Manajemen Lembaga Pendidikan Berorientasi Mutu Di MA Sunan Pandanaran Yogyakarta
Main Article Content
Abstract
Madrasah Aliyah Sunan Pandanaran ini merupakan lembaga pendidikan yang sangat dikenal baik di Yogyakarta maupun Luar Yogyakarta. Selain itu, MA Sunan Pandanaran mempunyai beberapa program layanan pendidikan dan kerja sama dengan berbagai lembaga pendidikan. Dengan kemampuan MA Sunan ini menunjukkan bahwa Manajemen Mutu di lembaga pendidikan tersebut dikelola dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana lembaga pendidikan Islam yang berorientasi pada Mutu Pendidikan. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Peneliti mencoba menganalisis pengelolaan lembaga Pendidikan Islam yang berorientasi pada mutu pendidikan pesantren. Teknik pengumpulan data dapat dilakukan dengan Observasi (pengamatan), Interview (wawancara), dan Dokumentasi Gabungan ketiganya. Sistem pengendalian mutu MA sunan pandanaran dilakukan melalui Sumber Daya Manusia dengan mengadakan Teaching training center dan ada beberapa kegiatan yang di lakukan dalam sistem pengendalian mutu, yaitu: Mengadakan breffing pagi sebelum masuk ke kelas jam pertama, Setiap akhir bulan mengadakan evaluasi kurikulum pembelajaran, Wali kelas, tenaga pendidik, guru mapel melakukan evaluasi sikap dan pengetahuan peserta didik. Sistem evaluasi MA Sunan pandanaran yaitu ada beberapa mekanisme yang dilakukan yaitu dari program monitoring dan evaluasi yang menyangkut: penyusunan rencana monitoring untuk setiap kegiatan, Melaksanakan monitoring dan evaluasi penyelenggaraan pendidikan, Menyusun Laporan, Tindak Lanjut Monitoring dan Evaluasi.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
License
This is an Open Access article distributed under the terms of a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
References
Asmani, Jamal Ma’mur, Tips Praktis Membangun dan Mengolah Administrasi Sekolah (Yogyakarta: Diva Press, 2011)
Suryobroto, B., Manajemen Pendidikan di Sekolah (Jakarta: Rineka Cipta, 2004)
Danim, Sudarwan, Visi Baru Manajemen Sekolah (Dari Unit Birokrasi ke Lembaga Akademik) (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2006)
Departemen Agama, Pedoman Akreditasi Madrasah (Jakarta: Dirjen Kelembagaan Islam, 2005)
Dokumentasi, Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) MA Sunan Pandaran, 2018-2021.
Kuncoro, E. A., dalam Buchori Alma (ed), Manajemen Coorporate Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan : Fokus Mutu dan Layanan Prima (Bandung, Alfabeta, 2008)
Engkoswara dan Komariah, A., Administrasi Pendidikan (Bandung: Alfabeta , 2010)
Gaspersz, Vincent, Total Quality Management (Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2001)
John W. Creswell, Penelitian Kualitatif & Desain Riset; Memilih Di Antara Lima Pendekatan (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015)
Komariyah, Aan dan Cepi Triatna, Visonary Leadership; Menuju Sekolah Efektif (Jakarta: Bumi Aksara, 2008)
Nanang Fattah, Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2012)
Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013, Standar Isi, Pasal 1, ayat(6)
Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013, Standar Pembiayaan, Pasal 1, ayat (11)
Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Pasal 1, ayat (8)
Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013, Standar Penilaian,Pasal 1, ayat (12)
Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013, Standar Proses, Pasal 1, ayat (7)
Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013,Standar Kompetensi Lulusan, Pasal 1, ayat (5).
Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013,Standar Sarana dan Prasarana, Pasal 1, ayat (9).
Prihatin, Eka, Teori Administrasi Pendidikan (Bandung: Alfabeta, 2011)
Ravik Karsidi, Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Penerapan Teknologi Belajar Jarak Jauh, Makalah Disampaikan dalam Seminar Regional Unit Pelaksana Belajar Jarak Jauh – Universitas Terbuka, Solo: 28 Mei 2005.
Sagala, Syaiful, Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan; Konsep, Strategi dan Aplikasi (Jakarta: PT Grasindo, 2002)
Sudarwan Danim, Agenda Pembaruan Sistem Pendidikan (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003)
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Bandung: Alfabeta, 2015)
Sukmadinata, dan Syaodih, N., Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013)
Usman, Husaini, Manajemen: Teori, Praktik, dan Reset Pendidikan (Jakarta: Bumi Aksara, 2009)
Most read articles by the same author(s)
- Taupan Jayadi, Muhammad Thohri, Fathul Maujud, Safinah Safinah, MANAJEMEN INTEGRASI KURIKULUM MADRASAH DENGAN KURIKULUM PESANTREN DALAM MENINGKATKAN MODERASI BERAGAMA , Jurnal Manajemen dan Budaya : Vol. 4 No. 1 (2024): Jurnal Manajemen dan Budaya
- Supatah Supatah, Muhammad Thohri, Moh. Iwan Fitriani, Safinah Safinah, Implementation of Peer To Peer Supervision in Teacher Competency Development , Jurnal Manajemen dan Budaya : Vol. 4 No. 2 (2024): Jurnal Manajemen dan Budaya