Implementasi Supervisi Peer To Peer dalam Mengembangkan Kompetensi Guru
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang implementasi supervisi peer to peer dalam mengembangkan kompetensi guru SMPN 17 Mataram dan MTSN 3 Mataram kecamatan sekarbela. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif menghasilkan data deskriptif. Data pada penelitian ini terdiri dari dua macam yaitu; data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan; 1) Obervasi 2) Wawancara 3) Dokumentasi. Teknik analisis data yang peneliti gunakan yaitu; pengumpulan data bersamaan dengan proses penelitian, penyajian data, data reduksi dan penarikan kesimpulan.Teknik yang digunakan dalam uji keabsahan data yaitu; triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi supervisi peer to peer di SMPN 17 Mataram dan MTSN 3 Mataram melibatkan berbagai bentuk, seperti penetapan administrasi pengajaran dan penilaian perangkat pembelajaran. Kompetensi guru yang berkembang melalui supervisi peer to peer mencakup kemampuan kolaborasi, komunikasi, pengetahuan pedagogik, serta penggunaan teknologi di SMPN 17 Mataram, dan kemampuan merefleksi diri, kolaborasi, keterampilan pembelajaran aktif, dan pengetahuan pedagogik di MTSN 3 Mataram.
Unduhan
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
Aedi, Nur. 2014. Pengawasan Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Alfath, Annisa, Fara Nur Azizah, dan Dede Indra Setiabudi. 2022. “PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYONGSONG KURIKULUM MERDEKA BELAJAR.” Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Pendidikan 1(2):42–50. doi: 10.56444/soshumdik.v1i2.73.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Teoritik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Asf, Jasmani, dan Syaiful Mustofa. 2013. Supervisi Pendidikan: Terobosan Baru dalam Peningkatan Kinerja Pengawas Sekolah dan Guru. Yogyakarta: Ar-. Ruzz.
Creswell, John W. 2013. Research Design : Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan Mixed. 3 ed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hadi, Abdul Hadi, Barowi Barowi, Moh Nasuka, dan Munasir Munasir. 2019. “MANAJEMEN SUPERVISI TEMAN SEJAWAT DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PADA MA NU BANAT KUDUS.” Intelegensia : Jurnal Pendidikan Islam 7(2). doi: 10.34001/intelegensia.v7i2.1279.
Handayani, Lina, Achmad Hilal Madjdi, dan Suad Suad. 2021. “Pengembangan Model Supervisi Akademik Berbasis Rekan Sejawat Di SMP Negeri Se-Kecamatan Bae Kabupaten Kudus.” Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran 4(2):317–34. doi: 10.30605/jsgp.4.2.2021.1319.
Inayatullah. 2011. “KONTRIBUSI FAKTOR-FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL TERHADAP PENINGKATAN KINERJA PROFESIONAL GURU.” Edukasi 3(1):51–74.
Kristiawan, Muhammad. t.t. Manajemen Pendidikan.
Miles, Matthew B., A. Michael Huberman, dan Johnny Saldana. 2013. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. SAGE Publications.
Moleong, Lexy J. 2018. Metologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. 2011. Manajemen Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Cet.2. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Risnita, Risnita. 2021. “Penerapan Supervisi Klinis Teman Sejawat Untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Dan Kompetensi Profesioanal Guru SMAN I Pangkalan Kerinci.” MAJAMATH: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika 4(2):125–35. doi: 10.36815/majamath.v4i2.1216.
Santoso, Firman Budi. 2019. “PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0.” Revitalisasi Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Di Era Revolusi Industri 4.0 (0).
Sudarwan, Danim. 2011. Inovasi Pendidikan: dalam Kerangka Profesionalisme Tenaga Pendidikan,. Bandung: PT. Pustaka Setia.
Supardi. 2014. Kinerja Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Group.