Relevansi Manajemen Madrasatul Ula dalam Penguatan Pendidikan Karakter
Analisis Historis dan Komparasi Praktik Modern
DOI:
https://doi.org/10.51700/manajemen.v5i2.1258Kata Kunci:
Madrasatul Ula, Pendidikan Karakter, Pendidikan ModernAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalam relevansi manajemen Madrasatul Ula dalam penguatan pendidikan karakter di era modern. Penelitian ini akan menjawab beberapa pertanyaan kunci: 1) Bagaimana fondasi historis pendidikan karakter di masa awal Islam dapat menjadi prototipe yang relevan bagi pendidikan modern?, 2) Apa saja persamaan dan perbedaan mendasar antara model pendidikan historis ini dengan praktik pendidikan kontemporer?, 3) Bagaimana tantangan modern dapat diatasi dengan mengintegrasikan kembali prinsip-prinsip Madrasatul Ula?. Sumber data penelitian ini terdiri dari literatur klasik mengenai sejarah pendidikan Islam awal, buku, artikel jurnal, disertasi, maupun karya ilmiah yang berkaitan dengan manajemen pendidikan Islam, sejarah pendidikan Islam, dan teori pendidikan karakter. Proses analisis meliputi reduksi data dengan memilih informasi yang relevan, mengelompokkan temuan dalam kategori tertentu seperti manajemen kelembagaan, kurikulum, strategi pembelajaran, serta nilai karakter, kemudian menginterpretasikan temuan historis untuk dihubungkan dengan konsep penguatan pendidikan karakter masa kini. Untuk menjaga keabsahan data, penelitian ini menerapkan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menemukan bahwa penguatan pendidikan karakter di Indonesia dapat berhasil jika seluruh pemangku kepentingan kembali menjadikan Madrasatul Ula sebagai fondasi, dengan manajemen dan pedagogi yang meneladani kepemimpinan Rasulullah SAW. Sintesis antara nilai-nilai tradisional dan metode modern adalah kunci untuk menciptakan generasi yang cerdas dan berakhlak mulia.
Unduhan
Referensi
Adm-Linus24. (2024, September 25). Blog: Literasi Nusantara. Diambil kembali dari Literasi Nusantara: https://penerbitlitnus.co.id/teori-pendidikan-klasik-kontemporer/
Al-Mubarakfuri, S. (1414 H). Ar- Rahiqul Makhtum, Bahtsun fi As-Sirah An-Nabawiyah ala shahibina Aidhalish Salati wa Sallam (Indonesia ed.). (Y. Maqosid, Penyunt., & K. Suhardi, Penerj.) Riyadh: Darussalam.
Aminah, N., & Bachtiar, M. (2025). Hadis Tentang Konsep Manajemen Pengorganisasian Pendidikan Islam Dalam Perspektif Hadits. Indonesian Journal of Islamic Studies (IJIS), 1(1), 98-106.
Aminah, N., Maryati, Bachtiar, M., & Ashpandi. (2025). Hadist Tentang Konsep Manajemen Pengorganisasian Pendidikan Islam Dalam Perspektif Hadist. Indonesian Journal Of Islamic Studies (IJIS), 1(1), 98-106.
A'yuni, Q. (2020, September 8). Sejarah: Darul Arqam: Basecamp dan Tempat Dakwah Rasulullah SAW di Makkah. Diambil kembali dari Islami.co: https://islami.co/darul-arqam-basecamp-dan-tempat-dakwah-rasulullah-saw-di-mekah/
Channa, L. (2019). PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERSPEKTIF HADIS NABI SAW. Digilib UIN Surabaya, 1-18.
Fahruddin, M. (2025). Manajemen Pendidikan Karakter Religius: Studi Komparatif Pesantren NU, Muhammadiyad dan Hidayatullah. Peradaban Jounal of Interdiciplinary Educational Research, 3(1), 32-45.
Handoyo, B. (2012, Maret 15). Hangeo: Wordpress. Diambil kembali dari Wordpress: https://hangeo.wordpress.com/2012/03/15/kendala-kendala-implementasi-pendidikan-karakter-di-sekolah/
Hidayat, A. A., & Muttaqin, I. (2024). Kepemimpinan Dalam Pendidikan Islam (Pengertian, Karakteristik, Kepemimpinan Rasulullah, Karakteristik Kepemimpinan Islam dan Keberhasilannya). Katalus Pendidikan: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Matematika, 1(4), 173-185.
Koestanti, M., Kurahman, O. T., & Rusmana, D. (2024). Peran Ibu Sebagai Madrasatul Ula Terhadap Perkembangan Karakter Anak. SYMFONIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(2), 132-141.
Masykur, A. D., & Yazid, S. (2025). Metode Mengajar Rasulullah SAW: Kajian Pedagogis-Sosiologis. Hikmah: Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam, 2(1), 275-290.
Mubarok, M. R., Al Labib, A. N., & Ni'am, M. A. (2024). The Mother's Role as Madrasatul Ula (First Education) in Forming Children's Learning Motivation in The Digital Era. The 1st Proceeding of International Conference of Religion, Healt, Education, Science and Technogy (ICORHESTECH) (hal. 144-151). Situbondo: Universitas Ibrahimy Situbondo.
Mubarokah, L. (2024, Februari 29). Berita : Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru. Diambil kembali dari Pengadilan Tinggi Agama Pekanbaru: https://www.pta-pekanbaru.go.id/26330/kepemimpinan-rasulullah-dan-kepimpinan-di-era-modern.html
Mulasi, S. (2021). Peran Madrasatul Ula Dalam Pembentukan Kecerdasan Spiritual Anak. Genderang Asa: Journal Of Primary Education, 2(1), 25-40.
Nasiiyah. (2025, April 12). Academic: SCRIBD. Diambil kembali dari SCRIBD: https://www.scribd.com/document/849084244/Manajemen-pendidikan-Islam-dan-konvensional-memiliki-perbedaan-dalam-hal-landasan-konseptual
Noviansyah, A. (2020). Perkembangan Masjid Nabawi Sebagai Aktivitas Pendidikan Islam di Masa Rasulullah SAW: Dari Awal Hijrah Ke Madinah Sampai Wafatnya Rasulullah SAW. Jakarta Selatan: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.
Nurmadiah. (2018). Konsep Dasar Pendidikan Karakter. Jurnal Al-Afkar, VI(2), 33-66.
Oviyanti, F., Maryamah, Mustopa, Azimah, Sulastri, Madina, . . . Zulhijra. (2022). Perbandingan Pendidikan Islam Kontemporer. Yogyakarta: BILDUNG.
Plato, M. (2024, Februari 8). Narasi Spirit: Satu Guru. Diambil kembali dari Satu Guru: https://satuguru.id/spiritualitas/narasi-spirit/wajib-paham-penyebab-kegagalan-pendidikan-karakter-di-sekolah/
Ritonga, A. A., Lubis, Z., Khurniawan, D., & Nazri, E. (2021). Prinsip-Prinsip Manajemen Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Tambusai, 10603-10607.
Rizki. (2023, Mei 4). Berita : Sejarah Darul Arqam. Diambil kembali dari Suara Muhammadiyah: https://web.suaramuhammadiyah.id/2023/05/04/sejarah-darul-arqam/
Rosdiarini, R. (2020). 28. IMPLEMENTASI PRINSIP-PRINSIP MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM: STUDI KASUS MADRASAH IBTIDAIYAH “AL-MUKMININ” KALANGAN, JOMBANG. NidhomulHaq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 80-101.
Sari, S. R. (2024). Peran Ibu Sebagai "Madrasatul Ula" dalam Pendidikan Ahlak di Keluarga: Studi Kasus Wanita Karir di Kelurahan Purwosari Metro Utara . Metro: Institut Agama Islam Negeri Metro.
Suyanto, S. (2011, Mei 22). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Terpadu. Cakrawala Pendidikan, 97-109.
Utama, F. T., Suja, A., Setyawan, C. E., & Munir, M. (2021). Metode Pembelajran Rasulullah SAW: Kajian Tentang Metode Pembelajran Rasulullah SAW Ditinjau Dari Hadist. Al-Manar: Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, 10(2), 62-73.
Yuliharti. (2018). Pembentukan Karakter Islami Dalam Hadis dan Implikasinya Pada Jalur Pendidikan Non Formal. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 4(2), 216-228.
Yuwono, R. (2025, Februari 1). Sekolah: Suara Merdeka. Diambil kembali dari Suara Merdeka: https://www.suaramerdeka.com/pendidikan/0414465621/apa-yang-bikin-pendidikan-karakter-gagal-di-sekolah-simak-materi-coach-yus-di-masjid-raya-baiturrahman-semarang
Zain, M. F. (2016, April 8). Academic: SCRIBD. Diambil kembali dari SCRIBD: https://www.scribd.com/doc/307424338/Pentingnya-Pendidikan-Karakter-Di-Era-Modern
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Muhammad Sabri

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

