Edukasi Literasi Sebagai Upaya Meningkatkan Minat Baca Di Dusun Karang Petak Desa Aikmel Utara Kecamatan Aikmel
DOI:
https://doi.org/10.51700/empowerment.v5i2.1269Keywords:
Edukasi, Literasi, Minat Baca, Masyarakat PedesaanAbstract
Minat membaca masyarakat di daerah pedesaan masih menjadi tantangan signifikan dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia dan daya saing bangsa. Di Dusun Karang Petak, Desa Aikmel Utara, budaya membaca masih tergolong rendah akibat beberapa faktor, seperti terbatasnya akses terhadap bahan bacaan, kurangnya fasilitas literasi, serta rendahnya kesadaran akan pentingnya membaca. Selain itu, dominasi teknologi digital yang lebih fokus pada hiburan turut mengikis kebiasaan membaca, terutama di kalangan anak-anak dan remaja. Pengabdian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab rendahnya minat membaca serta mengembangkan strategi edukasi literasi guna meningkatkan budaya membaca di masyarakat. Metode yang digunakan adalah Participatory Action Research (PAR) melalui tahapan persiapan, pelaksanaan, pendampingan, dan evaluasi. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca, menumbuhkan kesadaran akan pentingnya literasi, dan menciptakan lingkungan yang mendukung pengembangan budaya membaca secara berkelanjutan.
Downloads
References
Amalia, A., Suriansyah, A., & Cinantya, C. (2024). Upaya Meningkatkan Minat Baca pada Siswa Sekolah Dasar. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(4), 2083-2091.
Amir, J., Dalle, A., Fatimah, S., Burhamzah, R., & Alamsyah, A. (2024). Gerakan Literasi: Meningkatkan Minat Baca pada Komunitas Lokal di Kecamatan Anggeraja. Ininnawa: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 287-293.
Arfani, R. N., & Ambardi, K. (2024). Transformasi Digital dan Daya Saing Seleksi Kasus. UGM PRESS.
Handayani, N. A., & Maknun, L. L. (2022). Optimalisasi Gerakan Literasi Terhadap Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. MADROSATUNA: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 47-63.
Iman, B. N. (2022). Budaya literasi dalam dunia pendidikan. Proceeding Umsurabaya, 1(1).
Jannah, M. (2025). Membangun Rumah Literasi di Desa: Menumbuhkan Budaya Membaca dan Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Jurnal Literasi Digital, 5(1), 1-10.
Mubasir, A. (2024). Literasi Membaca Dan Menulis Untuk Meningkatkan Kualitas Mengajar Guru Di Mts Darunnajah Jakarta (Doctoral dissertation, Universitas PTIQ Jakarta).
Muttaqin, M. F., Ahsani, E. L. F., & Wijayama, B. (2025). PROBLEMATIKA PENDIDIKAN DI INDONESIA: TANTANGAN DAN SOLUSI (Mengupas Aspek Sosial, Ekonomi, dan Karakter dalam Pendidikan). Cahya Ghani Recovery.
Sunardi, S., & Sabri, M. (2021). OPTIMALISASI PENGELOLAAN PEMBELAJARAN KELAS ALAM PADA MASA PANDEMI DI DUSUN KEDATUK DESA KEMBANG KERANG DAYA. Empowerment: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2), 62 - 70. https://doi.org/10.51700/empowerment.v1i2.261
Syahidin, S. (2020). Meningkatkan Minat Membaca melalui Gerakan Literasi Sekolah. ASATIZA: Jurnal pendidikan, 1(3), 373-380.
Press, U. G. M. (2021). Perempuan dan literasi digital: antara problem, hambatan, dan arah pemberdayaan. Ugm Press.
Wekke, I. S. (2022). Metode Pengabdian Masyarakat: Dari Rancangan ke Publikasi. Penerbit Adab.
Zahra, M. PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI DALAM KONTEKS LITERASI ANAK USIA DINI.
Zulkarnaen, Z., Nurul Habib, M., Rozi, M., Supaedi, S., Izzi, H., Riantini, R., Alfiani, R., Sriwati, S., Susilayanti, S., & Sunardi, S. (2022). BIMBINGAN DINIYAH UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN AGAMA ISLAM DIDUSUN KELING DESAKALIJAGA TENGAH. Empowerment: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 58 - 65. https://doi.org/10.51700/empowerment.v2i1.331
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Multazam Hajras, Muhammad Ali Jum’ah Rahmatullah, Taufiqurrahman Taufiqurrahman, M. Junaidi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


