Nonton Bareng Film Muhammad The Messenger of God: Strategi Meningkatkan Pengetahuan Sejarah Nabi di SDN Malati

Strategi Meningkatkan Pengetahuan Sejarah Nabi di SDN Malati

Authors

  • Muhammad Fajri Sekolah Tinggi Agama Islam Sadra
  • Netipoom Langkawiket Sekolah Tinggi Agama Islam Sadra
  • Sayyidah Khodijah Sekolah Tinggi Agama Islam Sadra
  • Egi Sukma Baihaki Sekolah Tinggi Agama Islam Sadra

DOI:

https://doi.org/10.51700/empowerment.v5i2.1330

Keywords:

Generation Alpha, History of the Prophet, Muhammad the Messenger of God, SDN Malati

Abstract

Perkembangan teknologi adalah hal yang terjadi di setiap tempat terutama media sosial menjadi sumber informasi yang paling mudah digapai melalui gawai, generasi alpha menjadi konsumen yang paling tinggi dalam mengonsumsi media sosial. Melalui pendekatan Participatory Action Research nonton bareng film Muhammad The Messenger of God bertujuan untuk membantu anak SDN Malati Desa Cibodas dalam proses pembentukan karakter yang dialami generasi alpha dalam era globalisasi dan tontonan yang beragam dari media sosial dengan lebih mengenal sosok Nabi Muhammad bukan hanya sebagai tokoh penting dalam agama yang harus dipercaya namun sebagai tokoh yang harus diteladani. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif didapat bahwa dengan nonton bareng film Muhammad The Messenger of God dapat meningkatkan pengetahuan anak-anak SDN Malati Desa Cibodas mengenai siapa sosok Nabi Muhammad dan keteladanan yang dapat contoh dari hidupnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arif, M., & Romelah, R. (2023). Implementasi Pembelajaran PAI Melalui Media Film Kisah Nabi di SMPIT NIQ Bunguran Timur-Natuna. Research and Development Journal of Education, 9(1), 56–60. https://doi.org/10.30998/rdje.v9i1.13876.

Azizah, M., Kustati, M., & Amelia, R. (2023). Pendampingan Pelajaran Tarikh Islam Melalui Youtube Tentang Nabi Muhammad SAW di Thawalib Padang. Kegiatan Positif: Jurnal Hasil Karya Pengabdian Masyarakat, 1(4), 69–77. https://doi.org/10.61132/kegiatanpositif.v1i4.474.

Dewi, M. K., & Sholikah, M. (2019). Pengajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Sirah Nabawiyah pada Anak Usia Dini. International Proceeding of ICESS. International Conference of Education and Social Science, Nganjuk.

Faza, M. M., Faiz, R., & Sajidin. (2024). The Efektivitas Nobar Film Nasionalisme dan Sejarah Islam dalam Meningkatkan Kesadaran Sejarah dan Keagamaan Generasi Muda: Studi Kasus di Masyarakat Pedesaan. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 5(2), 1–11.

Herawaty, N., Lukitowati, S., Sunyata, L., Varanida, D., & Olifiani, L. P. (2022). Edukasi Mengenai Tayangan Anak dan Pentingnya Pendampingan Anak dalam Menonton melalui Seminar dan Konten Audio Visual Berbasis Media Sosial. Prosiding Semnaskom-Unram, 4(1), 1–8.

Hijriyani, Y. S. (2018). Efektifitas Penggunaan Sentra Imtaq dalam Pembelajaran Sirah Nabawiyah bagi Anak Usia Dini. Annual Conference on Islamic Early Childhood Education (ACIECE), 3, 47–60.

Istiyanto, S. B. (2016). Telepon Genggam dan Perubahan Sosial Studi Kasus Dampak Negatif Media Komunikasi dan Informasi bagi Anak-Anak di Kelurahan Bobosan Purwokerto Kabupaten Banyumas. Jurnal Komunikasi Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 1(1), 58–63. https://doi.org/10.25008/jkiski.v1i1.36.

Muflihin, A., & Makhshun, T. (2020). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Literasi Digital Siswa Sebagai Kecakapan Abad 21. TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 91–103. https://doi.org/10.30659/jpai.3.1.91-103.

Perkasa, G., & Wadrianto, G. K. (2022, September 7). 10 Negara Paling Kecanduan Internet dan Medsos di Dunia, Indonesia? KOMPAS.com. https://lifestyle.kompas.com/read/2022/09/07/141417520/10-negara-paling-kecanduan-internet-dan-medsos-di-dunia-indonesia.

Purnama, S. (2018). Pengasuhan Digital untuk Anak Generasi Alpha. Al Hikmah Proceedings on Islamic Early Childhood Education, 1. http://conference.iaialhikmah.ac.id.

Silva, L. D., Pranajaya, S. A., & Hadi, S. (2021). Imajinasi Tontonan Televisi Terhadap Tuntunan Diri Anak. Borneo Journal of Primary Education, 1(1), 37–53. https://doi.org/10.21093/bjpe.v1i1.3135.

Sunardi, S. (2019). Pendidikan Era Global “Globalisasi Pendidikan atau Pendidikan Islam Berwawasan Global”. At-Tadbir, 3(1), 370693.

Sunardi, S., Halimatuzzahrah, H., Zulfa, E., & Fadli, H. (2025). Inovasi Kurikulum Pendidikan Islam Integrasi Antara Ilmu Keislaman dan Ilmu Modern di MA Darussalimin NW Sengkol Mantang. Jurnal Mahasantri, 5(2), 60-67.

Sunardi, S., Utama, W. K., & Munir, M. (2024). Strategi Mutu Pesantren dan Tantangan Dekadensi Moral di Tengah Geliat Artificial Intelligence. Jurnal Manajemen &Amp; Budaya, 4(2), 102–110. https://doi.org/10.51700/manajemen.v4i2.694.

Suwendi, S., Basir, Abd., & Wahyudi, J. (Ed.). (2022). Metodologi Pengabdian Masyarakat. Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Kementerian Agama RI.

Syaifullah, H., Maspupah, H. Y. N., & Alfina, M. I. (2019). Penanaman Akhlak Sejak Dini Melalui Penayangan Film Sejarah Sahabat Nabi di TPA Islamic Centre Pondok Pucung. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/5454

Wahid, R., Purhasanah, S., & Asrina, N. J. (2023). Penggunaan Media Berbasis Teknologi dalam Membangun Literasi Digital Anak Usia Dini. Jurnal El-Audi, 4(2), 50–55. https://doi.org/10.56223/elaudi.v4i2.98

Yunita, R. (2023). Dampak Menonton Televisi Terhadap Pertumbuhan Anak Usia Dini. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 5296–5303.

Published

2025-11-09

How to Cite

Fajri, Muhammad, Netipoom Langkawiket, Sayyidah Khodijah, and Egi Sukma Baihaki. “Nonton Bareng Film Muhammad The Messenger of God: Strategi Meningkatkan Pengetahuan Sejarah Nabi Di SDN Malati : Strategi Meningkatkan Pengetahuan Sejarah Nabi Di SDN Malati”. Empowerment: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat 5, no. 2 (November 9, 2025): 151-159. Accessed December 8, 2025. https://journal.staidk.ac.id/index.php/pkm/article/view/1330.

Issue

Section

Articles