PENDAMPINGAN BACA TULIS AL-QUR'AN DI TPQ AL-ISTIQOMAH KEDUNGURANG KECAMATAN GUMELAR
DOI:
https://doi.org/10.51700/empowerment.v1i2.259Keywords:
metode iqra, baca tulis Al-Qur'an, KedungurangAbstract
Kurangnya partisipasi masyarakat dalam lembaga pendidikan non formal berbasis keagamaan membuat ketidakseimbangan antara pengajar dengan pembelajar khususnya di Taman Pendidikan Al-Qur’an desa Kedungurang. Dimana jumlah santri dengan jumlah pengajar tidak merata. Hal ini mengakibatkan banyak anak-anak yang kurang mendapat perhatian dalam membaca dan menulis huruf Al-Qur’an. Selain itu, keterbatasan pengetahuan masyarakat mengenai metode pembelajaran Al-Qur’an dapat berdampak pada rendahnya kemampuan membaca Al-Qur’an pada anak-anak. Permasalahan ini yang menjadi tantangan untuk penulis dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat di lingkungan desa Kedungurang. Dari hasil observasi, terlihat bahwa anak-anak di desa Kedungurang belum menguasai kemampuan mengenal dan melafalkan huruf dengan baik dan benar. Maka dari itu, penulis membantu melakukan pendampingan baca tulis Al-Qur’an melalui metode Iqra dalam rangka meningkatkan kemampuan membaca dan menulis untuk anak-anak TPQ Al-Istiqomah Kedungurang. Metode Iqra merupakan salah satu metode pembelajaran Al-Qur’an menggunakan panduan buku Iqra yang menekankan pada latihan membaca mulai dari dasar.
Downloads
References
Ahmad, dkk. (2020). “Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an dengan Metode Iqro untuk Anak Usia 3-10 Tahun”. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter. Vol 4 (1), 114.
Fitroh, Siti Fadjryana, dkk. (2018). “Penggunaan Metode Iqro untuk Anak Usia Dini”. Early Childhood Education Journal of Indonesia. Vol 1 (1), 22.
Maharani, Sri dan Izzati. (2020). “Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Anak Usia Dini”. Jurnal Pendidikan Tambusai. Vol 4 (2), 1290.
Sajirun, Muhammad. 2012. Membentuk karakter Islami Anak Usia Dini. Surakarta. Era Adicitra Media
Sauri, Saupian, dkk. (2021). “Implementasi Metode Iqro dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an di TPQ dusun Lelonggek desa Suntalungu”. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol 1 (1), 54.
Sobirin, Muhammad. (2018). “Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an dalam Penanaman Karakter Islami”. Jurnal Quality. Vol 6 (1), 20.
Sugiyono. (2016). “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet
Srijatun. (2017). “Implementasi Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an dengan Metode Iqro pada Anak Usia Dini di RA Perwanida Slawi Kabupaten Tegal”. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam. Vol 11 (1), 39.
Ulfah, Tsaqifa Taqiya, dkk. (2019). “Implementasi Metode Iqro dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an”. Jurnal Pendidikan Agama Islam. Vol 2 (2), 65-66
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Anisa Nurul Hidayah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


