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pengasuh di Panti Asuhan Mande Kanduang Pakan Sinayan dan membina prilaku sosial anak asuh. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis deskriptif. Pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. informan pertama dalam penelitian ini adalah kepala panti asuhan Mande Kanduang sekaligus pengasuh dari panti asuhan tersebut, dan informan pendukung adalah anak anak yang ada di panti asuhan Mande Kanduang beserta kakak asuhnya. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengurus panti yang telah dianggap sebagai suatu keluarga bagi setiap anak panti dimana pengurus dan pengasuh panti mempunyai fungsi sebagai tempat pemenuhan kasih sayang, pemenuhan kebutuhan fisik, pendidikan dan memberikan pandangan hidup bagi anak-anak serta sebagai tempat penanaman nilai-nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat. Pengasuh berusaha bertindak dengan memberikan aturan di dalam panti untuk mengubah perilaku anak asuh kearah yang lebih baik. Serta pengasuh memiliki peran penting dalam membina prilaku sosial yang selalu di perlihatkan oleh setiap anak panti asuhan Mande Kanduang baik antar sesama maupun dengan masyarakat sekitar.
Unduhan
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Arseni. (2012). Peran Pengasuh Panti Asuhan Dalan Menstimuli Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 3-4 Tahun Di Panti Asuhan Bayi Sehat. UPI.
Bagong Suyanto. 2010. Pelanggaran Hak dan Perlindungan Sosial bagi Anak Rawan. Surabaya: Airlangga University Press
Bungin, Burhan. 2003. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Eliyana, E., Ramzi, M., & Sunardi, S. (2022). Manajemen Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Dalam Meningkatkan Nilai Moral Dan Agama Pada Anak Usia Dini Di Paud Insan Kaamil Teniga Lombok Utara. Jurnal Manajemen dan Budaya, 2(2), 70-86.
Hurlock, E. B. (1978). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
Ishak Abdulhak dan Ugi Suprayogi. 2012. Penelitian Tindakan dalam Pendidikan Nonformal. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Patriot Haruni. 2008. Pelayanan Sosial Anak (Studi Kasus Pada Panti Asuhan Anak “SEROJA”Bone. Makassar: Universitas Hasanuddin Makassar.
Purnama Afrella. 2018. Peranan pengasuh dalam membina perilaku sosial anak pada panti asuhan kluet utara kabupaten aceh selatan. Universitas Syiah Kuala
Sarlito. (2012). Psikologi Remaja. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sunardi, S. (2020). Global Era Education" Globalization of Global Education or Islamic Education". Journal of Islamic and Social Studies (JISS), 1(1), 59-74.
Sunardi, S., Utama, W. K., & Munir, M. (2024). Strategi Mutu Pesantren dan Tantangan Dekadensi Moral di Tengah Geliat Artificial Intelligence. Jurnal Manajemen dan Budaya, 4(2), 102-110.
Soekanto. (1990). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Perss.
Soekanto,Soerjono. 2005. Sosiologi Keluarga Tentang Ikhwal Keluarga,Remaja dan Anak. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Soekidjo, Notoatmodjo. 2013 Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta. 2013
Sugiyono. (2011). Motode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfab
Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlingdungan Anak tentang Hak dan Kewajiban Anak Pasal 8
Abu Ahmadi (1982). Dalam http://bidanlia.blogspot.com/2009/07/teoriperan.html diakses 3 Maret 2013