Isi Artikel Utama

Masjudin Masjudin
Muhammad Thohri
Nazar Na'amy

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini untuk menguji pengaruh manajemen konflik terhadap kompetensi, motivasi, kinerja pendidik di MTs se-Kecamatan Lembar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Pengumpulan data menggunakan angket dengan jumlah populasi dan sampel sebanyak 104 orang pendidik dari 11 MTs se- Kecamatan Lembar. Teknik analisis data dengan uji asumsi klasik dan uji hipotesis dengan cara uji regresi sederhana dan multivariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh manajemen konflik berpengaruh terhadap kompetensi dibuktikan dengan hasil analisis regresi sederhana bahwa nilai Sig. bernilai 0,003 (0,003<0,05), adanya pengaruh manajemen konflik terhadap motivasi dibuktikan dengan hasil analisis regresi sederhana bahwa nilai Sig. bernilai 0,029 (0,029<0,05), dan adanya pengaruh manajemen konflik terhadap kinerja dibuktikan dengan hasil analisis regresi sederhana bahwa nilai Sig. bernilai 0,001 (0,001<0,05). Kepemimpinan kepala madrasah yang efektif dalam melaksanakan manajemen konflik dapat memberikan berkontribusi pada peningkatan kompetensi pendidik melalui dukungan dan bimbingan yang mereka berikan

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Masjudin, M., Thohri, M., & Na’amy, N. (2024). Pengaruh Manajemen Konflik Terhadap Peningkatan Kompetensi, Motivasi, dan Kinerja Pendidik. Jurnal Manajemen Dan Budaya, 4(2), 39–51. https://doi.org/10.51700/manajemen.v4i2.636
Bagian
Articles

Referensi

Agmila, H. A. (2020). Pengaruh Manajemen Konflik Terhadap Motivasi Dan Kinerja Pendidik Di MIN Jati Pandansari Dan SDI Al Gontory Tulungagung. Dissertasi. IAIN Tulungagung.

Anwar, K. (2018). Urgensi penerapan manajemen konflik dalam organisasi pendidikan. Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 1(2), 31-38.

Anwar, M. (2018). Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Prenada Media.

Budiman, S. (2019). Pengaruh Manajemen Konflik Terhadap Kinerja Guru Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Al Wasliyah Kabupaten Labuhanbatu. Kapital: Jurnal Ilmu Manajemen, 1(2).

Burahman, H. (2022). Pengaruh Manajemen Konflik dan Pelatihan Barista Terhadap Kemampuan Kerja Barista Scoffeeshop Di Kota Padang. Tesis, Universitas Negeri Padang.

Ginola, D. (2022). Analisis Pengaruh Manajemen Konflik dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan PD Puncak Jaya di Pontianak, BIS-MA (Bisnis Manajemen), 6(10).

Kartini & Kristiawan, “Pengaruh tunjangan profesi dan motivasi kerja terhadap kinerja guru.” Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(1).

Lesmana, R. (2014). Pengaruh Komunikasi dan Manajemen Konflik Terhadap Kinerja Guru (Studi Kasus Guru SDN Galang Kota Batam). Jurnal teknologi, Kejuruan dan Pengajarannya, 2(1).

Madjid, A. (2016). Pengembangan Kinerja Guru Melalui: Kompetensi, Komitmen dan Motivasi Kerja. Jakarta: Samudra Biru.

Mangkunegara, A. P. (2000). Manajemen SDM. Bandung: Rosdakarya, 2000.

Mulyono. (2009). Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media 2009.

Palgunadi & Mansyur. (2016). Pengaruh Manajemen Konflik dan Perubahan Organisasi terhadap Kinerja Pegawai pada Kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Papua. Future: Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 4(1).

Rizkia, A. P. (2017). Hubungan Manajemen Konflik Dengan Motivasi Kerja Guru di SMA Darul Ulum 1 Unggulan BPP-Teknologi Jombang, Dissertasi. UIN Surabaya.

Ross, M. H. (1993). The Management of Conflict: Interpretations and. Interest in Comparative Perspective. New Haven: Yale University Press.

Rostini, D., Sulaiman, S., & Amaly, N. (2023). Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Manajemen Konflik. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 173-180.

Rozalina, N. (2013). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Manajemen Konflik terhadap Kinerja Karyawan PT. Sinar Sosro Kantor Penjualan Wilayah (KPW) Jawa Timur. Jurnal Eksekutif, 10(1).

Sardiman. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Siswanto. (2011). Manajemen Konflik, Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.

Uno, H. B. (2023). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.