CARA MEMPERTAHANKAN NILAI KEISLAMAN DI PONDOK PESANTREN AL-AZIZ POLAMAN MANISRENGGO PADA MASA COVID-19

Authors

  • Hermawan Efendi Wawan IAIN Kediri

DOI:

https://doi.org/10.51700/empowerment.v2i2.241

Abstract

Pendidikan pesantren sejak awal kehadirannya telah memiliki ciri khas tersendiri dengan sistem nilai yang berbeda dengan pendidikan-pendidikan diluar pesantren. Sistem yang mengakar di pesantren adalah keikhlasan, kemandirian, keteladanan, keserdehanaan, serta spritualitas yang terus berjalan mengikuti perkembangan dan kemjuan zaman, tetapi pesantren tetap mempertahankan nilai-nilai keislaman , nilai yang diajarkan dipesantren adalah nilai-nilai yang menitik beratkan pada sifat-sifat ilahiyah, bukan pada materi,
Pondok pesantren adalah lembaga pendidikan terkenal dengan kebudayaan yang khas, baik dari pola hidup yang bersahaja dan asketik, hingga tradisi pendidikan yang berkarakter. tradisi pesantren ini selalu dijaga dengan hati-hati, bahkan dari awal berdirinya sampai hari ini. Seiring perputaran zaman, sistem yang dulu masih menjadi sebuah yang kontemporer, sekarang telah menjelma menjadi sesuatu yang konvensional, dari yang paling modern menjadi tradisional dan ortodoks.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Yatimin. 2007. Studi Akhlak Dalam Prespektif Al-Qur’an. Jakarta: Amzah.

Adisusilo, Sutarjo. 2012. Pembelajaran Nilai Karakter. Jakarta: Raja Gradindo Persada.

Ahmadi. 2005. Ideologi Pendidikan Islam, Dan Paradigma Humanism Teosentris. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ahmadi. 2005. Ideologi Pendidikan Islam; Paradigma Humanisme Teosentris. Yokyakarta: Pustaka Pelajar.

Aminuddin. 2005. Pendidikan Agama Islam. Bogor: Ghalia Persada.

An-Nahlawi, Abd Rahman. 1992. Prinsip-Prinsip Dan Metode Pendidikan Islam. Bandung: Diponegoro.

Fitri, Agus Zainul. 2012. Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Dan Etika Di Sekolah. Jakarta: Ar-Ruzz Media.

Ismail SM dkk (ed). 2002. Dinamika Pesantren dan Madrasah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ismail SM. 2002. Dinamika Pesantren Dan Madrasah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Langgulung, Hasan. 1980. Beberapa Pemikiran tentang Pendidikan Islam. Bandung: Al-Ma’arif.

Lukitianingsing, Dwi Yani. 2011. Pendidikan Etika Moral Kepribadian Dan Pembentukan Karakter. Yogyakarta: Media Utama.

Masyud. 2003. Manajemen Pondok Pesantren. Jakarta: Diva Pustaka.

Muhaimin, Abdul Mujib. 1993. Pemikiran Pendidikan Islam Kajian Filosofis Dan Kerangka Operasionalisasinya. Bandung: Trigenda Karya.

Mukani. 2011. Pergulatan Ideologis Pendidikan Islam; Refleksi Pendidikan Islam dalam Menemukan Identitas di Era Globalisasi. Malang: Madani Media.

Nawawi, Hadari. 1993. Pendidikan Agama Islam. Surabaya: Al-Ikhlas.

Qardhawi, Yusuf. 1980. Pendidikan Islam dan Madrasah Hasan Al-Banna. terj. Bustami A. Gani dan Zainal Abidin Ahmad, Jakarta: Bulan Bintang.

Rembangy, Musthofa. 2010. Pendidikan Transformatif. Yogyakarta: Teras.

Saebani, Ahmad. 2010. Ilmu Akhlak. Bandung: Pustaka Setia.

Siraj, Sa’id Aqiel. 1999. Pesantren Masa Depan. Bandung: Pustaka Hidayah.

Steenbring, Karel A. 2002. Pesantren Madrasah Sekolah. Jakarta: LP3ES.

Thoha, Chabib. 2004. Metodologi Pengajaran Agama. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wahid, Abdurrahman. 2007. Menggerakkan Tradisi; Esai-Esai Pesantren. Yogyakarta: LkiS.

Yusuf, Syaifullah. 2011. Melahirkan Ilmuwan-Ulama: Tanggung jawab Ganda Pesantren di Era Kesejagatan, pengantar dalam Babun Suharto, Dari Pesantren untuk Umat. Surabaya: IMTIYAZ.

Downloads

Published

2022-10-31

How to Cite

Wawan, Hermawan Efendi. “CARA MEMPERTAHANKAN NILAI KEISLAMAN DI PONDOK PESANTREN AL-AZIZ POLAMAN MANISRENGGO PADA MASA COVID-19”. Empowerment: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat 2, no. 2 (October 31, 2022): 20 - 39. Accessed December 8, 2025. https://journal.staidk.ac.id/index.php/pkm/article/view/241.