Isi Artikel Utama

Muhammad Sabri

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengkaji lebih dalam tentang exclusive learning program dan bagaimana pengalaman-pengalaman belajar yang didapatkan santri yang menikuti program tersebut serta bagaimana perkembangan kemampuan komunikatif, kreativitas, kolaborasi dan kemampuan berpikir kritis mereka. Pouplasi dari penelitian ini adalah semua pihak yang berperan dalam ELP di SMA IT Arrisalah, Mulai dari pembuat kebijakan (Kepala Sekolah), pelaksana Kebijakan (Deputi Kurikulum), seluruh tenaga Pengajar/tutor dan peserta didik. Pemilihan sampel dilakukan dengan tehnik Purpossive Sampling, sehingga terpilih 11 orang responden sebagai sampel penelitian. data dikumpulkan dengan tehnik observasi dan wawancara. Data yang didapat dari hasil observasi dan wawancara diuji keabsahannya dengan teknik triangulasi sumber dan triangulasi meotode, kemudian  dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif yang kemukakan oleh Miles dan Huberman dengan tiga langkah analisis yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses belajar mengajar yang digunakan dalam program exclusive learning program didesain untuk dapat mengembangkan kemampuan Komunikasi, berpikir kritis, bekerjasama dan berpikir kreatif peserta didik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Sabri, M. (2024). Exclusive Learning Program Sebgai Inovasi Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Kemampuan Abad 21 (Kreatif, Kritis, Komunikatif dan Kolaboratif). Jurnal Manajemen &Amp; Budaya, 4(1), 70–79. https://doi.org/10.51700/manajemen.v4i1.558
Bagian
Articles

Referensi

Dewi, D. T. (2020). Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UNDIKSHA, 1-14.

Fakhriyah, F. (2014). Penerapan Problem Based Learning dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA, 95-101.

Nafiah, Y. N., & Suyanto, W. (2014). Penerapan model problem-based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 125-143.

Ningsih, P. R., Hidayat, A., & Kusairi, S. (2018). Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas III. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan, 1587-1593.

Nursoffina, M., & Efendi, N. (2022). Analysis of the Relationship between Mathematical Reasoning and Problem Solving of Elementary Students Mathematics Material. Academia Open, 6-11.

Risti, D. (2021). Pengembangan Komik Interaktif Soal Cerita Matematika Berbasis Tpack Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SD. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 204-220.

Rosmana, P. S., Iskandar, S., Annisa, N., Nurfadilah, A., & Maharani, &. (2022). Kesiapan Sekolah Dasar Dalam Menerapkan Kurikulum Prototipe Untuk Menciptakan Generasi Yang Kreatif dan Inovatif. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 10 (2), 175-184.

Sa'adah, M., Suryaningsih, S., & Muslim, B. (2020). Pemanfaatan multimedia interaktif pada materi hidrokarbon untuk menumbuhkan keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan, 195-208.

Satwika, Y. W., Laksmiwati, H., & Khoirunnisa, R. N. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan: Teori dan Praktik, 7-12.

Setiyanti, S. W. (2012). Membangun Kerja Sama Tim (Kelompok). Jurnal STIE Semarang, 59-65.

Setyaningtyas, E. W. (2019). Potensi Metode 1:4:P:C:R untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 111-121.

Setyorini, U., Sukiswo, S. E., & Subali, B. (2011). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir kritis Siswa SMP . Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 52-56.

Sitepu, A. S. (2019). Pengembangan Kreativitas Siswa. Bogor: Guepedia Publisher.

Syafaruddin, I. S., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis: Studi Kasus pada siswa MTs Negeri 4 Tangerang. Suska Journal of Mathematics Education, 089-100.