Pendampingan Pengembangan Inovasi Produk, Kemasan, dan Pemasaran Makanan Tradisional Kare-Kare di Desa Sukadana

Authors

  • Zamroni Alpian Muhtarom Universitas Mataram
  • Muhammad Mujahid Dakwah Universitas Mataram
  • Zefanya Andryan Girsang Universitas Mataram
  • Mohammad Najib Roodhi Universitas Mataram
  • Rio Abadi Gunawan Universitas Mataram
  • Suhaemi Hilmi Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.51700/empowerment.v5i2.1288

Keywords:

Inovasi Produk, Kemasan, Pemasaran Digital, Kare-Kare, UMKM

Abstract

Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing usaha mikro produsen makanan tradisional Kare-Kare di Desa Sukadana melalui inovasi produk, modernisasi kemasan, dan penerapan pemasaran digital. Kegiatan dilaksanakan menggunakan pendekatan Participatory Action Research (PAR) selama delapan bulan yang mencakup tahap perencanaan, pelatihan, penerapan teknologi, pendampingan intensif, serta refleksionisme. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan pada keterampilan mitra dalam menciptakan varian rasa baru seperti original, red beludru, dan matcha yang disukai konsumen. Desain kemasan modern berbasis vakum sealer berhasil memperpanjang masa simpan produk dan memperkuat citra merek. Pemanfaatan media sosial dan pasar memperluas jangkauan pemasaran dan meningkatkan penjualan. Secara keseluruhan, kegiatan ini berkontribusi terhadap penguatan kapasitas usaha lokal serta memberikan model pendampingan yang dapat direplikasi bagi UMKM berbasis produk tradisional di daerah lain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Rahmat, & Mira Mirnawati. (2020). Model Participation Action Research Dalam Pemberdayaan Masyarakat. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(1), 62–71. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/AKSARA/index. http://dx.doi.org/10.37905/aksara.6.1.62-71.2020

Afandi, A., Laily, N., Wahyudi, N., Umam, M. H., Kambau, R. A., Rahman, S. A., Sudirman, M., Jamilah, Kadir, N. A., Junaid, S., Nur, S., Parmitasari, R. D. A., Nurdiyanah, Wahid, M., & Wahyudi, J. (2022). Metodologi Pengabdian Masyarakat. In Metodologi Pengabdian Masyarakat (p. 248). Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.

Farida, G., Fricticarani, A., Lutfiah, J., Rohenah, Novianti, Novalia, Nadila, Handito, R., Wiranata, O. C., Reihan, M., & Surya, J. (2024). PENDAMPINGAN INOVASI PRODUK SIDU (SINGKONG DADU): PELUANG PENGEMBANGAN UMKM DENGAN VARIAN RASA DI DESA KADUAGUNG TIMUR KECAMATAN CIBADAK. Communnity Development Journal, 5(4), 8142–8147. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.33663

Hanifawati, T., Suryantini, A., & Mulyo, J. H. (2017). Pengaruh atribut kemasan makanan dan karakteristik konsumen terhadap pembelian. Agriekonomika, 6(1), 72–85. https://doi.org/10.21107/agriekonomika.v6i1.1895

Kusnandar, Harisudin, M., Adi, R. K., Qonita, R. A., Khomah, I., Riptanti, E. W., & Setyowati, N. (2025). Perbaikan kemasan Sebagai Upaya Peningkatan Daya Saing Produk Ukm Murni Snack. Kawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 320–327. https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i2.34958

Novita, & Sundari, R. (2025). Peningkatan Nilai Tambah Produk Pangan Olahan Jajanan Pasar Berbahan Lokal. JPK: Jurnal Pengabdian Kompetitif, 4(1), 111–119. https://doi.org/10.35446/pengabdiankompetif.v4i1.2308

Purwanta, Qihaj, D. F., Auliarachim, H. N., & Royanul, S. A. (2025). Digitalisasi Pemasaran UMKM Desa Puntukdoro Berbasis Web dan Geotagging untuk Penguatan Ekonomi Lokal. Jurnal Parikesit: Jurnal Pengabdian, Riset, Kreativitas, Inovasi, Dan Teknologi Tepat Guna, 3(1), 148–159. https://doi.org/10.22146/parikesit.v3i1.16499

Wardiningsih, R. (2022). Analisis pengembangan usaha mikro kecil dan menengah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kecamatan Pujut. Yasin, 2(3), 383–392. https://doi.org/10.58578/yasin.v2i3.419

Yudhanto, F., Anugrah, R. A., & Wijaya, O. (2022). Pelatihan pengemasan dan pemasaran produk UMKM masyarakat di Desa Wates Kulon Progo. Diseminasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 61–66. https://doi.org/10.33830/diseminasiabdimas.v4i1.1833

Zumaeroh, Z., Prabawa, A., Muntahanah, S., Adhitya, B., & Purnomo, S. D. (2023). The entrepreneurial pattern sought to improve food security. Eduvest-Journal of Universal Studies, 3(1), 191–200. https://doi.org/10.59188/eduvest.v3i1.726

Published

2025-10-31

How to Cite

Alpian Muhtarom, Zamroni, Muhammad Mujahid Dakwah, Zefanya Andryan Girsang, Mohammad Najib Roodhi, Rio Abadi Gunawan, and Suhaemi Hilmi. “Pendampingan Pengembangan Inovasi Produk, Kemasan, Dan Pemasaran Makanan Tradisional Kare-Kare Di Desa Sukadana”. Empowerment: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat 5, no. 2 (October 31, 2025): 127-134. Accessed December 8, 2025. https://journal.staidk.ac.id/index.php/pkm/article/view/1288.

Issue

Section

Articles