Main Article Content

Lina Mardiana
Rahmayatul Pani
Nurul Ihsani
Muhammad Ridwan
Andi Samudra
Muhammad Sabri

Abstract

Derasnya arus digital telah masuk ke semua dimensi kehidupan manusia. Tidak terkecuali dunia anak-anak yang mulai dicandu oleh permainan game. Di sisi lain, masa pandemi Covid-19 telah mengurangi kegiatan pembelajaran di Sekolah/Madrasah kemudian diganti dengan pendekatan e-learning. Kesemua ini memiliki pengaruh terhadap mood anak-anak belajar dan beralih ke hobi baru yaitu permainan game dengan dalih pembelajaran e-learning. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembalikan iklim pembelajaran anak-anak yaitu minat membaca mereka atau menumbuh- kembangkan kembali minta baca mereka melalui program “pondok literacy” di Dusun Tanak Betian. Fokus kegiatan adalah penyedian referensi anak-anak, melakukan sosialisasi dan bimbingan membaca. Hasilnya adalah melalui pondok literacy bisa mengurangi perhatian anak-anak dari candu game. Ketertarikan anak-anak dalam kegiatan membaca mulai tumbuh dan bisa mengurangi beban mereka dalam memahami materi pelajaran sekolah/Madrasah selama masa pandemi Copid-19 ini.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Mardiana, Lina Mardiana, Rahmayatul Pani, Nurul Ihsani, Muhammad Ridwan Ridwan, Andi Samudra, and Muhammad Sabri. “PENGEMBANGAN MINAT BACA ANAK-ANAK MELALUI PROGRAM PONDOK LITERASI DI DUSUN TANAK BETIAN”. Empowerment: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat 1, no. 1 (March 24, 2021): 30 - 42. Accessed April 24, 2025. https://journal.staidk.ac.id/index.php/pkm/article/view/198.
Section
Articles